20 Rekomendasi Tempat Wisata Malam Di Kota Solo (Surakarta)

wewerehere.id - Kota Surakarta atau Solo berada di propinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan beberapa Kabupaten lain di Jawa Tengah seperti Karanganyar, Klaten, Sukoharjo, dan Sragen. Lokasinya yang berada di tengah membuat Kota Solo tidak mempunyai banyak wisata alam layaknya daerah lain di Pulau Jawa. 

Sebagai kota wisata, Solo juga punya berbagai macam tempat nongkrong malam di Solo yang menjadi favorit anak muda. Apalagi di Solo terdapat beberapa kampus ternama yang isinya rata rata mahasiswa dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Hal ini membuat industry kuliner khususnya café dan tempat nongkrong malam di Solo semakin menjamur dengan konsep yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya. 

Berbicara tentang Kota Solo, tentunya ada banyak sekali tempat wisata malam di Solo yang menarik untuk anda kunjungi saat sedang tinggal di Kota Solo. Nah, berikut ini kami berikan ulasan mengenai beberapa rekomendasi tempat wisata malam di Kota Solo yang bisa anda datangi. 

1. PASAR MALAM PUSAT GROSIR SOLO

Tempat wisata malam di Solo yang pertama adalah sebuah pasar malam yang ada di halaman parkir Pusat Grosir Solo (PGS). Pasar malam ini hanya ada setiap malam Minggu saja dan mulai beroperasi dari jam 6 sore hingga tengah malam. Ada banyak hal yang bisa anda temukan di pasar malam PGS ini, seperti kuliner makanan khas Solo dan makanan kekinian lainnya, bazar barang barang murah, pertunjukan budaya, dan juga live music. PGS di siang hari merupakan sentra belanja pakaian murah di Solo yang banyak diserbu oleh wisatawan maupun warga sekitar yang berprofesi sebagai pedagang. Letaknya sangat dekat dengan sentra kuliner Solo Gladag Langen Bogan (Galabo) yang sangat terkenal. Pasar malam ini sengaja diadakan setiap malam Minggu sebagai salah satu bentuk hiburan murah bagi warga Solo dan sekitarnya. Pokoknya, anda jangan sampai melewatkan pasar malam PGS ini jika kebetulan sedang berada di wilayah Kota Solo di Malam Minggu.

2. PASAR MALAM NGARSOPURO SOLO


Tempat wisata malam Solo yang kedua masih berupa pasar malam atau bazaar dengan tenda tenda putih berjejer rapi di kawasan Pasar Ngarsopuro Solo. Salah satu ruas jalan yang ada di dekat Pura Mangkunegaran akan ditutup dan didirikan tenda tenda yang akan dipakai oleh pengisi bazaar untuk menyajikan dagangaannya. Ada banyak hal yang bisa anda temukan di pasar malam Ngarsopuro ini, seperti pernak pernik, makanan khas, benda benda unik, dan masih banyak lagi. Sama seperti pasar malam di PGS, pasar malam Ngarsopuro juga hanya digelar sekali dalam seminggu tepatnya pada Malam Minggu. Biasanya juga terdapat live music dengan genre tertentu yang dimainkan oleh musisi atau seniman di Solo. 

3. MUSEUM BATIK DANAR HADI SOLO


Untuk dapat masuk ke museum batik ini anda harus membayar sebesar 35000 untuk umum an 8000 rupiah bagi pelajar dengan menunjukkan kartu pelajar. Di tempat ini anda akan melihat koleksi batik yang mendunia sekaligus mendapat pengalaman belajar membatik yang berkesan. Selain sebagai museum, tempat ini juga menjadi sebuah butik batik dengan nama Batik Danar Hadi Solo yang produknya sudah terkenal ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri. 

4. GLADAK LANGEN BOGAN (GALABO) SOLO


Wisata kuliner malam Solo yang satu ini tentunya sudah tidak asing di telinga anda semua. Letaknya berada tepat di sepanjang ruas jalan di depan Pusat Grosir Solo (PGS) dan Beteng Trade Center (BTC), keduanya merupakan surga belanja di Solo selain Pasar Klewer. Di Galabo anda akan menemukan banyak sekali menu makanan yang menggugah selera, seperti sate lilit, selat solo, tongseng, nasi uduk, beraneka macam minuman, dan masih banyak menu menu lainnya. Untuk harga, tidak usaha khawatir karena semuanya cukup ramah di kantong. Galabo selalu ramai dikunjungi wisatawan baik di hari biasa maupun hari libur tiba. 

5. TAMAN HIBURAN RAKYAT (THR) SRIWEDARI

Tempat wisata di Solo malam hari ini sudah ada sejak tahun 1985 silam dan masih eksis hingga sekarang meskipun terlihat sedikit terbengkalai. Di tempat ini terdapat berbagai macam wahana permainan dan juga tempat kuliner. Di hari hari tertentu juga terdapat jadwal regular show seperti Koes Ploes Mania, Klasik Rocks, dan juga Orkes Keroncong yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Lokasinya berada di jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan utama di Kota Solo dan dekat dengan Stasiun Purwosari. 

6. ALUN ALUN KIDUL SOLO

Wisata malam daerah Solo selanjutnya merupakan tempat yang punya nama beken Alkid Solo. Tempat ini merupakan plataran luas yang ada di belakang Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dahulu kala, tempat ini sempat popular sebagai tempat maksiat dan prostitusi di Solo. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, tempat ini sudah berubah menjadi tempat wisata malam yang seru dan menyenangkan serta ramah dikunjungi oleh berbagai kalangan. Setiap sore dari jam 3 sampai jam 10 malam kawasan ini akan ramai penjual makanan serta penjaja mainan anak dengan harga yang sangat terjangkau. 

7. PLAYGROUND SOLO

Playground Solo merupakan salah satu tempat nongkrong anak muda di Solo yang menyajikan sebuah angkringan dengan konsep urban yang modern. Playground Solo dikelola oleh Tiga Ceret Group yang juga membuka tempat nongkrong yang sama di Klaten dan juga Yogyakarta. Di tempat ini anda akan diajak untuk menyantap ragam makanan layaknya jajan di sebuah angkringan, ada gorengan, nasi bungkus, aneka macam minuman, dan makanan ringan lainnya dan duduk bersantai di kursi kursi yang telah tersedia dan di tata rapi sembari melihat gemerlap bintang yang menaungi Kota Solo. Anda bisa mengajak teman teman dekat anda beramai ramai nongkrong di tempat ini pada malam hari karena tempat ini buka sampai tengah malam. 

8. KAWASAN DEPAN BANK INDONESIA

Wisata malam di Solo berikut ini merupakan salah satu ruas jalan yang ada di dekat jalan utama Kota Solo. Kawasan depan Bank Indonesia selalu ramai menjadi lokasi nongkrong atau duduk duduk santai beberapa komunitas yang ada di Solo. Jika anda belum tergabung dalam komunitas manapun, anda tetap bisa ikut menikmati malam di tempat ini sembari mencari kenalan baru. Memang sekilas tidak ada yang special dari tempat ini. Namun, kehangatan dan canda tawa dari teman teman dekat sembari bercerita tentang hiduplah yang menambah semarak dan kenyamanan kawasan depan Bank Indonesia ini. Di seberang Bank Indonesia, terdapat kompleks Benteng Vastenburg yang sering menjadi lokasi penyelenggaraan event event local Solo. 

9. WIFI CORNER DI TELKOM SOLO

Berada di dekat Bank Indonesia, Telkom Solo menyediakan sebuah wifi corner yang berkonsep kafe. Ada anjungan yang berisikan meja meja panjang serta kursi panjang yang bisa anda manfaatkan untuk duduk sembari berselancar di dunia maya. Tempat ini selalu ramai dari sore menjelang tengah malam oleh orang orang yang sekedar iseng bermain internet atau beberapa orang yang menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Sebelum bisa ikut berselancar di dunia maya menggunakan koneksi wifi yang disediakan oleh Telkom Solo, anda harus membeli voucher wifi id dulu di loket yang telah disediakan. Harganya pun sangat murah dan dapat digunakan hingga 1 x 24 jam. Tempat ini merupakan ruang public yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk hal hal positif. 

10. WEDANGAN ATAU HIK (ANGKRINGAN)

Angkringan di Solo disebut dengan Hik atau wedangan. Angkringan bisa anda temukan di berbagai penjuru Kota Solo. Ada yang bentuknya sederhana dan terletak di pinggir jalan dan ada juga yang berkonsep kafe dengan desain menarik. Wedangan atau Hik menjadi lokasi favorit warga local solo maupun para wisatawan yang hobi nongkrong dan bersantai bersama teman teman namun tidak mau merogoh kocek terlalu dalam. 

11. WISATA KULINER NASI LIWET WONGSO LEMU

Wisata kuliner Solo malam hari di Nasi Liwet Bu Wongso Lemu harus anda coba. Terdapat berbagai macam olahan nasi liwet yang lengkap dengan bermacam macam lauk siap menggoyang lidah anda. Anda dapat menemukan warung nasi liwet ini di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Solo. Meskipun harganya dinilai sedikit mahal oleh wisatawan, namun cita rasanya sangat khas dan berbeda dari nasi liwet yang dijual di tempat lain. Selain itu, anda perlu ekstra sabar saat berkunjung ke warung ini di jam jam ramai karena jika pesanan anda tidak ditunggui maka anda akan dilewati oleh pengunjung lainnya. 

12. WISATA KULINER SATE KERE YU REBI

Satu lagi tempat wisata kuliner malam di Solo yang harus anda coba. Bagi anda penikmat makanan jeroan tentunya harus merasakan sensasi makan sate kere. Sate kere merupakan sate yang terbuat dari jeroan sapi atau lemak sapi yang dibakar dengan bumbu khusus dan khas. Salah satu penjual sate kere yang sangat terkenal di Solo adalah Yu Rebi. Anda bisa menemukan warung sate kere Yu Rebi di kawasan Laweyan, Solo. 

13. SOCIAL KITCHEN SOLO

Wisata malam Solo yang sedang hits di kalangan anak muda Solo adalah Social Kitchen Solo. Social Kitchen Solo berlokasi di Jalan Abdul Rahman Saleh Nomor 1, Banjarsari, Solo. Restaurant ini mempunyai konsep yang unik dan berbeda sehingga memiliki karakter yang kuat untuk menarik minat pengunjungnya. Social Kitchen beroperasi pada sebuah bangunan tua yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Tidak hanya menjadi tempat makan saja, namun Social Kitchen menjadi tempat hangout yang seru dan asyik. Bahkan di tempat ini anda bisa menyelenggarakan kegiatan lain seperti wedding, meeting, gathering, maupun product launching dan acara acara lainnya. Saat sedang tidak ada acara, maka anda akan menikmati hidangan di Social Kitchen di temani live music dari band pengisi yang menambah suasana menjadi tambah syahdu. 

14. WEDANGAN PENDOPO

Di tempat makan dan tempat nongkrong yang buka dari sore hingga malam hari ini, anda bisa merasakan sensasi makanan khas solo ala angkringan. Interior ruangan di wedangan pendopo semakin menarik karena dihiasi dengan berbagai macam benda benda kuno nan antic dari jaman dulu yang merupakan koleksi dari pemiliknya. Ada banyak sekali artis ibu kota yang mampir ke Wedangan Pendopo saat sedang berkunjung ke Solo. Meskipun menu yang ditawarkan mirip dengan menu angkringan, namun suasananya akan membuat anda merasakan sensasi berbeda di tempat yang instagramable ini. 

15. KAWASAN BENTENG VASTENBURG

Kawasan Benteng Vastenburg menjadi salah satu destinasi wisata malam Solo 24 jam yang bisa anda kunjungi. Terlebih lagi jika di kawasan ini sedang ada penyelenggaraan event music atau event budaya Solo. Letaknya berada di tengah tengah Kota Solo membuat tempat ini mudah dijangkau dari segala penjuru arah. Terdapat tembok benteng berwarna putih yang mengelilingi lapanan ini dan semakin cantik dengan tambahan lampu warna warni yang menyinarinya. Di salah satu sudut juga telah dibangun sebuah monumen unik bertuliskan Kota Solo yang bisa menjadi spot foto yang instagramable. Jika anda bosan berada di kawasan ini, anda bisa berjalan sebentar selama beberapa meter menuju sentra kuliner Gladag Langen Bogan (Galabo) yang telah diulas sebelumnya untuk makan malam atau membeli cemilan. 

16. KAWASAN STADION MANAHAN

Wisata Solo malam hari selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah mengitari kawasan Stadion Manahan sekaligus berwisata kuliner. Disekitar Stadion Manahan, tepatnya di depan pintu masuk yang belakang, anda bisa menemukan banyak sekali penjaja makanan kecil yang membuka lapak tiap sore menjajakan dagangannya. Selain itu, disekeliling stadion juga terdapat warung warung kecil yang juga berisikan penjual makanan mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian. Kawasan Stadion Manahan juga semakin ramai saat ada event music atau event tingkat regional di akhir pekan. Di sore hari, biasanya warga sekitar akan berolahraga atau jogging mengelilingi stadion Manahan. Nah, bagi anda yang kurang begitu suka olahraga, anda bisa menemani teman anda berolahraga sekaligus berwisata kuliner di tempat ini. 

17. MASJID AGUNG SURAKARTA

Wisata malam Solo Raya yang satu ini tentunya bisa anda kunjungi begitu memasuki waktu beribadah bagi umat Islam. Masjid Agung Surakarta cukup unik dengan desain arsitektur Jawa Kuno yang sangat kental dan gapura utamanya bergaya Arab Persia. Satu hal yang unik lagi dari bangunan masjid adalah adanya serambi masjid yang memanjang dari sisi Utara ke Selatan dan bagian tengahnya menjorok ke depan. Di bagian depan serambi juga terdapat kentongan lengkap dengan bedug yang sangat besar. Bangunan utama masjid ini hanya ditopang oleh 4 sokoguru (tiang utama) dengan 12 tiang tambahan. Sekilas bangunannya memang sangat mirip dengan rumah adat Jawa Tengah yang bernama rumah Joglo. Melaksanakan ibadah di Masjid Agung Surakarta tentunya akan menjadi pengalaman berkesan tersendiri bagi para wisatawan.

18. SOLO PARAGON MALL

Wisata malam Kota Solo juga bisa anda lakukan dengan mengunjungi mall dan berbelanja, salah satunya adalah mengunjungi Mall Solo Paragon yang terletak di jantung kota Solo tepatnya di Jalan Yosodipuro Nomor 133, Solo. Mall ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam dan menawarkan berbagai macam booth serta outlet pakaian, alat rumah tangga, dan beragam barang barang lainnya mulai dari yang berskala local hingga internasional. Solo Paragon Mall berdiri di atas lahan seluas 4,1 hektar dan mempunyai 5 lantai. Biasanya, warga masyarakat atau wisatawan berkunjung ke mall ini untuk berbelanja, makan, ataupun menonton bioskop baik di Cinema XII ataupun The Premiere XXI. Sesuai dengan mottonya yaitu “shopping, dining, and entertainment”, Solo Paragon hadir mengisi menjadi salah satu destinasi wisata malam anda bersama keluarga di Solo. 

19. THE PARK SOLO BARU MALL

The Park Solo Baru Mall juga hadir mengisi ragam wisata malam Solo Baru yang bisa anda sambani. Mall ini tidak hanya memberikan pengalaman one stop shopping bagi pengunjungnya dengan brand brand ternama yang mengisi gerai di Mall, namun juga anda bisa merasakan beberapa gerai makanan yang terkenal, hiburan, rekreasi, sekaligus fasilitas pendukung lainnya seperti hunian, pendidikan, hotel, area komersial, pusat perbelanjaan, dan juga kesehatan yang terintegrasi menjadi satu. The Park Solo Baru Mall berlokasi di Jalan Ir Soekarno, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dan cukup dekat dengan salah satu kampus ternama di Solo, yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS Solo). 

20. CAFÉ ROMANTIS DI SOLO

Wisata malam berikutnya bisa anda isi dengan mengunjungi tempat makan malam romantis di Solo berupa kafe kafe bertema unik dan menarik yang ada di sekitar Kota Solo. Ada banyak sekali café romantic yang bisa anda pilih bersama pasangan untuk menghabiskan malam hari bersama. Sebut saja, AM PM Café, Beer Garden, EATernity, O Solo Mia Galleria & Ristorante, serta masih banyak lagi. Masing masing kafe tersebut mempunyai konsep yang berbeda satu dengan yang lainnya dan bisa anda pilih sesuai dengan konsep yang anda pilih lebih nyaman untuk dinner istimewa bersama pasangan. Soal harga, kesemua kafe di Solo tidak mematok harga yang terlalu mahal. Semuanya masih dalam batas wajar dan standar harga kafe kafe di kota besar sehingga anda tidak usah khawatir. 

Cukup banyak bukan tempat wisata malam di Solo yang menarik untuk dikunjungi? Apakah anda sudah menentukan tempat mana yang akan dikunjungi terlebih dulu malam ini? Mengingat Solo merupakan sebuah kota dengan wilayah yang tidak terlalu luas, tentunya tempat wisata satu dengan yang lainnya letaknya juga tidak terlalu berjauhan. Meskipun begitu, anda tetap harus waspada karena di malam minggu dan jam jam tertentu, lalu lintas di Kota Solo sangat padat dan macet dimana mana. Tentunya anda harus punya perencanaan yang matang saat ingin mengunjungi destinasi wisata Solo agar waktu anda tidak terbuang sia sia terkena macet di jalan. 

Baiklah, mungkin sekian dulu informasi yang dapat kami sampaikan. Terimakasih sudah mampir membaca artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel