12 Makanan khas Banyuwangi Super Lezat

wewerehere.id - Banyuwangi, kota yang sedang gencar mengembangkan pariwisatanya ini memiliki beragam destinasi wisata yang wajib anda kunjungi. Mengunjungi kota Banyuwangi tak lengkap rasanya tanpa mencicipi aneka makanan khas Banyuwangi yang terkenal dengan rasa pedas yang kental juga nama namanya yang cukup unik.  Di artikel makanan khas Banyuwangi ini akan kami bahas beberapa makanan daerah Banyuwangi yang harus anda coba, Berikut ulasannya:

1. Rujak Soto
Makanan khas Banyuwangi rujak soto merupakan perpaduan dari dua hidangan yang berbeda  yaitu Rujak sekaligus soto. Hidangan ini terdiri atas beragam sayuran, lontong,  tahu, juga tempe yang dicampur dengan saus kacang, lalu disiram dengan kuah soto yang isian kulit atau babat sapi serta cabe rawit. Jika  baru pertama mendengarnya, mungkin anda akan menganggap aneh rasanya, tetapi jika sudah pernah mencicipi nya, anda pasti akan ketagihan.

2. Sego Tempong
Makanan khas Banyuwangi Jawa Timur ini dihidangkan dengan beraneka macam sayuran, seperti ketimun, daun singkong, terong, kacang panjang,  dan lain sebagainya. Umumnya hidangan ini juga disantap dengan nasi hangat dan lauk pelengkap seperti tempe goreng, tahu, ikan asin juga perkedel jagung. Sego Tempong terdiri dari dua kata yaitu sego yang bermakna nasi juga Tempong yang bermakna tempeleng. Katanya saat anda menyantap makanan ini rasanya seperti ditempeleng oleh pedasnya. Penggemar kuliner pedas tentu tidak akan melewatkan hidangan yang satu ini.

3. Sego Cawuk atau Nasi Cawuk
Nama Sego cawuk bermula dari kebiasaan makan masyarakat setempat yang tidak menggunakan piring melainkan langsung dengan tangan. Kebiasaan makan tersebut oleh penduduk Banyuwangi disebut “cawuk”. Nasi Cawuk umumnya disiram dengan kuah pindang yang diolah dengan cara memasak khas Banyuwangi yaitu di gendam. Kuah pindang yang dimasak gendam akan menciptakan kuah pindang yang manis dan bening, karena dimasak dengan gula pasir. Nasi cawuk ini biasa disajikan dengan lauk pelengkap seperti kikil, pelasan atau pepes ikan laut, dendeng, serta telur pindang. Makanan khas Banyuwangi jatim ini sangat cocok untuk menu sarapan.

4. Pecel Pitik
Hidangan pecel pitik yang berbahan dasar parutan kelapa muda yang dicampur dengan kacang sangrai yang telah dihaluskan. resep makanan khas Banyuwangi satu ini cukup sederhana, kacang sangrai dicampur kembali dengan beragam rempah, dan bumbu pedas lalu diaduk rata dengan tambahan sedikit air kelapa. Bahan-bahan lalu dihadangkan dengan pitik yang dalam bahasa Jawa berarti ayam. Ayam dibakar dulu agar dagingnya lebih lembut dan lunak. Ayam  yang dipakai merupakan ayam kampung muda yang berumur kurang lebih 8 bulan. Jika anda ingin menikmati hidangan ini anda dapat menemukannya di Desa Adat Kemiren karena selain di desa ini, makanan ini hanya dihidangkan saat ada upacara adat saja.

5. Kue Bagiak
Makanan khas Banyuwangi bagiak merupakan makanan ringan yang dibuat dari tepung sagu dan disajikan dengan berbagai varian rasa, diantaranya vanilla, durian, pandan, nangka, mocca, kacang, keju, juga jahe. Makanan ini sangat cocok dijadikan camilan pendamping minum kopi. Kudapan ini juga kerap diburu wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah.

6. Jangan Daun Kelor
Jangan Daun kelor atau biasa disebut Sayur Daun Kelor merupakan salah satu hidangan khas Banyuwangi yang cukup difavoritkan. Daunkelor yang umumnya dipakai untuk upacara adat seperti memandikan jenazah, di Banyuwangi biasa dikonsumsi sehari hari. Daun kelor diolah menjadi sayur bening layaknya sayur bayam. Rasa daun kelor hampir sama seperti sayur bayam, sebagai salah satu makanan khas Banyuwangi beserta resepnya yang cukup sederhana, hidangan ini digemari hampir seluruh lapisan masyarakat. Daun kelor dimasak dahulu kemudian  ditambahkan bumbu bumbu khasnya. Hidangan ini biasa disajikan dengan nasi  dilengkapi ikan asin, sambal tempong, tahu, tempe, juga gimbal jagung.

7. Bolu Kuwuk atau Kelemben
Oleh-oleh makanan khas Banyuwangi ini berbahan baku tepung terigu yang dicampurkan gula telur dan gula kemudian dibentuk menyerupai kura-kura. Kue kelemben atau bolu kuwuk ini sangat pas dinikmati dengan secangkir kopi tubruk. Bolu kuwuk ini juga menjadi kudapan yang wajib ada saat hari raya lebaran. Kue kelemben ini dapat bertahan cukup lama sehingga cocok untuk dijadikan oleh oleh sebagai buah tangan bagi kerabat di rumah.

8. Dodol Salak
Makanan ringan khas Banyuwangi yang satu ini hampir mirip dengan dodol makanan khas Sunda yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang legit. Dodol salak khas Banyuwangi ini juga memiliki tekstur yang serupa. Rasa manis yang enak dengan rasa salak yang khas membuat kudapan ini selalu diburu wisatawan untuk dijadikan oleh oleh.

9. Uyah Asem Pitik
Hidangan khas Banyuwangi yang satu ini mempunyai cita rasa khas asam dan menyegarkan.  Dibuat dari ayam kampung yang dicampurkan dengan bongkot kecombrang, Makanan khas Banyuwangi dan cara pembuatannya ini cukup sederhana. Pertama tumis bumbu khas  hingga harum lalu masukan bumbu tersebut ke rebusan ayam dan masak sampai tekstur ayam menjadi lebih empuk. Terakhir masukkan belimbing wuluh, kacang panjang, juga bongkot yang telah diiris kecil. Tunggu sampai matang dan siap disajikan.

10. Sambel Lucu
Sepintas nama makanan khas Banyuwangi yang satu ini sangat unik. Nama unik ini berasal dari bahan baku sambel ini yaitu tanaman serupa laos yang tumbuh berkelompok dengan tinggi sekitar satu meter dan berdaun lebar. Tanaman inilah yang dikenal dengan nama lucu. Sambal lucu merupakan olahan bagian bunga atau batang dari tumbuhan lucu ini. Ditambahkan irisan kacang panjang juga potongan cabai akan menambah kelezatan sambal lucu khas Banyuwangi ini.

11. Pecel Rawon
Jika ada makanan khas Tulungagung bakso dan kikil yang digabung menjadi bakso kikil, di Banyuwangi juga ada gabungan dua hidangan yang unik. Dilihat dari namanya dapat kita ketahui bahwa hidangan ini merupakan kombinasi dari dua menu yang berbeda yaitu Pecel dan Rawon. Penyajian hidangan ini biasanya adalah berupa seporsi Pecel kemudian disiram kuah Rawon isi daging empal. Kombinasi sayuran, bumbu kacang dan kuah hitam rawon ternyata menjadi perpaduan yang nikmat.

12. Sup Kesrut
Satu lagi makanan khas Banyuwangi yang diberi nama yang unik yaitu Sup Kesrut. Sup Kesrut merupakan sup ayam kaldu yang berkuah kental dengan rasa yang cukup pedas. Hidangan ini  biasanya dihidangkan bersama dengan nasi hangat, ayam kampung goreng, serta sambal tempong. Dinamakan ”Kesrut “, karena orang yang menyantap hidangan ini akan ” kesrut-kesrutan “ untuk menahan ingus disebabkan oleh rasa yang cukup pedas dari hidangan ini.

Nah itu tadi beberapa makanan khas Bayuwangi yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Banyuwangi. Selain Banyuwangi, pulau Sumatera juga memiliki ragam makanan yaitu makanan khas Lampung yang tersohor di seluruh Nusantara dan wajib anda coba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel