Keindahan Wisata di Tulungagung Ini Tampak Asri, Wajib Dicoba Kunjungi

wewerehere.id - Pernahkah Anda bingung saat musim liburan datang, keluarga mau diajak jalan-jalan kemana? Kalau hanya berdiam diri di rumah, tentu kurang asyik. Nah, sebagai pilihan yang tepat dan jika dirasa budget tidak jadi masalah, ada baiknya Anda mengajak keluarga besar untuk jalan-jalan. Sekedar melepas penat dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik dan pastinya menambah kenangan dan pengalaman berharga untuk keluarga tercinta.

Salah satu tempat yang bisa menjadi pilihan liburan adalah kota Tulungagung. Ya, kota dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak ini semakin lama mengalami kemajuan yang signifikan. Baik dari sarana prasarana maupun pariwisata. Seperti sumber pendapatan yang memanfaatkan sumber daya alam yaitu marmer,  diambil dari Gunung kapur di sebelah selatan Tulungagung. Warga menyulapnya menjadi berbagai macam jenis perabotan rumah yang diekspor ke luar negeri.


Selain itu, Tulungagung juga punya tempat wisata yang banyak jenisnya. Mulai dari pantai, gua,  pegunungan, waduk dan lain-lain. Menjadikan kota ini memiliki destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan untuk tidak dikunjungi. Berikut beberapa wisata di Tulungagung yang bisa menjadi pilihan untuk Anda:

1. Gunung Budheg
Gunung Budheg atau juga dikenal dengan nama gunung Cikrak memiliki ketinggian sekitar 585 meter di atas laut. Terletak di desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung.

Gunung ini sangat direkomendasikan untuk para pendaki pemula karena tingkat curam dan ketinggiannya tidak terlalu tinggi. Sensasi naik puncak gunung akan Anda dapatkan disini, walau pun lelah dan penat akan tetapi terbayar lunas setelah sampai di atas. Dimana Anda bisa mendirikan tenda perkemahan dan juga menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam disini.

2. Pantai Popoh
Siapa yang tidak mengenal pantai Popoh, pantai dengan gulungan ombak tinggi dan juga letaknya bisa dibilang memiliki keindahan yang menawan. Bagaimana tidak, tebing hijau yang menghiasi sisi pantai dan keindahan alam lainnya turut memikat Wisatawan. Pantai Popoh dibagi menjadi dua, satu bagian timur dengan ombak besar, dan satu di bagian barat dengan ombak kecil dan struktur pantai dengan pasir yang landai, biasanya dimanfaatkan oleh warga untuk mencari ikan (nelayan), perahu-perahu wisata.

Biasanya untuk dapat menikmati rasanya naik perahu wisata disini Anda cukup mengeluarkan uang Rp10.000,- saja per orang. Murah bukan? 

3.Pantai Ngalur
Salah satu pantai yang memiliki jenis pasir putih yang menarik, air laut jernih dan suasana alam masih sangat asri. Cocok untuk Anda yang menyukai wisata dengan kondisi tenang. Disini Anda bisa mendirikan basecamp untuk menginap di malam hari. Untuk menuju pantai Ngalur, Anda akan melewati akses jalan yang tidak mudah. Namun semua akan dibayar tuntas setelah sampai disini. 

Keindahan alam yang masih segar dan juga sensasi  sejuk semilir angin pantai menambah suasana ketenangan menjadi menyenangkan.

4. Gua Pasir
Gua yang berlokasi di Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol, Jawa Timur. Keunikan yang disajikan gua ini begitu menarik, ukuran mulut gua dengan lubang 430 cm menghadap timur laut, dengan lebar 190 cm, kedalaman ceruk gua 150 cm. Dulu gua ini sering dijadikan sebagai tempat bertapa. Terdapat banyak relief, arca dan patung peninggalan Dwarapala dinasti Majapahit.

Disini Anda pun akan menemukan makam kuno yang diberi nama makam Mbah Bodho, dimana makam ini dikelilingi umpak, arca, miniatur bangunan, batu kuno yang sudah tidak utuh dan padma.

Demikianlah artikel kami tentang beberapa jenis wisata di Tulungagung yang menjadi alternatif untuk liburan Anda bersama orang tercinta. Semoga bermanfaat dan liburannya menyenangkan. 

Jangan lupa coba kunjungi ya! So, Anda akan merasakan pengalaman baru yang mendamaikan jiwa dan menyenangkan tentunya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel