14 Makanan khas Maluku

wewerehere.id - Maluku merupakan salah satu wilayah di indonesia yang dikelilingi oleh laut, sehingga daerah ini terkenal akan pesona alamnya yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Selain mempunyai pesona alam yang memukau, Maluku juga memiliki ragam makanan khas Maluku yang lezat. Bila anda berkesempatan  berkunjung ke Maluku, jangan lupa untuk mencicipi ragam kuliner khas yang mayoritas dibuat dari bahan dasar sagu dan ikan. Berikut beberapa makanan khas Maluku dan penjelasannya yang wajib anda simak.

1. Papeda
Sebelum membahas makanan lainnya, anda harus menyimak makanan khas Maluku utara dan penjelasannya berikut ini. Papeda merupakan makanan pokok masyarakat Maluku yang berbahan dasar sagu.Papeda adalah olahan sagu yang berbentuk seperti bubur bertekstur lengket layaknya lem dan memiliki rasa yang tawar. Papeda ini biasanya disantap dengan ikan mubara atau ikan tongkol yang di bumbui.Untuk menyantap hidangan ini anda tidak perlu sendok, langsung saja diseruput dari wadahnya.

2. Nasi Lapola
Meskipun masyarakat Maluku dikenal mengkonsumsi sagu sebagai makanan pokoknya, ternyata Maluku juga memiliki makanan khas berbahan dasar beras. Nasi Lapola merupakan makanan khas daerah Maluku yang berbahan dasar beras yang dimasak dengan api kecil hingga setengah matang kemudian di campurkan dengan kelapa parut, kacang tolo rebus, dan sedikit garam. Lalu adonan tersebut di kukus sampai benar benar matang lalu siap disajikan.

3. Ikan Komu Asar
Nama makanan khas Maluku cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia Timur.Hidangan  ikan komu asar ini dibuat dari bahan baku ikan cakalang. Proses pengolahannya terbilang unik. Ikan cakalang ditusuk dengan bambu kemudian diasapi selama kurang lebih sekitar satu jam. Makanan khas Maluku ikan asar ini sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi hangat dan sambal colo-colo khas Maluku.

4. Sagu Woku Komo-komo
Sagu woku komo-komo merupakan makanan khas Maluku dari sagu yang sering dikira masakan Jepang oleh orang luar Maluku karena namanya yang mirip bahasa jepang.Sajian ini dibuat dari sagu yang direndam ke dalam air dingin kemudian di bumbui dan di campur dengan santan kelapa cair dan jeroan ikan lalu di bungkus dengan daun woka.Setelah di bungkus,kemudian di panggang sampai daun woka terlihat mengering.Barulah siap di sajikan.

5. Sambal Colo-colo
Bagi anda pecinta sambal dan kuliner pedas, tentu anda tak boleh melewatkan sajian yang satu ini. Makanan khas Ambon Maluku ini tersohor akan rasa pedasnya. Sambal Colo-colo dibuat dari racikan bawang merah tomat muda segar, cabe rawit, serta perasan jeruk nipis tanpa diuleg sama sekali. Untuk menambah aroma dan cita rasa, biasanya ditambahkan juga irisan kenari mentah, daun kemangi, dan kecap.

6. Kue Bagea/Kue Sagu
Kudapan yang satu ini merupakan makanan khas Maluku barat daya berupa kue sagu.Kue bagea dibuat dari bahan dasar sagu, dilengkapi bahan tambahan lain diantaranya kacang-kacangan dan kayu manis. Kue yang berbentuk bulat dengan retakan kecil di permukaannya ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah.Salah satu macam kue bagea yang dikenal enak yaitu kue bagea kacang kenari.Selain kue bagea kenari ada ragam kue bagea lainnya seperti bagea gula dan bagea kelapa.Kue tradisional ini nikmat disantap dengan secangkir teh atau kopi hangat di waktu senggang anda.

7. Kue Langar
Sajian kue tradisional Maluku berikutnya adalah kue langar.Kue langar merupakan makanan khas Maluku Tenggara yang dibuat dari singkong. Sekarang ini, langar telah dikembangkan sedemikian rupa,  hingga ada yang berbentuk stick dengan ragam varian rasa antara laincokelat, keju, juga pandan.

8. Halua Kenari
Camilan khas Maluku Utara ini dibuat dari kacang kenari yang dicampurkan dengan gula merah.Halua Kenari memiliki Tekstur yang legit dengan rasa yang manis. Resep makanan khas Maluku Utara ini banyak dicari oleh masyarakat karena dianggap sebagai sumber protein dan menurut informasi, kenari ternyata dapat menurunkan risiko kanker payudara.Selain enak ternyata camilan yang satu ini juga menyehatkan, sehingga patut anda coba.

9. Talam Sagu Bakar
Jika di Cianjur ada makanan khas Cianjur roti popon yang cocok untuk dijadikan camilan, di Maluku juga ada camilan yang lezat yaitu talam sagu bakar.Kue khas Maluku yang dibuat dari sagu ini sangat nikmat dengan tekstur yang renyah karena dicampur dengan kacang brenebon dan kacang kenari.Talam sagu bakar ini sangat pas untuk menjamu tamu atau sekedar camilan di waktu luang anda.

10. Kopi Sibu-sibu
Berburu oleh oleh makanan khas Lampung tak mungkin melupakan kopi Lampung.Begitu juga ketika di Maluku anda tak boleh melewatkan kopi sibu- sibu.Kopi yang merupakan  jenis biji kopi robusta ini masih diolah atau dihaluskan secara tradisional. Biasanya kopi ini disajikan dicampur dengan taburan biji ketapang muda dan bubuk cengkeh halus sehingga menghasilkan aroma wangi yang khas.Bagi anda yang mengaku pecinta kopi, anda wajib mencicipi kopi khas Maluku ini.

11. Bubur Sagu Ubi
Bubur sagu ubi merupakan makanan khas Maluku yang cukup digemari wisatawan karena dianggap cocok dengan lidah orang luar Maluku.Resep makanan khas Malukuini cukup sederhana. Bubur Sagu Ubi dibuat dari bahan dasar berupa gula merah, sagu lempengan, gula pasir, ubi merah rebus,  daun pandan, santan kental dan diberi taburan kenari.Sajian ini cocok dinikmati selagi hangat di pagi yang dingin sebagai menu sarapan.

12. Gohu Ikan
Makanan khas dari Maluku ini dibuat dari bahan dasar dari ikan tuna.Orang orang menyebutnya sashimi Ternate. Menyantap gohu ikan ini, akan memberikan sensasi seperti kita sedang menyantap makanan Jepang sashimi, karena gohu ikan ini memang disajikan irisan daging tuna yang mentah dengan dicocol ke sambal khas Maluku.

13. Gatang Kenari
Gatang kenari adalah makanan khas Maluku utara yang dibuat dari bahan dasar kepiting kenari.Kepiting kenari merupakan jenis hewan yang dapat memetik buah kelapa lalu mengupasnya sendiri.Kepiting yang dianggap hebat ini oleh wargaMaluku sering diolah menjadi hidangan kuliner yang rasanya nikmat.Gatang kenari memiliki rasa yang gurih dan sedikit manis yang khas ala bumbu Maluku.

14. Acar Kuning
Acar kuning merupakan salah satu makanan khas Maluku yang menarik wisatawan.Acar kuning ini tak seperti acar di daerah lain yang dibuat dengan bahan dasar mentimun, wortel dan lobak. Acar kuning khas Maluku ini dibuat dari bahan dasar rebung.Irisan rebung tersebut ditambah dengan dari bawang merah, kecipir muda, cabai merah, mentimun, daun salam, juga nanas. Kesemua bahan tersebut ditumis dan siap dihidangkan untuk melengkapi kelezatan lauk khas Maluku lainnya.

Nah demikian ulasan singkat mengenai makanan khas Maluku yang begitu menggugah selera. Selain hidangan Maluku, anda juga harus mencicipi kuliner nusantara lain yang tak kalah lezatnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel