Wisata Pantai Wedi Awu Kabupaten Malang

wewerehere.id - Kota Malang merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak destinasi wisata paling populer di Jawa Timur. Sebagai kota  tujuan pariwisata pemerintah Malang sangat antusias untuk membangun sarana dan prasarana penunjang industri kepariwisataan yang ada di Malang. Beragam cara telah di lakukan oleh pemerintah Malang demi kenyamanan wisatawan yang datang  ke Malang. Apabila anda berkunjung ke kota Malang, anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata untuk dikunjungi. Karena mulai dari destinasi wisata edukasif, wisata alam, wisata religi, semua tersedia dikota Malang. Salah satu destinasi wisata yang cukup populer adalah wisata pantai Wedi Awu  kabupaten Malang atau biasa juga disebut pantai Balerejo adalah salah satu pantai dengan pemandangan mempesona yang wajib anda kunjungi jika anda berkunjung ke Malang.

Lokasi pantai Wedi Awu di Malang

Pantai Wedi Awu  berlokasi di Dusun Balerejo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 74 KM dari pusat kota Malang. Waktu yang ditempuh adalah kurang lebih 2,5-3 jam perjalanan. Jalan menuju pantai Wedi Awu Malang lumayan baik akan tetapi agak sempit. Sehingga lebih baik anda menaiki kendaraan roda dua. Pantai ini lokasinya bersebelahan dengan Pantai Lenggoksono. Kedua pantai ini hanya dipisahkan oleh Bukit Tumpak Wi. Namun untuk menuju ke Pantai Wedi Awu  dari Pantai Lenggoksono membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan mengunakan kendaraan. Anda tidak perlu khawatir melalui medan yang terjal karena jalan untuk mencapai pantai ini sudah cukup bagus.

Rute Pantai Wedi Awu 

Untuk mencapai pantai Wedi Awu  ini ada beberapa rute. Perlu anda ketahui bahwa jalan menuju ke Pantai Wedi Awu ini cukup berliku-liku tajam, sehingga sangat penting untuk mengecek performa kendaraan sebelum berangkat dan pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima Rute ke pantai Wedi Awu yang paling sering dilalui wisatawan adalah dari Malang kota menuju ke Gadang, kemudian ke arah Bululawang, selanjutnya anda dapat mengambil arah ke Turen, Lanjut terus sampai ke Dampit, hingga akhirnya sampai di Tirtoyudo. Di tirtoyudo ini ada pertigaan, ambil belokan ke arah ke Desa Purwodadi, lalu anda tinggal mengikuti petunjuk sampai ke dusun Balerejo. Atau bisa juga dari Dampit anda akan menemukan percabangan jalan, silahkan Anda ambil jalan belok kanan dan tidak jauh dari daerah situ anda akan menemukan petunjuk-petunjuk jalan menuju pantai sipelot dan menuju Pantai Wedi Awu. Apabila anda masih kesulitan mencari akses jalan ke pantai Wedi Awu, Anda dapat bertanya terlebih dahulu ke penduduk sekitar. Lokasi ini dapat dengan mudah anda temukan di aplikasi Maps pada gawai anda, atau melalui gps di kendaraan anda.

Daya tarik Pantai Wedi Awu 

Nama Pantai Wedi Awu  ini memang masih terdengar asing di telinga para wisatawan. Akan tetapi informasi mengenai keberadaan Pantai ini menyebar dengan sangat cepat melalui foto pantai Wedi Awu Malang jawa timur yang diupload oleh para wisatawan ke internet. Pantai Wedi Awu selalu mampu memikat para pengunjung dan membuat wisatawan enggan untuk beranjak dari Pantai tersebut. Pantai yang masih natural, tidak terlalu dipadati pengunjung, bahkan bisa dibilang masih sepi ini dapat menjadi pilihan anda untuk menenangkan diri, melepas penat setelah menjalani rutinitas. Pasir yang ada di pantai ini berwarna keabuan cenderung hitam. Mungkin itulah yang menjadikan pantai ini dinamakan Pantai Wedi Awu. Awu dalam bahasa jawa berarti abu, dan Wedi memiliki arti pasir. Meskipun tergolong sebagai pantai yang cukup sepi, akan tetapi di pantai ini sudah terdapat banyak warung yang menjual aneka makanan juga minuman sehingga anda tidak perlu khawatir jika anda dan keluarga tiba-tiba merasa lapar ketika sedang menikmati suasana pantai.

Gambar pantai Wedi Awu  dapat dengan mudah ditemukan di internet sehingga membuat banyak orang penasaran datang untuk  membuktikan keindahan Pantai Wedi Awu. Pesona Pantai Wedi Awu  yang eksotis dan alami membuat pantai ini mulai  populer. Pemandangan cukup unik yang disajikan pantai Wedi Awu ini adalah bentuk pantai yang cekung. Selain itu terdapat dua karang tinggi yang kokoh menjulang di samping kanan dan sisi kiri pantai yang menambah keelokan pantai ini.

Apabila anda datang pada pagi hari, anda akan di suguhkan pemandangan yang menawan dengan matahari yang masih mengintip dari ufuk timur. Pemandangan perahu nelayan yang terlihat amat kecil dari pantai berpadu dengan deburan ombak yang gemulai menghantam batu karang, memberikan sensasi unik pada para pengunjung. Gelombang ombak di Pantai Wedi Awu dapat mencapai ketinggian 3 meter, oleh karena itu banyak surfers atau penggemar selancar air yang datang ke tempat ini untuk berselancar menaiki ombaknya. Namun apabila Anda merupakan peselancar pemula, maka Anda lebih disarankan untuk surfing atau berselancar di pantai sebelah saja, atau lebih dikenal dengan nama Pantai Lenggoksono. Dibandingkan Pantai Wedi Awu lenggoksono memiliki permukaan berupa pasir yang tentu saja relatif lebih aman digunakan berselancar daripada Pantai Wedi Awu yang permukaannya adalah berupa batu karang, yang lebih berisiko bagi pelancar pemula dibandingkan Pantai Lenggoksono. Selain berselancar, banyak aktivitas yang dilakukan pengunjung pantai, seperti menikmati permainan antara lain bermain volly, sepak bola, bermain sepak takraw maupun sekadar membuat bangunan dari pasir.

Jika anda datang pada malam hari dan ingin bermalam untuk menikmati suasana malam di pantai Wedi Awu dampit, anda dapat melakukan caping di tempat yang telah disediakan. Hamparan pasir pantai yang luas memungkinkan Anda untuk menyalakan api unggun sembari bercengkerama dengan teman, atau sekedar untuk membakar makanan ringan seperti jagung bakar dan sosis. Akan tetapi anda harus berhati hati karena masih banyak hewan buas yang tinggal di pantai yang masih asri ini seperti ular, kalajengking, dan lain sebagainya. Pastikan untuk memeriksa kondisi sekeliling anda terlebih dahulu jika hendak berkegiatan malam di Pantai Wedi Awu.

Selain keindahan alamnya, yang membuat pengunjung nyaman berada di tempat ini adalah kebersihannya. Oleh karena itu para wisatawan yang datang diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan pantai.

Tarif masuk Pantai Wedi Awu 

Salah satu alasan kenapa banyak wisatawan yang tertarik datang ke tempat ini adalah karena tiket masuk pantai Wedi Awu Malang Selatan ini cukup terjangkau hanya Rp.5000,- saja anda sudah bisa menikmati pantai ini. Jika anda membawa kendaraan pribadi makan anda dapat memarkirkan kendaraan anda diluar pantai dengan tarif parkir Rp.5000,- untuk motor dan Rp.10.000,- untuk mobil.

Selain berkunjung ke Pantai Wedi Awu , Anda bisa mampir ke beberapa pantai lainnya yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Tirtoyudo, diantaranya seperti Pantai Lenggoksono, Pantai Bolu-Bolu,  Pantai Wedi Putih, Pantai Pakisan, juga Pantai Banyu Anjlok. Jangan takut bosan karena setiap pantai ini memiliki keunikannya sendiri. Untuk informasi mengenai pantai lainnya anda dapat berkunjung web kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel