18 Makanan Khas Sunda Jawa Barat Asli

Sunda merupakan salah satu suku di Jawa Barat yang terkenal dengan parasnya yang kasep (ganteng) dan geulis (cantik). Tak hanya terkenal akan paras masyarakatnya, Sunda terkenal dengan makanan khas Sunda yang dijamin akan memanjakan lidah anda.

Rasa nikmat dan khas dari masakan Sunda, membuat makanan khas Sunda dan cara membuatnya yang mudah dipraktekan sendiri banyak dicari oleh masyarakat. Berikut beberapa makanan khas Sunda yang wajib anda coba.

Beberapa Makanan Khas Sunda

1. Karedok

Karedok merupakan salah satu makanan khas makanan khas Sunda asli.Karedok terdiri dari sayuran mentah seperti ketimun, kol, tauge, daun kemangi, kacang panjang, dan terong. Sayuran tersebut diguyur dengan saus kacang khas yang terdiri dari sausnya air asam, kencur, gula jawa, cabai merah, garam, bawang putih, kacang tanah, dan terasi.

2. Tahu Sumedang

Makanan ringan khas Sunda yang satu ini tentu tidak asing lagi.Penjual tahu sumedang saat ini sudah tersebar ke berbagai penjuru negeri.Tahu yang memiliki bentuk kubus kecil dengan rasa gurih ini sangat pas dipadukan dengan cabai rawit untuk dijadikan cemilan.

3. Perkedel Bondon

Perkedel Bondon merupakan perkedel dari kentang yang di masak di tungku diatas arang hitam.Makanan tradisional khas Sunda ini sangat nikmat disajikan selagi masih panas.Cocok untuk dijadikan camilan, maupun dicocol dengan sambal untuk menjadi teman nasi untuk bersantap.

4. Gepuk

Gepuk adalah makanan khas daerah Sunda yang terbuat dari daging sapi.Umumnya gepuk di buat dari daging sapi yang diiris mengikuti arah serat daging, kemudian direbus setengah matang, lalu di pukul hingga sedikit empuk.

Daging yang sudah empuk tersebut lalu direndam kedalam bumbu santan lalu direbus kembali hingga air santan menyusut.Gepuk akan terasa nikmat jika disajikan dengan nasi yang hangat dan sambal yang pedas.

5. Colenak

Makanan pembuka khas Sunda ini memang memiliki nama yang unik. Colenak merupakan singkatan dari dicocol enak. Hidangan ini terbuat dari tape singkong yang di bakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dicampur gula merah.

Karena kandungan di dalam tape mengandung gula maka tape tersebut mudah gosong, meskipun begitu gosong khas itulah yang dianggap sebagai bagian paling enak dari colenak ini.

6. Nasi Timbel

Nasi Timbel merupakan makanan khas Sunda yang terkenal di seluruh penjuru jawa barat. Nasi timbel dibuat dengan cara membungkus nasi panas kedalam daun pisang. Panas dari nasi ini membuat aroma daun pisang luruh dan memberikan aroma khas daun pisang yang menggugah selera.

Biasanya nasi timbel disajikan dengan beberapa pilihan lauk-pauk seperti ayam, empalgepuk, bebek, tempe, sayur asem, jambal roti, lalap, dan juga sambal.

7. Cireng

Cireng merupakan makanan khas Sunda di Bandung yang digemari masyarakat.Cireng merupakan singkatan dari aci (kanji) digoreng Kudapan dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan dasar tepung kanji.

Bahan dasar makanan ini antara lain tepung terigu, tepung kanji, air, daun bawang, merica bubuk, garam, bawang putih, dan minyak goreng.

8. Tumis Genjer Oncom

makanan khas suku Sunda yang satu ini merupakan kuliner tradisional yang banyak disajikan di warung-warung makan Sunda. Oncom merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat hidangan ini. Cita rasa oncom yang nikmat berpadu dengan rasa manis pedas dan genjer atau paku rawan yang mempunyai tekstur lunak tapi renyah saat digigit. Hidangan ini mengandung banyak serat, sehingga selain nikmat, makanan ini juga menyehatkan.

9. Empal Gepuk Daging Sapi

Empal atau gepuk daging sapi adalah makanan khas Sunda jawa barat yang sangat terkena.Hidangan ini menjadi salah satu menu makanan yang wajib tersaji di restoran-restoran Sunda. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dari sayatan tipis daging sapi yang dipukul pukul atau digepuk sampai pipih dan dimasak bersama lumuran bumbu bercita rasa manis.

Hidangan ini sangat nikmat disantap bersama nasi hangat, sambal, dan lalapan.

10. Mie Kocok

makanan khas orang Sunda yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Penjual Mie Kocok sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mie kocok menggunakan bahan dasar mie kuning yang dihidangkan bersama kuah gurih yang terbuat dari kaldu sapi.

Makanan ini sangat mudah ditemukan di kawasan bandung. menu makanan khas Sunda ini biasanya disajikan bersama tauge yang sudah direbus, irisan kikil, bakso, jeruk nipis, dan taburan daun bawang, daun seledri, dan bawang goreng. Selain bahan-bahan tersebut, ada juga yang menambahkan babat sapi sebagai pelengkapnya.

11. Sate Maranggi

Pecinta Sate tentu sudah mengetahui hidangan yang satu ini. Sate maranggi merupakan makanan khas Sunda yang unik asal Purwakarta, Jawa Barat. Sate maranggi menggunakan bahan dasar daging kambing atau daging sapi. Selain di Purwakarta, sate maranggi juga sudah banyak dijual di daerah sekitarnya hingga mencapai kawasan Cianjur.

Hampir di setiap sudut kota Purwakarta dapat kita temukan warung atau penjual yang menjajakan sate maranggi. Keunikan dari sate ini adalah tidak perlu ditambah saus, tidak seperti sate lain yang menggunakan guyuran saus, karena sebelum dibakar sate maranggi ini sudah dibumbui dengan bumbu khasnya.

12. Empal Gentong

Empal gentong tidak sama dengan empal gepuk. Kesamaan dari kedua jenis makanan khas Sunda ini mungkin terletak pada bahan utama yang digunakan yakni daging.Empal gentong adalah makanan khas daerah Cirebon, Jawa Barat.Hidangan ini biasanya disajikan dengan kucai dan sambal yang dibuat dari abai kering giling.

13. Jalabaria

Makanan khas Sunda jalabria merupakan kue berbentuk seperti donat yang bolong ditengahnya.Jalabria memiliki cita rasa manis yang kental karena seluruh permukaannya dilumuri dengan gula merah yang dibiarkan mengering.

14. Cimol dan Cilok

Cimol adalah singkatan dari “aci digemol”. Aci yang dibuat dari bahan dasar sagu dibentuk bundar-bundar seperti bola-bola kecil lalu digoreng dengan api kecil hingga matang. Cimol biasa disantap bersama bumbu-bumbu kering ataupun basah.Sedangklan Cilok berarti “aci dicolok”.

Bentuk dari cilok mirip dengan cimol namun cilok lebih legit dan kenyal.Agar kenyal, cilok biasanya dibuat dengan mencampurkan tepung terigu dan tepung sagu.Setelah adonan cilok selesai dibuat dan sudah matang digoreng, cilok langsung ditusuk dan dibumbuhi bumbu kacang.makanan cemilan khas Sunda ini sangat digemari oleh masyarakat.

15. Bajigur

Bajigur merupakan Minuman yang dibuat masyarakat Sunda ini telah begitu dikenal masyarakat luas.Bajigur sendir adalah minuman yang terbuat dari santan dan campuran gula aren.Biasanya, minuman ini disajikan bersama dengan sedikit jahe, sedikit vanili, serta garam untuk menambah cita rasanya.Sejak jaman dahulu bajigur kerap disandingkan dengan makanan khas Sunda jaman dulu.

16. Batagor

17. Asinan bogor

18. Surabi

itulah beberapa makanan dan minuman khas Sunda yang wajib anda cicipi. Pasti anda sudah tidak sabar menyantap makanan khas Sunda dan resepnya segera anda cari.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 7 =