5 Keindahan Alam Yang Cantik di Sulteng

wewerehere.id - Sulawesi Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang melewati garis katulistiwa dengan ibukota palu. Di provinsi ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis tempat wisata seperti wisata budaya, wisata alam di hutan taman nasional, pantai dan danau, yang dapat menjadi alternatif pilihan Anda untuk menghabiskan waktu berlibur. Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 keindahan alam di Sulawesi Tengah, termasuk: Pantai Talise, Taman Nasional Lore Lindu, Pulau Sombori, Sea Center, dan Air Terjun Saluopa.


1. Pantai Talise Panorama objek wisata Teluk di pusat Sulawesi
Pantai Talise adalah pantai yang terletak di dekat kota Palu, di pusat Sulawesi. Atau lebih tepatnya, di sepanjang Teluk Palu. Pantai Talise terletak di sepanjang Jalan Rajamoli ke Jalan Cut Mutia, Palu, Sulawesi Tengah. Tempat wisata ini terletak tepat di depan Teluk Palu dan pantai ini juga memiliki pasir putih dengan ombak tenang yang mengesankan. 

Sudah ada banyak fasilitas yang dibangun di sini. Melihat keindahan Teluk Pantai Talise di motor Anda atau di mobil Anda sangat menjanjikan untuk menghabiskan waktu di sore hari di pantai Talise Palu. Pantai Talise sendiri diambil dari kata dalam bahasa Kaili yang berarti Ketapang. Menurut masyarakat sekitar, dahulu kala ada banyak pohon Ketapang di pantai ini. Karena itu, pantai ini disebut Playa Talise (Pantai Ketapang).

2. Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah
Taman Nasional Lore Lindu, secara administratif, pemerintah taman nasional terletak di dua kabupaten, yaitu kabupaten Donggala dan Poso, termasuk empat kecamatan, yaitu kabupaten Kulawi dan kabupaten Palolo (Kabupaten Donggala) , Kabupaten Lore Utara dan Kabupaten Lore Selatan (kabupaten Poso). Taman Nasional Lore Lindu (TN-LL) adalah situs wisata hutan warisan alam dunia yang sangat kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. 

Tujuan dari daerah ini adalah untuk menikmati pendakian gunung, panjat tebing sambil menikmati pemandangan alam yang indah dan segar, juga menjadi subjek penelitian oleh para peneliti nasional dan asing. Taman Nasional Lore Lindu juga merupakan cagar biosfer dunia. Kawasan ini telah berdiri sejak 1993, yang merupakan kombinasi dari Cagar Alam Kalamata Lore dan Taman Rekreasi Danau Lindu.

3. Pulau Sombori
Pulau Sombori adalah kawasan konservasi laut seluas 41.342 hektar. Ada beberapa pulau kecil di kawasan itu, beberapa di antaranya merupakan rumah bagi nelayan, sisanya adalah pulau tak berpenghuni. Pulau Sombori terletak di Morowali, Sulawesi Tengah. Situs Wisata Sombori terdiri dari sekelompok pulau karang yang luar biasa, seperti Raja Ampat. Hanya ada satu karang yang menonjol, ada juga pulau karang besar yang tertutup pepohonan rindang. Pohon-pohon ini menjadi tempat bertenggernya burung. 

Bagi Anda yang suka menyelam, Isla Sombori adalah pilihan yang tepat, karena pemandangan bawah laut di Isla Sombori tidak kalah luar biasa dan dapat memanjakan mata Anda. Berbagai warna dan bentuk hewan karang, tersebar di lautan. Selain itu, Pulau Sombori dikelilingi oleh pasir putih yang indah.

4. Sea Center, Pusat hiburan unik di Sulawesi Tengah
Tidak banyak orang yang tahu jika di daerah Provinsi Sulawesi Tengah terdapat tempat wisata yang berbeda dari tempat wisata lainnya di tanah air. Betapa tidak, pariwisata yang termasuk dalam kategori wisata pantai ini disebut Pusentasi lokal, yang artinya Sea Center memiliki bentuk sumur raksasa dengan diameter 10 meter dan kedalaman tujuh meter. Objek wisata pantai ini terletak tepat di Dusun Simbe, Desa Limboro, Distrik Pusat Banawa, Kabupaten Donggala. Pusat Laut Donggala dalam bentuk sumur raksasa, sumur terbentuk secara alami dan memiliki ukiran batu. 

Air yang dikandungnya berwarna biru muda dan memiliki rasa asin seperti air laut. Konon ada terowongan yang menghubungkan lubang ini dengan laut. Sangat luar biasa, air di sumur tidak pernah keruh meskipun banyak orang menggunakannya untuk berenang atau menyelam. Fitur unik lainnya adalah bahwa air di sumur raksasa ini akan dipasang jika air laut surut dan akan surut ketika air laut naik. Panasnya khas pantai sambil memandangi birunya laut, seolah-olah mencintaimu dan langsung melompat ke lubang raksasa ini. Tapi jangan khawatir, selama tangga kembali ke daratan untuk pengunjung yang ingin berenang di lubang ini.

5. Air Terjun Saluopa Asri, Tempat wisata di Sulawesi Tengah
Air terjun Saluopa adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di pusat Sulawesi di pulau Sulawesi karena keindahan alamnya yang mengesankan. Wisatawan lokal dan asing yang mengunjungi tempat ini bahkan sering menyebut bahwa air terjun Saluopa adalah salah satu air terjun terbaik di Indonesia. Air Terjun Saluopa terletak di Desa Tonusu, Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah. 

Air terjun Saluopa ini terlihat sangat indah dan unik karena memiliki 12 level dan di setiap level membentuk kolam kecil yang juga bisa Anda gunakan untuk berenang atau sekadar berendam, dan tangga batu yang bisa Anda naiki karena batunya tidak licin. . Air terjun Saluopa memiliki air yang sangat jernih dan bersih, sehingga bebatuan yang melewati air terjun akan sangat terlihat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel