Panorama Danau Embung Nglanggeran Yang Ciamik

wewerehere.id - Embung Nglanggeran adalah danau buatan yang dirancang khusus untuk mengairi sistem kebun buah di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Dikarenakan tempatnya yang strategis dan pemandangan sekitarnya yang ciamik, Waduk Nglanggeran juga dijadikan sebagai tempat wisata yang bisa menarik perhatian masyarakat Jogja dan luar Jogja. Waduk Nglanggeran diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 19 Februari 2013. Meskipun relatif baru, kombinasi udara sejuk dan pesona gunung berapi purba yang membentang luar biasa membuatnya cepat mendapat respons positif dari masyarakat.

Untuk mencapai Embung Nglanggeran, Anda harus menaiki puluhan tangga yang berliku, tetapi kelelahan akan terbayar ketika Anda tiba di puncak. di sana, mata para pengunjung akan disuguhi danau buatan yang indah yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau dan angin sepoi-sepoi yang menyegarkan pikiran dan dimanjakan dengan pemandangan bebatuan raksasa di Gunung Api Purba Nglanggeran. Jika pengunjung merasa lelah, mereka bisa bersantai di gazebo yang disediakan.


Lokasi dan Rute

Waduk Nglanggeran terletak di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Dusun Gunung Kidul. Tempat ini berjarak 2 km dari markas Gunung Api Nglanggeran Purba. Jika pengunjung ingin mengunjungi tempat ini, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Atau Anda juga bisa menyewa mobil atau motor karena angkutan umum tidak melayani rute ke Embung Nglanggeran.

Bagi pengunjung yang tinggal di Sleman dan Jogja, mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk tiba di tempat ini. Anda harus melewati Jalan Jogja - Wonosari hingga tiba di Indomaret Piyungan yang terletak sebelum naik ke gunung dan sebelum melewati Bukit Bintang. Dari Indomaret Piyungan, dibutuhkan sekitar 25 menit untuk tiba di Embung Nglanggeran. Jangan khawatir tersesat ketika ingin pergi ke tempat ini, karena sepanjang jalan menuju Embung memiliki arah yang jelas.

Ada apa di tempat ini?

Selain dimanjakan dengan keindahan Embung yang cukup luas, dikelilingi oleh pemandangan Gunung Api Purba yang bisa dilihat dengan jelas. Embung Nglanggeran menyediakan berbagai fasilitas yang cukup baik bagi pengunjung, berikut penjelasannya:

1. Tangga sebagai akses ke Embung diatur dengan rapi dan cukup aman sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang keselamatan Anda. Selain itu, langkah-langkah yang digunakan sebagai satu-satunya akses ke embung telah dirancang sedemikian rupa sehingga aman bagi pengunjung.

2. Anda dapat dengan mudah memarkir kendaraan karena ketersediaan tempat parkir yang luas dan tertata rapi.

3. Tempat penampungan ini juga menyediakan ruang sholat yang bersih dan nyaman untuk digunakan sebagai tempat ibadah.

4. Pengunjung dapat menggunakan kamar mandi yang bersih dan mudah dijangkau

5. Jika Anda merasa lapar, silakan mencicipi makanan yang tersedia di warung dan restoran yang terletak tidak jauh dari Embung.

6. Jika merasa lelah, Anda bisa beristirahat di paviliun yang cukup luas dan nyaman.


Tiket ke Embung Nglanggeran dan Exotic Landscape

Untuk memasuki danau embung, Anda hanya dikenakan biaya masuk sebesar 3000 rupiah. Tiket masuk untuk Embung Nglanggeran di Gunung Purba, yang hanya Rp. 3.000, sangat murah untuk bisa menikmati keindahan Embung Nglanggeran.

Sejarah keberadaan Embung Nglanggeran berasal dari komunitas Jawa. Embung adalah kata yang digunakan oleh orang Jawa untuk menyebut danau buatan. Nglanggeran adalah nama daerah tempat embung ini berada.

Untuk sejarah keberadaan Bukit Nglanggeran itu sendiri, konon Nglanggeran adalah tempat untuk menghukum penduduk desa yang ceroboh karena menghancurkan boneka. Asal kata "Nglanggeran" adalah nglanggar dalam bahasa Jawa, yang ditafsirkan dalam bahasa Indonesia berarti melanggar.

Ratusan tahun yang lalu, penduduk desa di sekitar daerah ini mengundang seorang dalang. Dalang diundang untuk mengadakan perayaan panen. Tetapi penduduk desa tidak berhati-hati, mereka mencoba untuk menghancurkan boneka-boneka dari boneka yang mereka undang. Dalang marah dan marah, dia mengutuk penduduk desa ke dalam sosok boneka dan melemparkan mereka ke Bukit Nglanggeran.

Banyak wisatawan yang tertarik melakukan perjalanan ke kanan ini karena lokasinya yang unik dan pemandangan yang menakjubkan. Lokasi embung itu sendiri dulunya adalah bukit yang kemudian dipotong dan dibuat kolam buatan.

Untuk mencapai lokasi Embung Nglanggeran Anda harus menaiki puluhan tangga berliku. Meski lelah, tetapi kelelahan akan terbayarkan seketika saat dia mencapai puncak. Mata Anda akan disuguhi pemandangan danau buatan yang benar-benar indah. Anda bisa mendapatkan selfie di tempat ini dengan menggunakan latar kolam danau yang jernih.

Selain itu, mata Anda juga akan terhipnotis dengan pemandangan gugusan batu raksasa yang membentuk Gunung Nglanggeran. Di sisi lain Anda juga bisa melihat lembah hijau sampai mata bisa melihat. Jika Anda lelah mengelilingi daerah embung dan selfie, jangan khawatir. Ada banyak gazebo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Nah waktu terbaik bagi Anda untuk bepergian ke Waduk Nglanggeran adalah pada sore hari.

Matahari yang panas pada waktu sore hari begitu indah disertai dengan pemandangan senja yang menawan. Dianjurkan untuk datang ke tur di sore dan pagi hari, karena Embung Nglanggeran pada malam hari tidak begitu baik. Datanglah pada sore atau pagi hari sehingga pemandangan di sekitar kolam terlihat jelas.

Tentu saja, sebagai pengunjung, Anda harus selalu menjaga kebersihan agar pariwisata tetap indah dan tidak terkontaminasi sampah. Mungkin setelah Anda menikmati sore di Emblung Nglanggeran, Anda harus menikmati keindahan malam dan melihat cahaya seperti ribuan lampu yang bersinar, yaitu di Bukit Bintang.

Tips Menyenangkan Bepergian ke Embung Nglanggeran

Waduk Nglanggeran adalah salah satu objek wisata yang memiliki banyak tempat indah untuk berfoto. Lebih baik bagi pengunjung untuk memperhatikan poin-poin berikut sebelum memutuskan untuk berlibur di tempat ini:

1. Cuaca
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah cuaca. Lebih baik mengunjungi tempat wisata ini ketika cuaca cerah dan mendukung karena liburan Anda akan terganggu ketika hujan turun di sekitar Embung.

2. Waktu
Jika Anda seorang penggemar foto, pilih waktu yang tepat agar foto Anda menjadi lebih sempurna. Waktu yang tepat untuk mengambil foto di tempat ini tepat sebelum matahari terbenam karena matahari dan warna langit akan terlihat sangat indah.

3. Kendaraan
Cuaca dan waktu yang tepat tidak cukup untuk menjadi liburan Anda ke Embung Nglanggeran. Pastikan keadaan kendaraan pribadi Anda cukup prima untuk dapat menaklukkan medan yang curam. Ingat, pengunjung selalu diharapkan berhati-hati karena kondisi jalan yang berliku.

Itulah pembahasan mengenai Panorama DANAU EMBUNG NGLANGGERAN Yang Ciamik. Semoga bermanfaat ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel