Tips dan Trik Berburu Tiket Kereta Api Murah Untuk Mudik Lebaran

wewerehere.id - Libur lebaran akan hadir di tengah – tengah kita dalam kurun waktu yang tidak lama lagi. Lantas, bagaimana dengan kabar libur lebaran Anda? Sudahkah Anda punya rencana libur lebaran akan kemana? 

Banyak orang yang memanfaatkan jatah libur lebaran untuk mudik ke kampung halaman karena biasanya jatah libur lebaran lumayan panjang. Nah, untuk Anda yang berkenan mudik khususnya dengan menggunakan moda transportasi kereta api, baiknya Anda simak dulu nih beberapa tips dan triknya. 

Disini kami berikan tips dan trik berburu tiket kereta api murah untuk mudik lebaran. Dengan menjalankan tips dan trik ini, mendapatkan tiket kereta api murah yang nggak menguras kantong tidak mustahil Anda dapatkan. 


Tips dan Trik Berburu Tiket Kereta Api Lebaran


1. Perhatikan dulu rencana bepergian
Penjualan tiket kereta api yang diterapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) ada sejak H-90 atau 90 hari sebelum keberangkatan yang terjadwal. Sehingga Anda perlu perhatikan kapan waktu berangkat yang direncanakan. Upayakan jangan lebih dari 90 hari karena akan membuat tiketmu hangus. Jika memang Anda sudah tahu rencana mudik lebaran kapan, maka Anda bisa tahu kapan harus pesan tiket kereta api dan upayakan jangan sampai kehabisan. 

2. Siapkan data identitas Anda
Jika memang Anda ingin membeli tiket mudik secara kolektif untuk keluarga atau untuk rekan sejawat, baiknya Anda pastikan sudah memiliki semua identitas mereka seperti halnya nomor KTP dan juga sampai dengan nama lengkapnya. 

Upayakan Anda sempatkan waktu untuk memindahkan data identitas tersebut ke dalam note atau Microsoft word sehingga ketika pembelian tiket dilakukan, Anda tidak perlu repot mencari data identitas mereka. 

Cara yang juga lebih mudah yaitu jika Anda kebetulan suka pesan tiket dari salah satu platform online travel agent atau OTA, Anda bisa daftarkan data penumpang di platform yang ada tersebut. 

3. Pesan dini hari dan pastikan koneksi internet Anda stabil
Diketahui bahwa jadwal kereta diupdate oleh KAI setiap pukul 00.01 WIB setiap harinya. Sehingga pada waktu – waktu tersebut, Anda sudah bisa memesan kursi kereta api. Lebih baik juga, Anda pesan tiket di waktu dini hari karena di waktu tersebut kesempatan yang besar untuk mendapatkan kursi bisa Anda dapatkan. 

Selain itu, Anda juga perlu untuk memastikan koneksi internet demi kelancaran ketika melakukan pemesanan tiket untuk keperluan mudik lebaran. 

4. Manfaatkan pembayaran yang cepat
Mengenai kapan waktu pembayaran tiket sebenarnya sangat terbatas. Hanya sekitar 60 menit setelah pemesanan dilakukan. Karenanya, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan metode pembayaran cepat seperti dengan menggunakan kartu kredit atau menggunakan internet atau mobile banking seperti klikBCA atau menggunakan Virtual Account. Hal ini tentu sangat penting dilakukan demi kemudahan transaksi ketika tengah malam. 

5. Manfaatkan fitur daftar penumpang
Jika tiket dengan penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti Pegi – Pegi, Traveloka dan Tiket.com Anda gunakan, maka Anda akan temukan fitur yang bernama Daftar Penumpang. Dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa masukkan data – data penumpang lebih dulu sebelum waktu pemesanan dilakukan. 

6. Jangan hanya bergantung pada satu platform saja
Rumor yang beredar bahwa setiap platform resmi tentang penjualan tiket kereta online memiliki kuota. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan dengan baik dan hindari bergantung hanya pada satu platform saja. 

Walau kemudian Anda sudah setia hanya dengan satu platform pembelian tiket secara online, tak ada salahnya juga jika Anda mencoba platform online lain untuk mendapatkan tiket kereta mudik yang Anda inginkan untuk Anda kantongi. 

7. Simpanlah bukti pemesanan dan kode booking
Jika Anda berhasil dalam melakukan pemesanan dan sudah transfer, maka Anda akan dapatkan bukti pemesanan dengan kode booking yang telah dikirimkan via email. Karenanya simpan bukti pemesanan beserta kode booking tersebut yang nantinya akan Anda tukarkan dengan tiket utama di hari keberangkatan. 

Itulah tips dan trik berburu tiket kereta api murah untuk mudik lebaran yang Anda harus tahu. Pahami tips dan triknya dan terapkan. Jadikan mudik lebaran semakin indah dengan moda transportasi murah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel