Mengenal Alam dan Lingkungan di Wisata Wonosobo

wewerehere.id Wisata Wonosobo, pernahkah Anda bertandang kesana? Kota ini terletak di tengah pulau Jawa, selain Magelang dan Borobudur, biasanya pengunjung juga akan mampir ke Wonosobo. Kira-kira apa saja yang bisa kita jumpai di kota ini, apalagi untuk wisatanya. Dimana lokasi yang bisa kita kunjungi? Berikut referensinya:


Tempat Wisata Wonosobo

1. Waduk Wadaslintang
Waduk ini berada di daerah Wonosobo bagian selatan, yaitu kecamatan Wadaslintang, Wonosobo. Waduk ini cukup unik, sebab letaknya yang berada diantara Kabupaten Kebumen dan Wonosobo menjadikan Anda bisa melintas antar kabupaten dalam satu kali wisata. Waduk Wadaslintang memiliki pemandangan yang sangat indah, perbukitan hijau dan waduk yang luas menjadikan tempat ini wisata yang menenangkan untuk dikunjungi.

2. Lubang Sewu
Salah satu wisata di Wonosobo yang disebut-sebut mirip dengan Green Canyon di Amerika, sebab bebatuan yang tersusun sangat mirip. Tepatnya di desa Ererojo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo. Jika kesini sebaiknya di waktu musim kemarau, karena saat musim hujan Lubang Sewu akan tergenang air. 

3. Dieng
Wisata alam dengan ciri khas adat dan budaya yang masih kental, serta keindahan alam yang menarik menjadikan sukses memikat wisatawan kesini. Biaya untuk masuk pun cukup terjangkau. Keasrian yang masih terjaga serta pengaruh budaya yang dibilang kuat menjadikan tempat ini semakin berkesan.

4. Alun-alun Wonosobo
Nah, ternyata bukan hanya Dieng saja yang menjadi destinasi wisata Wonosobo. Akan tetapi tidak ada salahnya Anda mengunjungi alun-alun kota, sebagai tempat istirahat setelah perjalanan jauh yang melelahkan. Anda juga akan menikmati berbagai macam jajanan khas Wonosobo seperti Batagor, Siomay, dan aneka jajanan kaki lima lainnya. 

Selain itu, suasana alun-alun yang asri dan indah menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang keren.

5. Wisata Alam Telaga Menjer Wonosobo
Selanjutnya adalah Wisata Telaga Menjer yang berada di kecamatan Garung, Wonosobo. Lokasinya berada di jalan Dieng. Selain menyajikan keindahan alam yang luar biasa, seperti pemandangan telaga yang masih asri dan segar, juga perbukitan dan gunung Sinduro berdiri kokoh disana. 

Menikmati suasana telaga dengan naik perahu yang asyik dan seru, cukup dengan merogoh kocek Rp15.000,- saja Anda sudah bisa berkeliling telaga.

6. Pemandian Air Panas (Kalianget dan Manggisan)
Manjakan diri Anda dengan berelaksasi di pemandian kolam Renang Kalianget. Letaknya tidak terlalu jauh dari alun-alun kota Wonosobo, sekitar 4 kilometer, yaitu di jalan Dieng desa Kalianget, Kecamatan Wonosobo. 

Selain menawarkan pemandian, tempat ini juga terdapat taman asri yang biasanya digunakan sebagai tempat istirahat dan area bermain. Selain Kalianget, ada juga pemandian air panas Manggisan yang letaknya tidak jauh dari Kalianget, yaitu di Desa Manggisan. Wonosobo terkenal dengan tempat yang dingin, jadi berendam di air hangat sangat cocok untuk Anda.

7. Curug Sikarim
Tidak jauh dari telaga Menjer ada juga wisata menarik lainnya yaitu Curug Sikarim, yang berada di desa Sembungan. Curug Sikarim yang merupakan air terjun di daerah ini memiliki ketinggian kurang lebih 24 meter. Sebaiknya sebelum pergi ke Curug  Anda harus menyiapkan stamina yang lebih, sebab akses menuju curug tidaklah mudah. Anda harus melewati pematang sawah juga lembah yang memiliki jalanan licin nan terjal.

Demikianlah beberapa jenis Wisata Wonosobo yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi akhir pekan atau musim liburan tiba bersama keluarga dan teman-teman. Liburan dengan mengenal wisata dalam negeri, akan menambah rasa cinta terhadap bangsa sendiri bukan? Ayoo, segera coba pengalaman bermakna ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel