15 Makanan Khas Banyumas Paling Enak

wewerehere.id - Banyumas, daerah yang terkenal dengan dialek ngapak nya ini memiliki berbagai tempat wisata yang cukup populer. Tentunya Banyumas juga memiliki beragam sajian kuliner khas yang wajib untuk anda coba. Berikut beberapa makanan khas Banyumas yang sangat menggugah selera.

1. Soto Sokaraja
Hidangan Yang pertama adalah makanan khas Banyumas yang kenikmatan dan kesegaran nya hanya dapat anda temukan di daerah Sokaraja, Banyumas. Hidangan ini sebetulnya sama saja dengan soto yang lain, yang menjadi ciri khas dan membedakan kuliner ini adalah penggunaan sambal kacang  dan ketupat. Selain pelengkapnya adalah kerupuk canthir yang terbuat dari bahan ketela pohon yang memiliki rasa yang khas.

2. Nopia
Makanan khas Banyumas nopia memiliki rasa dan bentuk yang cukup unik. Nopia berbahan utama tepung terigu yang diisi dengan kacang, gula jawa, ataupun cokelat. Proses pembuatan nya pun juga unik yaitu dengan cara menempelkan adonan di tungku khusus bersuhu sangat panas. Sehingga dapat kita temui sering ada bagian dari nopia yang sedikit hangus. Jika Makanan khas Sumedang terkenal dengan tahu Sumedang nya, maka Banyumas identik dengan nopia nya.

3. Mendoan Tempe
Mendoan tempe Banyumas ini sebetulnya sama seperti mendoan di kota lainnya, Sama sama dibuat dari tempe. Makanan khas Banyumas dan cara pembuatan nya cukup mudah, tempe diris tipis lalu dicelup ke adonan tepung terigu yang telah dibumbui, kemudian digoreng hingga setengah matang lalu ditiriskan. Makanan khas Banyumas mendoan tempe ini cocok dihidangkan dengan sambal kecap.

4. Ciwel
Makanan khas Banyumas ciwel adalah jajan pasar yang memiliki warna hitam kecokelatan dengan tekstur yang sedikit alot. Ciwel dianggap sangat bagus bagi penderita maag karena berbahan dasar tepung singkong yang direndam di dalam cairan rendaman dari jerami padi yang memiliki sifat basa. Makanan khas Banyumas dan kandungan nutrisinya inilah yang membuatnya banyak dicari masyarakat. Lupis, Cenil, dan ciwel adalah sepaket jajan pasar yang penyajiannya dibubuhi gula merah cair yang kental. Anda dapat dengan mudah menemukannya di pasar krempyeng yaitu pasar yang hanya buka di pagi hari.

5. Gembus
Makanan khas Banyumas gembus dibuat dari olahan singkong yang dengan cara khusus diolah dan dibentuk serupa gelang dengan tekstur kering. Gembus kerap disebut  sebagai donat Jawa oleh warga Banyumas. Berbeda dengan gembus dari daerah lain, makanan khas Banyumas ini lebih mirip geblek makanan khas Purworejo. kudapan ini sangat nikmat disajikan selagi hangat dengan cocolan saus sambal dan disajikan dengan  pecel.

6. Klanting atau Lanting Bumbu
Salah satu makanan khas Purwokerto Banyumas ini dinamakan klanting karena memiliki bentuk mirip dengan anting. Makanan ini dibuat dari bahan dasar singkong yang diparut lalu diperas airnya, dan dicampur dengan racikan bumbu kemudian digoreng sampai berubah warna. Makanan khas Banyumas yang terbuat dari singkong ini memiliki rasa yang enak dan gurih. Anda dapat dengan mudah menemukannya di sentra oleh oleh yang ada di Purwokerto.

7. Gethuk Goreng Sokaraja
Makanan khas Banyumas Jawa Tengah selanjutnya yaitu getuk goreng Sokaraja.  Berbeda dengan getuk pada umumnya, kudapan ini diolah dengan dua kali proses pembuatan. Makanan khas Banyumas dan bahan bakunya yang berupa singkong pilihan ini dikukus dan dilumatkan dengan gula jawa, lalu dicampurkan juga dengan tepung beras dan tepung terigu. Kemudian dibentuk jadi kotak kecil. Proses kedua adalah menggoreng sampai aromanya tercium harum juga berubah warna. Perpaduan manis gula jawa dan gurihnya singkong membuat kudapan ini memiliki rasa khas yang menggugah selera.

8. Wajik Klethik atau Jenang Jaket
Awalnya makanan ini adalah makanan yang wajib ada di acara pernikahan. Daerah Mersi adalah Daerah yang dikenal dengan jenang jaketnya. Jika berkunjung ke daerah ini anda dapat mencoba jenang yang baru matang serta dapat juga menyaksikan proses pembuatannnya. Untuk rasanya yaitu perpaduan rasa kenyal dan manis gula jawa.

9. Keripik Tempe
Kudapan khas Banyumas yang satu ini merupakan salah satu makanan yang wajib anda jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Keripik ini dibuat dari tempe yang dipotong tipis lalu dilumuri dengan tepung kemudian digoreng sampai kering sehingga saat digigit akan terasa kerenyahan nya. Keripik ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh berupa protein, keripik ini dapat bertahan hingga mencapai satu bulan walaupun tanpa bahan pengawet kimia.

10. Karaca
Kuliner khas Banyumas berikutnya adalah kraca. Kraca adalah makanan khas Banyumas dan bahan dasarnya yaitu keong kecil atau keong dari sawah yang dituang dengan kuah khas. Rasanya menjadi gurih juga nikmat dengan campuran bumbu berupa pala, merica, bawang, garam juga bumbu lainnya. Kraca ini biasa disantap dengan menyedot keong yang penutupnya telah dihilangkan atau dapat juga dicungkil dengan lidi atau garpu. Makanan ini akan sangat mudah ditemukan menjelang bulan ramadhan di Banyumas.

11. Cimplung
Makanan khas Banyumas ini berasal dari kata ‘cemplung’ yang memiliki arti masuk ke dalam air. Air yang dimaksud disini merupakan air nira dalam proses pembuatan gula merah. Proses pembuatan cimplung ini adalah dengan merebus kelapa muda atau singkong ke dalam badeg yaitu rebusan air nira kelapa. Rasa khas dari nira inilah yang tidak akan anda temukan di daerah lain.

12. Tomplo atau Templek
Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan bahan utama sisa atau ampas pembuatan tahu yang biasa disebut ranjem. Ranjem ini kemudian dicampur dengan bumbu lalu dibentuk bundar tipis kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu. Tomplo ini sangat nikmat disantap selagi hangat.

13. Gesret
Kuliner khas Banyumas ini dibuat dari bahan dasar singkong. Proses pembuatannya cukup mudah, pertama singkong yang sudah dibersihkan kemudian diparut atau di gesret menggunakan parutan khusus sehingga berbentuk memanjang menyerupai mie kwetiau. Kemudian gesret dicampurkan dengan gula jawa juga bumbu lalu dikukus.  Gesret biasa disajikan dengan parutan kelapa yang gurih.

14. Intil
Makanan khas Banyumas yang satu ini juga terbuat dari bahan dasar singkong. Intil dibuat dari parutan singkong yang halus. Lalu parutan singkong tersebut diperas kemudian dicampurkan ke campuran bumbu gula jawa. Kemudian dikukus hingga matang. Meskipun mempunyai rasa yang manis, intil ini biasa digunakan sebagai pengganti Nasi.

15. Kepok
Kepok merupakan salah satu makanan khas Banyumas yang berbahan baku beras ketan. Resep makanan khas Banyumas ini cukup mudah. Beras ketan ditanak seperti nasi lalu ketan dibentuk menggunakan mangkuk kemudian ditaburi dengan kelapa parut yang sudah ditaburi garam secukupnya

Nah itu dia beberapa makanan khas  Banyumas yang wajib anda coba. Masih di Jawa Timur, Mojokerto juga memiliki Makanan khas Mojokerto yang tak kalah enak dan menarik seperti Ondeonde khas Mojokerto, Kerupuk Upil Khas Mojokerto, Sate Keong, dan lain sebagainya. 

Di Pulau sulawesi juga terdapat Makanan khas Palu yang cukup unik dengan nama yang mungkin terdengar asing namun dijamin rasanya mantap. Antara lain Uta kelo (sayur daun kelor), Kaledo, Palumara khas Palu,Labia Dange (Sagu Dange), dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel