Kumpulan Museum di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi Saat Akhir Pekan

wewerehere.id - Destinasi wisata pantai, wisata alam, wisata bersejarah, dan kuliner yang ada di Jakarta Selatan mungkin saja sudah sangat sering sekali Anda kunjungi. Makanya untuk liburan akhir pekan nanti tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa museum yang ada di kota tersebut. Di Jakarta Selatan ada banyak sekali museum kece yang bisa Anda kunjungi. Apa saja? Mari simak selengkapnya di bawah ini.


Kumpulan Museum di Jakarta Selatan


1. Museum Polri
Ada di jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, museum tersebut menjadi salah satu museum terkece di Jakarta Selatan yang harus banget Anda kunjungi saat akhir pekan nanti. Di museum ini Anda akan melihat ada banyaknya benda – benda yang digunakan oleh polisi dalam menjalankan tugasnya, seperti kendaraan operasional, senjata tajam, dan lain – lain. 

Tidak hanya itu saja, di museum ini juga dijelaskan tentang sejarah Polri, tokoh polisi yang paling berjasa. Dibuka dan diresmikan sejak tahun 2009 silam, museum ini didirikan atas perintah Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri. Tujuannya tidak lain untuk melestarikan nilai sejarah Polri.

2. Museum Satria Mandala
Lalu untuk museum berikut ini ada di jalan Gatot Subroto, Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Ini adalah museum yang memamerkan berbagai macam koleksi peralatan yang dipakai oleh TNI, seperti tank, rudal, dan meriam. Dulu museum tersebut merupakan kediaman mantan istri Presiden Soekarno, yakni Ratna Sari Dewi Soekarno. Dan sekarang diubah menjadi sebuah museum yang menjelaskan tentang sejarah TNI dan diorama perjuangan TNI pada saat melawan gerakan DI/TII. Selain itu, di museum tersebut juga ada toko souvenir, kantin, dan taman baca. 

3. Museum Betawi
Lain halnya di Museum Betawi satu ini yang bisa dibilang masih baru, karena museum tersebut didirikan di tahun 2017. Museum Betawi ini ada di dalam sebuah desa Betawi Setu Babakan. Museum tersebut dibangun dengan tujuan untuk memperkenalkan kebudaya Betawi kepada masyarakat luas. Makanya di museum ini Anda akan menemukan berbagai kebudayaan Betawi, seperti alat musik tradisional, dan lain – lain. Bahkan museum tersebut memanjang foto tiga Gubernur Jakarta, yakni Sutiyoso, Joko Widodo, dan Fauzi Bowo.

4. Museum Harry Darsono
Rekomendasi lain museum terkece yang bisa Anda kunjungi di Jakarta Selatan adalah Museum Harry Darsono. Museum tersebut ada di jalan Cilandak Tengah, Cilandak, Jakarta Selatan.  Didirikan sejak tahun 1970 silam, ini adalah museum fashion ternama di Jakarta. Di museum tersebut Anda bisa melihat ada banyak sekali benda – benda koleksi yang ada kaitannya dengan fashion. Menariknya, museum ini bahkan memamerkan karya rancangan yang mendunia, sepetri gaun yang dikenakan oleh Lady Diana dan juga Ratu Rania. 

5. Museum di Tengah Kebun
Lalu untuk museum berikut ini memang masih belum diketahui oleh banyak orang. Sesuai dengan nama yang diusungnya, museum tersebut punya sebuah kebun dan taman yang membuat para pengunjungnya tidak berasa di Jakarta. Sebenarnya ini adalah rumah pribadi dari kolektor benda – benda seni yang benama Sjarial Djalil. Di museum tersebut setidaknya ada sekitar 4 ribu koleksi yang didapatkan dari berbagai negara. Seperti batu bata yang terdapat di bangunan VOC, artefak di zaman pra sejarah, dan fosil. 

Nah, itulah beberapa museum di Jakarta Selatan yang wajib dikunjungi saat akhir pekan. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel