Keistimewahan Danau Batur Yang Wajib Dinikmati

wewerehere.id - Danau Batur adalah sebuah danau eksotis yang terletak di Kintamani, Bali. Nama “Batur” merujuk pada nama sebuah gunung yang ada di dekat danau ini, Gunung Batur namanya. Letak Danau Batur Kintamani berada di lereng Gunung Batur. Dan hal ini lah yang melatar-belakangi nama Danau di Kintamani ini. Danau Batur terletak di area tinggi, yaitu 1.050 mdpl dengan luas 16 km persegi dan kedalaman rata rata 50,8 km.

Sesampainya di Danau Batur Kintamani, para traveler akan disuguhkan dengan pemandangan danau seluas 16 kilometer persegi ini. Danau ini dulunya tercipta dari dampak letusan Gunung Batur yang terjadi ribuan tahun lalu. Danau Batur ini pun dikenal sebagai danau terbesar yang ada di Pulau Bali. Selain mempunyai kedalaman hingga 65 meter, danau ini juga punya bentuk yang unik lho. Jika dipotret dari udara via drone, akan nampak kalau danau ini memiliki bentuk mirip bulan sabit.


Eksotisme Danau Batur, Kintamani

Di bali terdapat 4 buah danau yang masing masing mempunyai keunikan sendiri. Danau danau tersebut antara lain Danau Tamblingan, Danau Buyan, Danau Beratan Bedugul, dan yang terakhir adalah danau yang akan kita ulas yaitu Danau Batur.

Air danau sebagian besar berasal dari air hujan yang tersaring melalui gunung, dan rembesan itu lah yang pada akhirnya memenuhi danau eksotis ini. Karena keunikan tempatnya, UNESCO menetapkan tempat ini sebagai Taman Bumi (Global Geopark Network), sangat membanggakan bukan?

Danau ini difungsikan murni sebagai wahana wisata, bukan sebagai irigasi atau untuk pemenuhan kebutuhan lainnya. Karena letaknya yang berada di ketinggian dan di kelilingi pepohonan yang sangat rimbun membuat suasana di danau ini sangat dingin. Suhu rata rata di danau ini yaitu 22 derajat s/d 26 derajat celcius.

Air danau yang tenang dan berwarna biru kehijau hijauan membuat wisatawan yang berdiri di pinggiran danau merasa tenang dan damai. Tak heran jika banyak wisatawan yang betah berada di tempat ini dan mereka memilih untuk berlama lama menikmati sajian panorama yang ada.

Selain melihat sejuta pesona danau, wisatawan yang datang di tempat wisata di bali yang satu ini juga berkesempatan untuk berlayar ke tengah danau menggunakan perahu yang disediakan oleh pihak pengelola wisata tersebut. Seperti hal nya di Danau Beratan Bedugul, wisatawan yang berkunjung ke wisata ini selain dapat berlayar juga dapat memancing ikan dan perlengkapan pancing pun sudah tersedia disana. Jasa sewa perahu kecil dan jasa sewa perlengkapan pancing relatif murah.

Jika ingin melihat keindahan Danau Batur Kintamani secara keseluruhan, anda dapat pergi ke desa Penelokan. Desa ini berada di dataran yang lebih tinggi dari pada Danau Batur Kintamani, sehingga pemandangan danau yang sangat elok dan Gunung Batur yang berdiri kokoh dapat dilihat secara jelas dengan pandangan yang menyeluruh.

Jika dilihat dari ketinggian, Danau Batur memiliki bentuk seperti bulan sabit. Selain menyediakan view danau yang bagus, di desa ini juga menyediakan hotel dan restaurant. Hal ini ditujukan kepada wisatawan yang ingin melihat keindahan danau sambil bersantai menikmati hidangan khas Bali.

Tiket Masuk Danau Batur Kintamani

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini hanya sekedar untuk memanjakan mata, maka anda hanya perlu membayar tiket masuk saja tanpa membayar biaya lain lain. Namun jika anda menginginkan fasilitas atau wahana lebih, maka anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Tiket masuk Danau  Batur: Rp. 15.000 / Orang. 

Ketika anda sedang berada di Bali dan ingin mengunjungi tempat ini tapi tidak ada kendaraan, jangan khawatir, banyak rental mobil yang siap membantu anda. Apabila anda tidak ingin ribet, anda dapat menggunakan jasa Travel, harganya pun sangat terjangkau untuk wisatawan domestik.

Lokasi Danau Batur

Danau Batur terletak di Provinsi Bali, tepatnya berada di Kec. Kintamani, Desa Penelokan Utara. Apabila berangkat dari Denpasar, jarak yang ditempuh kurang lebih 64 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Namun apabila berangkat dari Singaraja, jarak yang ditempuh kurang lebih 58 km atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Rute menuju lokasi danau cukup berkelok kelok, seperti pada jalur pegunungan pada umumnya. Selain itu, jalur ini juga selalu dipenuhi oleh pengendara bermotor sehingga sangat ramai, terutama pada musim liburan.

Tempat Menarik Didekat Danau Batur

1. Kedisan Resort & Resto Apung
Datang ke Kedisan Resort & Resto Apung bukan berarti Anda harus menginap. Inilah tempat terbaik melihat matahari terbit menyinari Danau Batur dan sekitarnya.  Berada persis di pinggir Danau Batur, Anda akan terhipnosis kecantikan sunrise dari tempat ini. Sambil menyerap sinar matahari pagi, wisatawan bisa mencicipi sarapan seperti pancake pisang dan nasi goreng di Resto Apung.

2. Dermaga Kedisan
Inilah dermaga utama bagi nelayan dan wisatawan di Danau Batur. Sebelum menyewa jukung (perahu) untuk berkeliling danau, Anda bisa menikmati Gunung Batur dari kejauhan.  Kaldera Gunung Batur masuk dalam Global Geopark Network (GGN) UNESCO. Panorama dari Dermaga Kedisan sungguh spektakuler!

3. Desa Panglipuran
Anda pasti pernah menonton FTV di salah satu stasiun televisi swasta, bukan? Inilah salah satu tempat syuting favoritnya. Panglipuran adalah desa wisata tanpa kendaraan bermotor. Sangat teratur dan luar biasa bersih.  Meski menjadi desa wisata, tak dikenakan biaya sepeser pun untuk bisa masuk desa ini. Tersedia lahan parkir untuk kendaraan baik motor maupun mobil. Panorama desa ini menurun, dengan rumah-rumah setipe berderet di kanan-kiri. Cantik!

4. Kuburan Trunyan
Banyak traveler bilang, inilah kuburan paling ngeri se-Indonesia. Betapa tidak, tak ada jenazah yang dikubur di Kuburan Trunyan. Tengkorak berserakan di banyak tempat!  Tradisi pemakaman di Desa Trunyan berbeda dengan tradisi 'ngaben' yang umum dilakukan di Bali. Berada di sisi timur Danau Batur, kuburan ini terpusat pada satu pohon yakni Taru Menyan yang konon menghilangkan bau busuk.

5. Pura Ulun Danu Batur
Salah satu tempat unik di Kabupaten Bangli adalah Pura Ulun Danu Batur. Inilah pura terbesar kedua di Bali setelah Besakih, dan punya kelenteng di dalamnya! Meski kelentengnya terletak di dalam komplek, Pura Ulun Danu Batur selalu ramai dikunjungi wisatawan saat Imlek. Berada di puncak bukit, panorama dari pura ini juga sangat pas diabadikan dalam kamera.

Itulah pembahasan mengenai Keistimewahan DANAU BATUR Yang Wajib Dinikmati. Semoga bermanfaat ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel