Tips Memilih Tempat Duduk Mudik Untuk Anda yang Naik Kereta Ekonomi

wewerehere.id - Space kursi pada kereta ekonomi seperti yang kita selama ini tahu tentunya tidak seluas dan senyaman space kursi yang disediakan untuk kereta bisnis. Karena itu agar Anda bisa dapatkan kursi yang nyaman, sangat dianjurkan agar Anda tepat dan cermat dalam memilih tempat duduknya. 

Dengan cermat dalam memilih tempat duduk, mudik dengan moda transportasi kereta api bahkan dengan pemesanan kereta ekonomi tentu akan lebih nyaman dan menyenangkan. Sebagai tips untuk Anda, berikut informasi yang penting Anda tahu dan perlu Anda praktekkan sekarang juga!


Tips Memilih Tempat Duduk Mudik Untuk Kereta Ekonomi

1. Hindari memilih tempat duduk dekat dengan toilet dan bordes
Untuk Anda yang tidak mau diganggu dengan berbagai kemungkinan bau tidak sedap atau guncangan yang terlalu keras, ada baiknya untuk Anda hindari tempat duduk dekat toilet dan bordes. 

Bordes merupakan akses masuk menuju kabin utama yang juga dijadikan sebagai suatu akses untuk melintas sebagai jalur penyeberangan ketika kereta parkir di bagian peron stasiun. Kini di masing – masing bordes gerbong kereta api ekonomi AC terdapat juga sebuah kursi darurat dimana kursi darurat tersebut hanya dikhususkan bagi petugas yang sedang bekerja. 

2. Pilih tempat duduk di dekat jendela
Jika kemudian Anda bepergian di siang hari baiknya pilih tempat duduk kereta api yang dekat dengan jendela. Pilih juga tempat duduk dengan nomor baris A atau nomor baris D untuk mendapatkan tempat duduk yang dekat dengan jendela. 

Mengenai pemandangannya, sepanjang perjalanan akan Anda temukan pemandangan kereta api ibarat Anda menyaksikan kondisi Indonesia saat ini. Anda akan menyaksikan perkampungan, pemandangan sawah, sungai – sungai yang mengular dari atas ketinggian ketika kereta melintasi jembatan sampai dengan pemukiman sepanjang rel kereta api di beberapa titiknya. 

3. Pilih tempat duduk yang dekat dengan lorong
Jika kemudian Anda suka buang air kecil atau harus selalu pergi ke kamar mandi karena suatu sebab tertentu, maka ada baiknya untuk Anda memilih tempat duduk yang dekat dengan lorong. Pilih saja tempat duduk dengan nomor baris B atau nomor baris C untuk bisa mendapatkan tempat duduk dekat dengan lorong. 

Selain Anda dapat lebih leluasa ke kamar mandi, Anda juga bisa lebih leluasa untuk mendapatkan tempat duduk yang lebih luas karena Anda tak akan pernah terbentur oleh dinding gerbong kereta seperti ketika berada di  tempat duduk yang dekat dengan area jendela. 

4. Tempat duduk nomor ini harus Anda hindari
Untuk tempat duduk yang warnanya biru tua, tempat duduk tersebut sebenarnya merupakan tempat duduk prioritas. Tempat duduk tersebut ada baiknya dikhususkan bagi orang yang memang butuh akses ke bordes lebih cepat. Tempat duduk tersebut merupakan tempat duduk nomor 1 – 4 untuk baris ABCD dan juga tempat duduk nomor 19 – 22 untuk baris ABCD. 

5. Pilih tempat duduk kereta ini untuk rombongan atau keluarga
Karena posisi tempat duduk kereta api ekonomi AC tak dapat diputar – putar mengikuti kepala kereta, maka semua posisi kursi akan membelakangi bordes dan toilet. Titik temunya adalah berada di angka nomor 11 dan 12. 

Sehingga tempat duduk nomor 11 dan nomor 12 pastinya akan selalu saling berhadapan. Agar lebih nyaman dan tidak duduk terpisah, pilih kursi yang berhadapan bagi Anda yang liburan bersama keluarga atau rombongan. 

6. Pilih tempat duduk terbaik untuk menghindari adanya goncangan
Tempat duduk kereta api sebenarnya relatif lebih nyaman dan tidak terlalu bising itu ada di bagian tengah. Titik tengah tempat duduk kereta api ekonomi AC berada di nomor 11 dan di nomor 12. Jadi 

Anda ada baiknya memilih duduk di sekitar nomor tersebut demi menghindari terjadinya guncangan dan suara bising ketika pintu akses antar gerbong terbuka. 

7. Perhatikan baik – baik arah datangnya kereta 
Jika kita perhatikan baik – baik, rata – rata tempat duduk nomor awal selalu menghadap ke bagian timur. Sementara nomor buncit berada di bagian barat. Jadi jika perjalanan mudik Anda dari barat ke timur, agar tidak sampai membelakangi kepala kereta baiknya Anda pilih tempat duduk dari nomor 12 sampai dengan nomor paling besar. Sebaliknya, jika Anda berangkat dari timur dan akan melakukan perjalanan ke barat, pilih tempat duduk nomor kecil mulai dari nomor 11 ke nomor bawah. 

Itulah beberapa tips memilih tempat duduk mudik untuk Anda yang naik kereta ekonomi. Selamat mencoba dan semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat untuk Anda yang akan mudik dengan kereta khususnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel