31 Tempat Wisata Situbondo Yang Lagi Hits

wewerehere.id - Situbondo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timu yang terletak di bagian timu Pulau Jawa. Kabupaten ini juga masuk dalam wilayah Tapal Kuda, dan menjadi titik akhir dari Jalan Raya Pos Anyer – Panarukan, yaitu di Panarukan. Letak Kabupaten Situbondo cukup strategis, di sebelah utaranya berbatasan dengan Laut Jawa dan Selat Madura, kemudian di sebelah selatannya berbatasan dengan Banyuwangi. Kabupaten Situbondo memiliki berbagai potensi wisata alam, mulai dari dataran tinggi, objek wisata perkebunan, hingga objek wisata pesisiran. Apa saja tempat wisata di Situbondo yang kami rekomendasikan kepada Anda? Simak sampai habis ya. 

1. Pantai Pasir Putih
Kabupaten Situbondo merupakan sebuah kabupaten yang memiliki kekayaan alam melimpah dan memesona, salah satunya adalah objek  wisata Pantai Pasir Putih Situbondo. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, dan didukung oleh lautan kebiruan dengan hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Apabila kalian berjalan menyusuri wisata Pasir Putih Situbondo ini, kalian akan dapat merasakan lembutnya pasir yang menempel di telapak kaki Anda, sangat nyaman. Pantai ini berlokasi di bagian utara kabupaten Situbondo, tepatnya di Desa Pasir Putih, Kecamatan Kembangsambi, Kecamatan Bungatan.

2. Pantai Bilik
Pantai ini berlokasi di Labuan Merak, kecamatan Banyu Putih, Situbondo, dan masih masuk dalam Kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo. Wisata pantai di Situbondo ini cukup unik karena memiliki 4 karakter bibir pantai yang berbeda, mulai dari pasir berwarna putih, hingga pantai dengan pasir berwarna hitam. Daya tarik pantai ini terletak pada lanskap gunung di sisi baratnya. Sungguh pemandangan yang sangat indah.

3. Pantai Lempuyang
Pantai ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Baluran. Pantai Lempuyang memiliki pasir berwarna putih yang cantik. Selain itu, pantai ini juga didukung oleh pemandangan karang laut yang masih asri. Apabila kalian melihat dari ketinggian, pantai ini memiliki garis pantai berbentuk huruf U. Di sekeliling pantai, kalian dapat melihat hutan bakau yang menjadi sarang ikan-ikan. Wisata pantai Situbondo ini cocok kalian kunjungi bersama orang-orang terdekat.

4. Pantai Tangsi
Pantai ini berlokasi di Desa Semiring, Kecamatan Magaran, Kabupaten Situbondo. Pantai Tangsi dulunya merupakan sebuah kilang minyak, tetapi saat ini sudah berubah menjadi tambak ikan. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah, dan lokasinya masih belum banyak di kunjungi oleh wisatawan. Di samping Pantai Tangsi, kalian dapat melihat sebuah mercusuar menjulang tinggi. Apabila kalian lapar, kalian tidak perlu khawatir karena pantai ini sudah dilengkapi oleh fasilitas tempat makan yang nyaman. Kalian dapat rekreasi sekaligus mencicipi wisata kuliner Situbondo.

5. Pantai Keperan
Pantai ini berlokasi di Desa Semiring, Kecamatan Magaran, Kabupaten Situbondo. Pentai Keperan memiliki pemandangan alam yang indah, di sekelilingnya terdapat tambak ikan dan hutan bakau yang hijau. Pantai Keperan memiliki ombak yang lumayan besar. Selain itu, pantai ini juga terkenal karena sering digunakan oleh para nelayan untuk menjual hasil tangkapannya. Pantai ini cocok kalian kunjungi, terlebih lagi bagi kalian yang memiliki hobi fotografi.

6. Pantai Pathek
Pantai ini merupakan lokasi yang tepat bagi kalian yang senang berburu Sunset. Panati Pathek berlokasi di Desa Galung, Kecamatan Panarukan, atau berjarak 5 km dari pusat kota Situbondo. Selain menawarkan keindahan sunset, pantai ini juga memiliki panorama bawah laut yang indah. Objek wisata Situbondo ini berlum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga keasriannya masih terjaga. Tertarik untuk mengunjungi pantai eksotis ini?

7. Pantai Tampora
Pantai Tampora berlokasi di Kecamatan Banyuglugur, atau berjarak 1 jam perjalanan dari pusat Kota Situbondo. Suasana pantai ini cukup tenang, belum banyak dikunjungi wisatawan. Di sekeliling Pantai Tampora terdapat tebing-tebing yang indah untuk di potret, selain itu juga terdapat beberapa spot karang yang instagramable. Pantai ini cocok kalian kunjungi bersama teman-teman terdekat.

8. Pantai Balanan
Pantai Balanan berjarak 3 km dari Pantai Bama. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut, tebing bebatuan yang indah, serta jejeran pepohonan yang hijau. Sungguh pemandangan yang indah. Untuk menuju lokasi pantai ini, kalain harus melalui jalanan pasir dan agak terjal, jadi kalian harus berhati-hati agar tidak tergelincir. Selalu mengutamakan keselamatan ya gaes.

9. Pantai Banongan 
Pantai ini terletak di Ds. Wringanom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Pantai Banongan memiliki pasir berwarna hitam, dan disekelilingnya terdapat banyak sekali pohon kelapa. Suasana di sini sungguh sejuk. FYI, Pohon kelapa ini memang sengaja ditanam dan menjadi bagian dari perkebunan kelapa milik negara.

10. Pantai Bama
Ini merupakan pantai yang paling populer di Kabupaten Situbondo. Pantai ini memiliki beberapa spot foto yang hits. Kalian dapat berfoto di dermaga kayu sembari menghadap ke arah laut lepas. Terlepas dari hal tersebut, pantai ini juga terkenal sebagai lokasi snorkling atau diving, karena memiliki pemandangan bawah laut yang memesona. Pantai Bama berlokasi di kawasan Taman Nasional Baluran, dan hanya berjarak 2 km dari padang savana.

11. Gunung Argopuro
Gunung Argopuro memiliki ketinggian 3.088 meter, dan saat ini sudah tidak aktif lagi. Gunung ini merupakan salah satu rangkaian Pegunungan Iyang. Puncak terkenal yang dimiliki Gunung Argopuro bernama Puncak Rengganis. Di puncak tersebut, terdapat situs purbakala yang layak untuk kalian kunjungi. Berdasarkan kepercayaan warga setempat, bangunan tersebut merupakan lokasi kerajaan Dewi Rengganis. Bagi kalian yang memiliki hobi mendaki gunung, tidak ada salahnya untuk mencoba menaklukkan tempat wisata Situbondo Jawa Timur ini.

12. Padang Rumput Si Kasur
Si Kasur merupakan sebuah padang rumput hijau yang berlokasi di antara Gunung Hyan (Argopuro) dan Puncak Rengganis. Wilayah ini juga termasuk dalam rangkaian Pegunungan Iyang. Di Padang Rumput ini, kalian juga akan menjumpai sebuah danau yang masih asri, bernama Danau Si Tanjung. Lokasi Padang Rumput si Kasur terletak di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, atau berjarak 18 km dari wilayah Besuki, Jawa Timur. 

13. Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran merupakan lokasi konservasi flora dan fauna di Indonesia. Wisatawan dapat melihat Banteng, Kerbau Liar, Rusa, hingga Burung Merak. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat suasana hutan dan padang rumput khas afrika. Akses menuju lokasi ini cukup mudah, karena terletak di samping jalan raya menuju Kabupaten Banyuwangi. Taman Wisata Baluran Situbondoberada di Ujung Timur Kabupaten Situbondo, dan termasuk dalam kawasan Banyu Putih. Tempat wisata Baluran Situbondoini sering digunakan sebagai objek penelitian dari berbagai negara.

14. Padang Savana
Di dalam kawasan Taman Nasional Baluran, kalian juga dapat menemukan Padang Savana yang sangat eksotis. Kondisinya mirip dengan savana di Afrika, sehingga banyak yang menjulukinya sebagai Afrika-nya Pulau Jawa. Padang Savana ini lumayan luas, dan kalian dapat beberapa hewan liar bergerak bebas di habitatnya. Apabila kalian memiliki hobi fotografi, wisata alam di Situbondo ini cocok untuk mengasah kemampuan jepretan kamera Anda, dan membayangkan seakan-akan sedang berada di Hutan Afrika.

15. Bekol Savana 
Pariwisata Situbondo yang satu ini menawarkan keindahan pemandangan savana yang menakjubkan. Kalian dapat mengamati satwa-satwa liar dari pos pegamatan Savana. Beberapa binatang yang bisa kalian amati adalah sekawanan rusa, ayam hutan, burung merak, kerbau liar, banteng, dll. Tertarik mengujungi tempat wisata yang satu ini?

16. Air Terjun Setancak
.Air Terjun Setancak berlokasi di Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 2 km menyusuri jalanan setapak. Namun demikian, perjalanan Anda akan segera terbayar dengan indahnya pemandangan yang di tawarkan wisata air terjun Situbondo ini. Air terjun ini memiliki ketinggian aliran air sekitar 9 meter, dan memiliki aliran yang lumayan deras. Kondisi airnya pun jernih dan segar. Untuk memasuki lokasi wisata ini, kalian akan dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah. Objek wisata ini cocok bagi kalian yang memiliki jiwa petualang.

17. Air Terjun Talempong 
Air Terjun Talempong berlokasi di Ds, Telempong, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo. Air terjun ini masih alami, suasanya tenang, dan menyejukkan. Di sekeliling lokasi air terjun, kalian akan melihat tebing-tebing pepohonan hijau yang rimbun, kemudian dipadukan dengan tebing bebatuan yang tinggi. Lokasi wisata Situbondo terbaruini belum banyak dikunjungi wisatawan. Hingga beberapa waktu yang lalu, wisata ini masih belum dikelola, sehingga kalian belum dikenakan tarif retribusi.

18. Bendungan Curah Cottok
Bendungan ini berlokasi di Desa Curah Cottok, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Tempat wisata di Situbondi ini bukanlah waduk buatan, melainkan waduk alami yang ketersediaan airnya dapat diandalkan untuk irigasi. Waduk ini lumayan ramai dikunjungi oleh wisatawan di hari minggu.

19. Pelabuhan Jangkar
Pelabuhan Jangkar berlokasi di Kecamatan Asambagus, atau berjarak 35 km dari pusat Kota Situbondo. Pelabuhan Jangkar ini merupakan salah satu pelabuhan utama di Situbondo yang masih mempertahankan model tradisional. Terlepas dari pada hal tersebut, pelabuhan ini ramai dikunjungi oleh pemancing karena memiliki ketersediaan ikan yang cukup banyak. Selain itu, pada setiap minggu pagi banyak sekali warga sekitar yang berjalan-jalan menikmati udara laut. 

20. Pelabuhan Panarukan
Panarukan merupakan salah satu wilayah pesisir yang memainkan peran penting dalam jalur perdagangan di wilayah utara Jawa sejak masa VOC. Kondisi tersebut kemudian dilanjutkan oleh pemerintah Hindia Belanda dengan cara membangun sebuah pelabuhan di panarukan dengan konsep modern (pada saat itu) dengan nama Maatschappij Panaroekan. Pelabuhan ini bahkan menjadi salah satu lokasi bersandarnya kapal-kapal besar sebelum mengalami pendangkalan. Namun saat ini, pelabuhan ini hanya bisa digunakan oleh kapal-kapal kecil untuk bersandar, khususnya kapal nelayan. Pelabuhan ini juga masih memainkan fungsinya sebagai tempat bongkar muat dari dan ke wilayah Situbondo. 

21. Perkebunan Kopi Kayu Manis
Sejak masa kolonial, kabupaten Situbondo dikenal sebagai salah satu penghasil kopi yang memiliki kualitas bagus, khususnya di wilayah pegunungan. Dalam perkembangannya, pola-pola tersebut juga masih bertahan hingga saat ini. Di Kecamatan Arjasa, terdapat sebuah wisata perkebunan kopi yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara II (Persero), dengan produk andalannya bernama “Jawa Coffee Kayumas”, serta kopi luwak. 

22. Arung Jeram Situbondo
Apabila kalian menyukai oleh raga yang menantang adrenalin, jangan sampai kelewatan untuk mencoba rafting di Sungai ini. Rafting ini berlokasi di Dusun Samir, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Situbondo, atau berjarak 40 km dari pusat kota Situbondo. Di sini , kalian dapat merasakan sensasi menyusuri aliran sungai dengan beberapa jeram menantang. Di sisi kanan dan kiri sungai, kalian dapat melihat pemandangan hijau persawahan dan tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan.

23. Pabrik Gula Oelan
Parik Gula Oelan merupakan salah satu pabrik gula warisan kolonial Hindi Belanda tertua di Situbondo. Pabrik ini didirikan pada saat pemerintah kolonial sedang mengupayakan program cultuurstelsel, atau tanam paksa. Sebagai wilayah yang perkebunan tebu, pabrik ini mampu menghasilkan gula untuk didistribusikan ke berbagai wilayah. Saat ini, pabrik ini masih menyisakan beberapa peninggalan, di antaranya mesin uap, katel uap, dll. Lokasi ini memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata edukasi di Situbondo.

24. Industri Genteng Kalibagor
Lokasi industri ini terletak di Desa Kalibagorm Kecamatan Situbondo, atau berada di samping jalan raya yang menghubungkan antara Kabupaten Bondowoso dengan Kabupaten Situbondo. Industri ini cukup berpotensi sebagai objek wisata edukasi Situbondo. 

25. Kolam Renang Tirto Pandawa
Kolam renang Tirto Pandawa merupakan salah satu tujuan wisata masyarakat Situbondo. Kolam renang ini dilengkapi oleh seluncuran air dengan ketinggian sedang. Kedalaman kolam renang ini juga bervariasi, mulai dari 125 meter hingga 175 meter. Kolam renang ini cocok dikunjungi oleh kalian yang lelah dengan suasana panas wilayah pesisiran.

26. Alun-alun Situbondo
Alun-alun Situbondo berlokasi di Jl. Hasanudin, Ds. Dawuhan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo. Alun -alun ini ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang rindang. Di lokasi ini, kalian dapat duduk-duduk santai sembari menikmati pemandangan perkotaan Situbondo. Akun-alun ini juga menyediakan berbagai makanan yang akan membuat kalian lebih betah berlama-lama di lokasi ini. Wisata low budget ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya. Tertarik untuk mengunjungi Situbondo wisata ini?

27. Waduk Pitaloka
Waduk Pitaloka berlokasi di Ds. Curah cottok, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Waduk ini memiliki lanskap yang indah, suasana hijau mendominasi objek wisata ini. Wisata ini asik untuk kalian kunjungi bersama orang-orang terdekat.

28. Alun-alun Asembagus
Alun-alun Asembagus berlokasi di Trigoco, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur. Alun-alun ini cukup hits dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, terlebih lagi di akhir pekan.

29. Monumen 1000 KM Anyer Panarukan
Seperti yang sudah kami singgung di bagian awal tulisan, Panarukan merupaka titik akhir dari Jalan Raya Pos Anyer - Panarukan. Untuk menandainya, dibuatlah monumen 1000 Km Anyer Panarukan, yang terletak di Wringinanom, Panarukan, Kabupaten Situbondo.

30. Klenteng Poo Too Biaw
Klenteng Poo Too Biaw berlokasi di Besuki, atau berjarak 35 km dari pusat kota Situbondo. 

31. Stasiun Panarukan
Salah satu objek wisata Situbondo dekat stasiun adalah Stasiun Panarukan. Stasiun ini kurang begitu terawat. Di beberapa bagian dindingnya sudah berlubang dan mengelupas. Lokasi ini berada di Kilen Sari, Panarukan, Situbondo, Jawa Timur.

Bagaimana ulasan mengenai tempat wisata di Situbondo yang sudah kami sajikan, menarik-menarik bukan? Jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata-wisata yang lainnya, di antaranya tempat wisata di Bondowoso, tempat wisata di Banyuwangi, serta tempat wisata di Probolinggo. Jangan lupa juga untuk selalu mengunjungi website kami , dan nantikan updatean tempat wisata Indonesia lainnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel