Air terjun Saluopa, Air Terjun Unik Yang Mengesankan

wewerehere.id - Poso ternyata memiliki banyak tujuan wisata yang menakjubkan dan indah. Bukan hanya wisata sejarah, bahari dan alam. Salah satu tujuan yang menjanjikan dan terkenal yang harus dikunjungi adalah air terjun Saluopa, yang terletak di kota Tonusu, di distrik Pamona Utara.

Air terjun Saluopa adalah salah satu daya tarik pusat kota Sulawesi, yang cukup terkenal di pulau Sulawesi karena keindahan alamnya yang mengesankan. Wisatawan lokal dan asing yang mengunjungi tempat ini bahkan sering menyebut bahwa air terjun Saluopa adalah salah satu air terjun terbaik di Indonesia. Air Terjun Saluopa terletak di Desa Tonusu, Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah.


Air terjun ini juga dijuluki luncuran air Saluopa. Karena air terjun Saluopa memiliki mata air dari pegunungan setempat, airnya meluncur dengan cepat dari puncak gunung dengan ketinggian sekitar 25 meter. Air terjun Saluopa ini terlihat sangat indah dan unik karena memiliki 12 level dan di setiap level membentuk kolam kecil yang juga bisa Anda gunakan untuk berenang atau sekadar berendam, dan tangga batu yang bisa Anda naiki karena batunya tidak licin. .

Air terjun Saluopa ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih sehingga bebatuan yang melewati air terjun sangat terlihat. Untuk tangga batu, meskipun telah terkena air hujan dan telah ditutupi lumut, tangga tersebut tidak licin, sehingga masih bisa digunakan sebagai akses ke level air terjun. Selain digunakan sebagai akses ke level air terjun, tangga batu juga bisa digunakan untuk mengambil foto. Berdiri di antara air terjun, pelangi yang sangat indah muncul dan Anda dapat menggunakan momen itu sebagai latar belakang foto.

Selain itu, di sekitar lokasi air terjun ini, Anda akan menemukan berbagai macam fauna, serta menikmati panorama alam hutan tropis yang sangat indah dan masih asri dengan udara segar. Jangan lupa membawa makanan dan minuman yang cukup selama kunjungan Anda ke air terjun Saluopa. Selain itu, jangan lupa untuk membawa juga berbagai perlengkapan wisata yang diperlukan. Anda juga harus ikut serta dalam pelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah ke mana pun dan juga berbagai fasilitas yang tersedia.

Lokasi air terjun Saluopa sangat mudah diakses. Tempat wisata ini tidak jauh dari kota Tentena atau, lebih tepatnya, di sebelah barat kota Tentena, dengan jarak sekitar 12 km. Anda dapat melakukan perjalanan ke air terjun Saluopa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Setelah tiba di tempat itu, Anda masih harus melanjutkan perjalanan untuk sampai ke air terjun. Jarak yang Anda tempuh hanya sekitar 500 meter.

Mengunjungi Saluopa seperti perjalanan berburu harta karun, lokasi Cascade Saluopa di hutan tropis mengharuskan Anda berjalan menuju hutan ke lokasi di mana air terjun berada. Selama perjalanan ke tempat itu, Anda bisa menikmati suasana hutan tropis dengan pepohonan lebat dan juga suara-suara alam yang dihasilkan oleh hewan-hewan yang tinggal di sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel