Mengintip Pesona Pantai Ngantep Di Malang

wewerehere.id - Hampir semua orang mendambakan berlibur dengan menikmati hamparan pasir putih halus ditambah dengan suara deburan ombak dan suasana tenang yang khas pinggir pantai. Sebagai seseorang yang mengaku penikmat keindahan pantai tentunya anda tidak boleh berbesar hati jika belum berhasil mengeksplore berbagai macam pantai yang ada di Malang. Malang Selatan sejak dulu memang dikenal sebagai surganya wisata laut di Kabupaten Malang. Ada beberapa deret pantai yang berjajar cantik di Malang Selatan menunggu untuk anda kunjungi.

Pantai Ngantep merupakan satu dari sekian banyak deretan pantai di Malang Selatan yang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini masih sangat sepi sehingga suasananya tenang dengan ciri khas menarik berupa air yang biru jernih dan sangat bersih bebas dari sampah. Pemandangan yang disuguhkan Pantai Ngantep juga sangat indah dan mempesona dihiasi dengan bunga bungaan yang merah merekah.

Di Pantai Ngantep ada larangan berenang di pantai karena ombaknya sangat besar dan bisa membahayakan nyawa pengunjung. Sebagai gantinya, anda bisa merasakan sensasi berenang di muara sungai yang terletak di sebelah timur dari Pantai Ngantep. Sama seperti air di Pantai Ngantep yang jernih, muara sungai ini juga kondisi airnya masih sangat terjaga dan bersih nyaris jernih seperti air laut di Pantai Ngantep. Pokoknya berlibur di Pantai Ngantep bersama keluarga, teman, maupun pasangan sangatlah direkomendasikan.

LOKASI DAN RUTE MENUJU PANTAI NGANTEP MALANG

Alamat Pantai Ngantep Malang berada di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Rute menuju ke Pantai Ngantep Malang pun cukup mudah. Dari Kota Malang anda terlebih dulu menuju ke arah Terminal Gadang kemudian melanjutkan perjalanan ke daerah Bululawang. Sesampainya di Bululawang, anda akan menemukan dua cabang jalan, ambillah jalur sebelah kiri dan pacu kendaraan anda menuju ke Gondang Legi. Setelah itu anda tinggal mengikuti papan penunjuk arah yang akan sering ditemui di sepanjang jalan.

Dari pintu masuk Pantai Ngantep anda masih harus menempuh perjalanan sekitar 4 kilometer. Medan yang dilalui untuk dapat menuju ke lokasi Pantai Ngantep pun cukup sulit karena jalanannya masih berbatu. Bila hujan tiba, tentunya akses menuju ke Pantai Ngantep akan lebih susah lagi, maka dari itu disarankan anda datang ke Pantai Ngantep saat cuaca masih cerah. Selain itu di malam hari jalanan menuju ke Pantai Ngantep minim penerangan sehingga usahakan anda sudah keluar dari kawasan Pantai Ngantep begitu gelap datang. Untuk harga tiket masuk Pantai Ngantep Malang juga cukup terjangkau dan ramah dikantong.

GAMBARAN UMUM PANTAI NGANTEP MALANG

Sebenarnya tidak ada cerita misteri Pantai Ngantep, hanya saja di sekitar Pantai Ngantep terdapat sebuah gunung yang lebih mirip bukit dikenal dengan nama Gunung Batok. Pada tanggal tertentu ada beberapa orang yang datang ke pendopo yang terletak di puncak Gunung Batok kecil tersebut untuk melakukan pertapaan atau ngalap berkah sesuai dengan keyakinannya. Hal inilah yang membuat berkembangnya isu misteri di sekitar Pantai Ngantep. Mitos Pantai Ngantep Malang Jawa Timur yang paling banyak dipercayai masyarakat adalah bahwa siapapun yang bertapa di pendopo yang ada di Gunung Batok Pantai Ngantep, kelak keinginannya akan mudah terwujud dan rezekinya akan semakin bertambah.

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, Pantai Ngantep mempunyai air yang jernih dan panorama yang mempesona. Gugusan bukit karang dikanan kirinya membuat kawasan Pantai Ngantep sangat layak untuk dikunjungi dan menjadi spot hunting foto nature terbaik. Meskipun menawan, namun anda harus tetap hati hati bermain di sekitar pantai karena ombaknya cukup besar dan sering digunakan untuk surfing.

FASILITAS PANTAI NGANTEP MALANG

Akses Pantai Ngantep memang belum sebagus pantai Balekambang yang letaknya cukup dekat dengan Pantai Ngantep. Jalan utama menuju ke bibir pantai sejauh kurang lebih 4 km masih kurang bagus karena masih berupa makadam yang berkelok kelok dan naik turun. Butuh waktu yang cukup lama untuk melewati jalan ke Pantai Ngantep Malang tersebut. Dikanan kiri jalan tersebut anda akan menemukan hutan dan ilalang yang masih sangat alami. Begitu sudah dekat, anda akan menemukan papan penunjuk arah yang menunjukkan letak Pantai Ngantep.

Fasilitas Pantai Ngantep Malang juga dinilai belum terlalu lengkap. Hanya ada petugas parkir di lahan parkir yang menjaga kendaraan anda. Warung warung kecil yang biasa anda temukan di pantai daerah lain pun tidak tampak di sekitar Pantai Ngantep. Ada baiknya anda membawa perbekalan dan perlengkapan sendiri saat berkunjung ke pantai ini. Sedangkan untuk penginapan di Pantai Ngantep Malang masih belum ditemukan. Anda bisa memilih untuk menginap di wilayah kota Malang atau sekitar Pantai Balekambang yang sudah lebih dulu terkenal baru meluangkan waktu untuk mengunjungi Pantai Ngantep.

DAYA TARIK PANTAI NGANTEP MALANG

Sejarah Pantai Ngantep sampai saat artikel ini ditulis masih simpang siur dan tersebar dalam beberapa versi. Pantai Ngantep sebenarnya juga dikenal sebagai sebuah pantai religi karena di sebelah kanan pantai terdapat sebuah gunung yang diberi nama Gunung Batok. Gunung dengan ketinggian sekitar 50 meter ini mempunyai pendopo di puncaknya yang sebenarnya adalah makam tetua yang disucikan. Keunikan dari keberadaan Gunung Batok di kawasan pantai ini adalah adanya sebuah goa yang sering dijadikan lokasi untuk bertapa atau ngalap berkah oleh orang orang tertentu menurut keyakinan mereka masing masing. Kegiatan lain yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung adalah memancing. Terdapat spot spot tertentu di Pantai Ngantep untuk memancing.

Memang tidak banyak orang yang mancing di Pantai Ngantep. Tapi, setiap harinya tetap ada satu hingga tiga orang yang memancing di sekitaran kawasan Pantai Ngantep. 

Wisata Pantai Ngantep Malang sangat cocok dijadikan lokasi untuk olahraga surfing karena ombaknya sangat besar dan perairannya mulus nyaris tanpa karang. Ombaknya yang sangat besar pun berhasil mengundang para wisatawan yang berasal dari Australia dan juga Amerika serta Inggris untuk berselancar di Pantai Ngantep baik di hari biasa maupun hari libur. Surfing di Pantai Ngantep juga bisa dilakukan oleh anda yang masih pemula karena meskipun ombaknya tergolong besar, namun sekitar 10 meter dari bibir pantai ombaknya akan berubah menjadi agak tenang dan pas digunakan untuk belajar surfing bersama dengan ahlinya.

Itulah tadi sekilas informasi tentang salah satu pantai perawan di Malang yang dikenal dengan nama Pantai Ngantep. Jika anda ingin mencari informasi lainnya berkaitan dengan tempat wisata lain di Kota Malang, maka anda bisa mengunjungi situs web kami. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar tempat kita berwisata ya agar keindahannya dapat tetap dirasakan oleh generasi penerus di masa yang akan datang. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel