Kuliner Khas Lampung Saat Liburan

wewerehere.id - Propinsi Lampung terkenal dengan destinasi wisatanya yang menarik. Beragam destinasi wisata alam menjadi tujuan masyarakat untuk menikmati keindahan alam Lampung yangmasih terjaga ke alamiannya.Selain wisata alam, anda juga dapat memanjakan perut anda dengan ragam wisata kuliner Lampung yang lezat.Berikut kami sajikan ulasan mengenai makanan khas Lampung yang harus anda coba.

1. Kemplang
oleholeh makanan khas Lampung ini serupa dengan amplang, kemplang juga menggunakan   bahan dasar berupa ikan. Kemplang memiliki tekstur yang renyah dengan aroma dan rasa ikan yang sangat kuatsehingga sangat pas untuk disantap bersama nasi putih hangat juga sambal dengan lauk lainnya. Yang unik dari proses pembuatan makanan ini adalah dimasak menggunakan pasir yang memberikan rasa yang khas. Makanan yang satu ini biasa dijual dengan harga mulai dari Rp.25.000,- per bungkusnya.

2. Lempok Durian
Makanan khas daerah Lampung  pasti tidak akan dilewatkan oleh penggemar durian. Sepintas lempok ini terlihat sama dengan jenang juga dodol. Yang membedakan adalah pemakaian durian sebagai bahan dasarnya sehingga rasanya menjadi manis dan legit dengan aroma durian yang khas.Makanan ini kerap diburu oleh wisatawan untuk dijadikan oleh oleh.Lempok durian biasa dijual per ons atau per box.Makanan ciri khas Lampung ini di toko oleh oleh biasanya dibanderol mulai Rp.15.000,- per ons nya.

3. Sambal Lampung
Ini dia sajian khas Lampung yang paling populer di kalangan penggemar kuliner pedas.Makanan khas Cianjur punya sambelhejo, Lampung punya sambal Lampung yang digemari semua orang.Sambal Lampung menjadi makanan khas Lampung oleh oleh wajib bagi para wisatawan yang mampir ke kawasan Lampung. Ada beberapa macam sambal Lampung yang dapat anda pilih untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh antar lain sambal bawang Lampung, sambal goreng udang, sambal ijo Lampung, sambal terasi Lampung, sambal cuka,  juga sambal ikan peda Lampung. Biasanya sambal Lampung dijual dengan harga Rp.25.000,- per botol.

4. Keripik Nangka
Bila umumnya keripik di daerah lain yang biasa kita nikmati dibuat dari tempe, singkong, maupun ubi. Makanan ringan khas Lampung berupa Keripik dengan bahan dasar buah nangka ini juga wajib anda beli sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.Daging  nangka yang telah masak diolah dengan cara di oven sehingga lebih sehat karena tidak digoreng dengan minyak. Perpaduan rasa gurih dan manis pada keripik ini sangat cocok disantap sebagai cemilan di waktu senggang bersama makanan dan minuman khas Lampung lainnya. Keripik ini bisa anda dapatkan di toko oleh oleh dengan harga mulai dari Rp.10.000,-.

5. Pempek Khas Lampung
Bukan Cuma kota palembang yang menyajikan pempek sebagai kuliner khasnya. Lampung juga memiliki sajian kuliner pempek yang mirip dengan pempek palembang. Yang membedakan adalah pempek Lampung biasanya menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya, sedangkan pempek palembang biasanya menggunakan ikan belida. Kuah cuko dari makanan khas dari Lampung ini pun berbeda dengan pempek Palembang.Sajian ini juga dapat anda jadikan pilihan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

6. Engkak
Bila makanan khas jambi memiliki kue gandus sebagai makanan ringan khasnya, maka engkak merupakan makanan ringan khas Lampung yang cukup digemari. Engkak dibuat dari bahan dasar beras ketan yang dicampur beberapa bahan lain. Sepintas makanan khas provinsi Lampung ini terlihat seperti kue lapis legit, namun rasa dan teksturnya cukup berbeda.

7. Seruit
Seruit merupakan ikan yang dibakar maupun digoreng yang diolah dengan racikan bumbu khusus. Ikan yang dipakai untuk membuat  seriut bukan merupakan ikan laut, melainkan ikan air tawar dari sungai sepertilayis,  baung, belide, dan lain sebagainya. Makanan khas Lampung seruit biasa disajikan bersama sambal, tempoyak dan lalapan seperti terong bakar, jengkol, daun kemangi, atau pun daun jambu biji.

8. Pendap
Pendap merupakan salah satu  makanan khas Lampung Barat yang menyerupai pepes. Yang membedakan adalah pendap berbentuk persegi panjang dan biasanya bungkusnya adalah dari daun talas sebanyak sembilan lembar baru diisi ikan laut dan terakhir baru dibungkus daun pisang.Hidangan ini biasanya disantap dengan gulai taboh, seruit dan beragam lalapan lainnya.

9. Tempoyak
Dibuat dari bahan dasar fermentasi buah durian yang menjadi ciri khas makanan Lampung, tempoyak umumnya disantap bersama sepiring nasi putih. Sebetulnya tempoyak juga dapat langsung dinikmati begitu saja tanpa menu pendamping, akan tetapi rasanya yang sangat asam dan aroma yang begitu menyengat membuat orang lebih suka menyantapnya berdampingan dengan hidangan lain. Tempoyak juga biasa dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan.Makanan khas Lampung selatan ini tidak menggunakan bahan pengawet, tetapi tetap dapat bertahan lama karena adanya garam yang dibubuhkan pada proses fermentasinya.

10. Pie Pisang Lampung
Bukan cuma keripik pisang yang selalu dicari wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh,makanan khas bandar Lampung yang sedang naik daun ini juga sedang ramai diminati masyarakat.Bagian crust atau kulit pisang terasa hambar, menjadi perpaduan yang pas dengan bagian pisangnya yang terasa sangat manis sedikit asam ditambah permukaan fla manis dengan gurihnya keju diatasnya, menjadi perpaduan yang sangat lezat. Dalam satu box pie pisang berisi lima buah pie dengan varian rasa berbeda antara lain yaknikeju,  cokelat, chocoballserta almond kismis.

11. Pindang
Makanan khas Lampung timur yang satu ini pasti tak asing lagi di telinga anda, karena anda sering menjumpainya di warung masakan padang. Sajian berupa olahan ikan ini biasanya dihidangkan didalam mangkuk dengan kuah santan warna kuning.Ada beragam jenis ikan yang biasa diolah menjadi pindang,  antara lain pindang baung, pindang patin, pindang ikan mas, ataupun pindang bandeng.Yang unik dari Pindang khas Lampung ini adalah cita rasanya yang sedikit asam tapi gurih.Pindang khas Lampung ini memiliki aroma yang cukup kuat karena terdapat daun kemangi yang dicampur di kuahnya.Resep makanan khas Lampung ini pun cukup sederhana dapat anda temukan di internet.

12. Kopi Durian
Makanan khas Lampung tengah ini tentu tak akan dilewatkan oleh penggemar kopi. Kopi durian merupakan perpaduan dari kopi robusta dan buah durian sehingga kopi ini memiliki aroma khas yang tajam.Biasanya tersedia dua macam kopi durian yaitu kopi durian original juga kopi durian plus yang memiliki aroma durian lebih kental dan kuat.Kopi ini dibanderol dengan Harga mulai dari Rp.15.000/100 gram.Kopi ini cocok dinikmati sebagai pendamping makanan khas Lampung dan manfaatnya dipercaya dapat meningkatkan energi.

13. Gulai Taboh
Makanan khas Lampung dan cara membuatnya ini wajib anda simak.Gulai taboh merupakan hidangan yang memiliki cita rasa unik yang dibuat dari umbi umbian dan kacang kacangan.Anda akan menikmati hidangan dengan rasa santan yang dicampur kacang hijau dan kacang tanah,  kentang juga rebung. Yang membuat hidangan ini unik adalah adanya campuran daun sirih juga terasi.Untuk merasakan kekayaan rasanya anda wajib mencoba hidangan ini.

Itu tadi beberapa makanan khas Lampung yang enak dan lezat.Masih di pulau Sumatera anda juga wajib mencoba makanan khas Batak yang tak kalah unik dan lezat, terutama bagi anda penggemar olahan daging babi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel