Mengulik Peninggalan Bersejarah di Hotel Majapahit Surabaya, Sudah Tahu?

wewerehere.id - Liburan ke kota Surabaya jangan lupa untuk mampir ke tempat – tempat bersejarah yang ada di kota tersebut. Salah satu yang paling kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi adalah Hotel Majapahit. Kenapa demikian? Ini merupakan salah satu hotel paling bersejarah di Surabaya, bahkan menjadi sejarah arek – arek Suroboyo merobek bendera Belanda di tahun 1945 silam. 

Bahkan saking bersejarahnya, hotel yang didirikan oleh Lukas Martin Sarkies tersebut sampai sekarang ditetapkan sebagai cagar budaya. Nah, pada kesempatan yang baik kali ini kami akan mencoba mengulik peninggalan bersejarah yang dulunya bernama Oranje Hotel di tahun 1910 ini. Penasaran? Langsung saja di simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Mengulik Peninggalan Bersejarah di Hotel Majapahit Surabaya

1. Ya, seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa Hotel Majapahit ini menjadi saksi bisu perobekan bendara Belanda menjadi bendara Indonesia di waktu itu. Sehingga tidak diherankan bahkan sampai sekarang Hotel Majapahit masih dirawat dengan sangat baik. 

2. Dulu masyarakat Surabaya merangsek untuk bisa naik hingga ke atas sehingga bisa merobek bendara milik negara Belanda tersebut. Yang demikian ini dilakukan pasca gagalnya perundingan antara Sudirman dengan W. V. Ch Ploegman mengenai penurunan bendara Belanda menjadi bendara Indonesia. Sebab di tahun 1945 tersebut negara Indonesia mendapatkan kemenangannya. 

3. Selama ini banyak sekali orang yang mengira bahwa peristiwa perobekan bendara Belanda ini terjadi pada tanggal 10 November 1945. Tetapi ternyata hal tersebut salah, yang benar adalah tanggal 19 September 1945. 

4. Sebab ada banyaknya masyarakat Surabaya yang merangsek, sehingga yang demikian tersebut membuat para sekutu Belanda kabur melarikan diri lewat pintu belakang. Dimana pintu belakang tersebut tembus ke rumah – rumah warga. 

5. Tempat yang jadi saksi bisu dari kejadian perobekan bendara Belanda dan kamar yang digunakan untuk perundingan bahkan sampai sekarang tidak pernah direnovasi sedikit pun. Luar biasanya, tempat tersebut tetap gagah dan kokoh sampai sekarang.

6. Tetapi demikian, spot – spot lainnya yang ada di Hotel Majapahit ini telah mendapat renovasi sesuai kebutuhan. Asri merupakan salah satu ciri khas dari hotel bersejarah yang ada di kota Surabaya ini. 

7. Di Hotel Majapahit ternyata ada banyak banget pernak – pernik yang juga dikenal cukup bersejarah sekali. Dimana pernak – pernik tersebut mengingatkan kita semua pada perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah. 

8. Menariknya, detail ornamen geometris yang ada di hotel sejarah di kota Surabaya ini ternyata begitu menonjol sekali. Bahkan autentik banget. 

9. Hotel Majapahit juga dikenal sebagai hotel warisan bangsa yang akan selalu dijaga keberadaannya. Terlihat begitu eksotis, serasa berasal di jaman kolonial. 

10. Memang tidak ada yang direnovasi, semua bangunan autentik sama seperti jaman dulu. Hanya saja, aksesoris seperti kursi atau pun sofa diganti juga disesuaikan. 

11. Sebab dilakukan perawatan yang terbaik dan secara khusus untuk Hotel Majapahit, sehingga interior di dalam bangunan tersebut terus terjaga keasliannya sampai saat ini.

12. Selain itu, dikarenakan juga dipakai untuk room tour sehari – hari, sehingga kamar ini jadi pilihan terakhir untuk disewakan.

13. Dipadukan dengan berbagai produk lokal, sehingga membuat Anda bisa menikmati snack spesial yang hanya akan Anda temukan di hotel bersejarah di kota Surabaya. Harganya terjangkau sekali kok, mulai dari Rp 40 ribu rupiah saja.

Nah, itulah tadi beberapa informasi tentang peninggalan bersejarah di Hotel Majapahit Surabaya yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel