13 Makanan Khas Batak Super Lezat

wewerehere.id - Membicarakan wisata Kuliner di Indonesia tak akan ada habisnya. Negeri ini kaya akan beragam makanan tradisional yang khas dari berbagai daerah. Salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib anda coba adalah di Propinsi Sumatera utara. Pulau Sumatera Memiliki ragam makanan khas Batak yang menarik dan unik untuk anda coba.Suku Batak bukan hanya dikenal akan dialek bahasanya yang khas, tetapi juga makanan khasnya yang lezat. Berikut beberapa diantaranya:

1. Sambal Tuktuk
Makanan khas yang pertama adalah Sambal Tuktuk. Jika di Jawa Timur ada makanan khas Surabaya sambal Bu Rudi yang terkenal, Batak punya sambal TukTuk. Sambal ini memiliki rasa yang sangat lezat, bahkan warga Batak biasa menikmati nasi hanya dengan Sambal tuktuk sebagai lauk. Sambal tuktuk ini merupakan makanan khas Batak Toba yang asalnya dari Tapanuli. Cara membuat nya pun cukup sederhana.Bisa dibilang hampir sama dengan membuat sambal pada umumnya. Yang membedakan adalah, adanya bahan campuran yaitu Andaliman yang membuat sambal ini memiliki rasa lezat yang khas.

2. Babi Panggang Karo
Hidangan tradisional yang satu ini merupakan makanan khas Batak Karo. Hidangan ini lebih dikenal dengan sebutan BPK. Sesuai dengan namanya, BPK berbahan dasar daging babi yang dimasak dengan cara dibakar ataupun dipanggang. BPK biasa dihidangkan bersama dengan kidu kidu, darah babi, juga daun ubi singkong tumbuk.

3. Dayok Nabinatur
Makanan khas Batak Simalungun ini biasa disajikan ketika ada acara adat ataupun acara keluarga masyarakat adat Batak Simalungun. Dibuat dari bahan dasar daging ayam yang diolah dengan campuran beragam bumbu rempah khas dari Batak. Dayok nabinatur biasanya dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang maupun dibuat menjadi gulai yang dinamakan dengan ilompah.

4. Labar
Satu lagi makanan khas suku Batak Simalungun yang cukup unik. Labar merupakan makanan khas yang dibuat dari bahan dasar ubi kayu serta daging. Daging yang dipakai biasanya adalah daging yang mengandung sedikit tulang lunak, biasanya memakai daging ayam pada bagian punggung atau bisa juga daging tupai. Beberapa orang kadang juga menggunakan daging kelelawar buah atau daging puyuh.

5. Mie Gomak
Hidangan in merupakan hidangan yang cukup populer.Sajian ini juga merupakan hidangan yang terkenal sebagai makanan khas suku Batak Toba. Menurut sebagian orang, hidangan ini diberi nama gomak mungkin karena cara pengolahan nya digomak gomak atau digenggam dengan tangan,sehingga sampai sekarang populer dengan nama mie gomak, walaupun dalam penyajian  akhirnya tidak lagi digenggam dengan tangan. Umumnya hidangan ini disantap sebagai menu sarapan pagi.

6. Cimpa
Makanan khas suku Batak Karo ini dibuat dengan beras ketan yang diberi isian gula juga kelapa yang diparut. Kudapan cimpa umumnya dibungkus menggunakan daun singkut atau daun pisang. Rasa legit dan manisnya sangat pas untuk dijadikan teman meminum teh atau kopi. Kudapan ini juga cocok untuk dijadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah.

7. Sangsang
Makanan khas Batak Sangsang merupakan salah satu hidangan yang cukup populer di kalangan penduduk Batak.Sangsang merupakan menu hidangan yang wajib disajikan di beberapa acara adat suku Batak.Sangsang diolah secara tradisional berbahan dasar daging juga darah babi, dengan beragam bumbu antara lainbawang putih, bawang merah, jahe, serai, lengkuas, daun jeruk, sedikit merica, ketumbar, cabai, juga andaliman. Rasa pedas dengan cita rasa andaliman khas Batak menjadikan hidangan ini selalu diburu wisatawan ketika berkunjung ke tanah Batak.

8. Ayam Napindar
Bagi wisatawan muslim, makanan khas Batak halal yang satu ini dapat menjadi pilihan bagi anda. Ciri khas dari hidangan ini adalah bahan dasarnya yang berupa andaliman dan ayam. Walaupun beberapa ayam direbus bersama darahnya yang menjadikan hidangan ini tidak halal, beberapa tidak memakai darah ayam sebagai bahannya.Ayam direbus dan dicampur bumbu khas Batak. Manuk atau ayam napinadar ini biasa disajikan dengan rasa pedas yang khas.

9. Ikan Arsik
Makanan khas Batak ikan arsik merupakan salah satu hidangan khas Batak yang cukup sering  disajikan pada acara acara adat Batak. Sepintas hidangan ini terlihat seperti beberapa olahan ikan makanan khas Riau. Hidangan Arsik ini dibuat dari bahan baku ikan antara lain seperti ikan nila, ikan mas, juga ikan mujahir. Ikan ikan ini biasa ditangkap langsung dari Danau Toba. Untuk menghasilkan aroma dan rasa yang khas, umumnya proses pengolahan ikan ini ditambah dengan andaliman yaitu rempah khas Batak untuk menghasilkan rasa pedas yang khas. Hidangan arsik ini biasa disajikan dengan kuah maupun sedikit kering.

10. Dengke Mas Na Ni Ura
Pada jaman dahulu hidangan ini hanya disajikan untuk Raja saja oleh Suku Batak. Makanan khas Batak Mandailing yang satu ini dapat disebut sebagai ‘sushinya’ suku Batak. Ikan Mas Na Ni ura merupakan salah satu lauk yang proses pengolahannya tidak di goreng atau jenis pengolahan lain dengan api. Na ni ura sendiri dalam bahasa Batak bermakna ikan yang tak dimasak.Makanan khas orang Batak ini diolah dengan beragam bumbu yang lengkap yang  membuat ikan ini memiliki rasa lezat walau tanpa dimasak, dengan kata lain maknanya adalah bahwa racikan bumbu khas tersebutlah yang memasak ikan tersebut.

11. Sasagun
Hidangan ini dianggap sebagai hidangan yang wajib ada pada perayaan hari besar. Sasagun merupakan makanan ringan tradisional khas Batak yang menjadi favorit masyarakat.Resep makanan khas Batak ini cukup sederhana.Kudapan ini terbuat dari tepung beras yang digongseng dengan kelapa juga dicampurkan dengan gula aren atau gula aren.Sebagai variasi biasanya dicampur juga dengan durian, nanas, kacang atau bahan lain sesuai dengan selera.Makanan ini juga kerap menjadi pilihan sebagai oleh oleh dari tanah Batak.

12. Dali ni Horbo
Dali ni Horbo atau biasa disebut Bagot ni horbo merupakan air susu kerbau yang diolah dengan cara tradisional yang merupakan sajian khas dari daerah Tapanuli. Bila anda berkunjung ke tapanuli, maka anda akan banyak menjumpai hidangan ini di berbagai rumah makan dan restoran Batak.

13. Ura Ura
Dahulu kala ketika para ibu di Batak berkumpul, mereka kerap membuat Ura-ura atau biasa disebut Beta Mangura. Akan tetapi saat ini hidangan ini sudah jarang ditemukan. Ura-ura ini dibuat dari campuran berbagai bahan antara lainbabal nangka, jambu yang masih asam, dan bahan lainya yang dilumatkan tetapi tidak terlalu halus. Setelah itu dicampur dengan cabai, juga Asam.Penggemar kuliner asam tentu tidak akan melewatkan hidangan ini.

Nah, tak sabar bukan untuk mencicipi makanan khas Batak? Terbang ke Timur, makanan khas Ambon juga memiliki nama makanan yang tak kalah unik dengan rasa yang juga sangat lezat. Yuk jelajahi kuliner Nusantara kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel