Keindahan Dari Air Terjun Salodik Yang Tiada Tara

wewerehere.id - Ketika mengunjungi Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, maka datanglah ke salah satu tempat yang menyimpan pesona di ujungnya, Air Terjun Salodik. Tempat wisata ini berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Luwuk, yang terletak di Desa Salodik, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Air Terjun Salodik berada di kaki gunung dengan ketinggian 750-1000 mdpl yang menjadikannya tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi, terutama bersama keluarga. Air Terjun Salodik bertingkat di tengah hutan belantara terasa sangat sejuk. Sungainya jernih, hijau dan membuat Anda ingin berenang dan berendam lama di dalamnya. Jatuhnya Air Terjun Salodik mengalir berlapis-lapis dan tidak ada habisnya bahkan ketika musim kemarau di wilayah tersebut tidak pernah mengering.


Ditambah dengan kehijauan hutan tropis di sekitar Air Terjun Salodik, ini menjadikannya tempat yang cocok untuk liburan sejenak dari keramaian kota. Di daerah ini, juga digunakan sebagai tempat berburu bagi mereka yang suka fotografi. Batuan alam yang datar mengalir oleh air dari Sungai Salodik menambah pesona. Dikatakan bahwa di masa lalu, selama pendudukan Belanda, sebuah rumah atau semacam pondok dibangun di sini, dan reruntuhannya masih ada di sana.

Fasilitas yang tersedia cukup untuk menerima pengunjung yang datang, dengan hadirnya bangunan saung untuk istirahat dan berteduh, serta membersihkan dan berganti pakaian. Air Terjun Salodik berada tepat di pinggir jalan trans-Sulawesi yang menghubungkan Kecamatan Pagimana dengan Kabupaten Luwuk sehingga mudah dijangkau. Dari Kota Luwuk sendiri juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum ke Air Terjun Salodik dengan jarak sekitar 20 kilometer dengan perjalanan sekitar 45 menit. Biaya masuk untuk Air Terjun Salodik hanya Rp. 1.000 / orang.

Air Terjun Salodik bertingkat di tengah hutan belantara terasa sangat sejuk. Sungainya jernih, hijau dan membuat kita ingin berenang dan berendam lama di dalamnya. Bahkan, banyak pengunjung yang berulang kali terjun di bagian atas dan bawah seperti kolam dalam.

Dikatakan bahwa di masa lalu, selama pendudukan Belanda, sebuah rumah atau semacam pondok dibangun di sini, dan reruntuhannya masih ada di sana. Fasilitas yang tersedia cukup untuk menerima pengunjung yang datang, dengan hadirnya bangunan saung untuk istirahat dan berteduh, serta membersihkan dan berganti pakaian. Banyak tempat untuk spot pemotretan dengan sudut terbaik bagi penggemar fotografi

Rasanya seperti tidak akan pernah bosan datang ke tempat ini. Dan Air Terjun ini adalah salah satu tempat pelarian ketika jenuh, bagi para peserta Ekspedisi NKRI 2013 di Sulawesi Sulawesi, Kecamatan Luwuk Banggai, yang merupakan Pos Kotis atau markas di desa Salodik. Jika Anda ingin melihat dan menikmati curahan air terjun yang lebih tinggi, Anda harus turun ke tepi area, yang tidak memiliki jalan. Untuk yang di bawah, sepertinya belum dibuka dan dibuat jalur. 

Hanya rasa ingin tahu yang membuat saya dan seorang teman ekspedisi turun dengan berpegangan pada batang pohon. Dan keingintahuan itu benar-benar dijawab oleh air terjun yang lebih indah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel