Potret Kemegahan Lawang Sewu, Destinasi Wisata Penuh Sejarah Terbaik di Semarang

wewerehere.id - Siapa yang tidak kenal dengan Lawang Sewu? Ini adalah destinasi wisata penuh sejarah terbaik dan paling populer yang ada di Semarang. Keberadaan bangunan tua tersebut pastinya tidak bisa dilepaskan dari sejarah panjang yang melingkupinya. Pertama kalinya didirikan di tahun 1904, tujuan awal dari pembangunan Lawang Sewu ini adalah sebagai kantor pusat NIS atau Nederlands – Indische Spoorweg Maatschappij. Ini merupakan salah satu perusahaan kereta api yang ada di Hindia Belanda.

Makanya melalui artikel ini akan kami bagikan kepada Anda informasi tentang potret kemegahan Lawang Sewu lebih lengkapnya. Penasaran? Mari langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.


Kemegahan Lawang Sewu, Destinasi Wisata Penuh Sejarah Terbaik di Semarang


Dulu, tempat satu ini sudah banyak digunakan untuk berbagai macam kepentingan. Bahkan di tahun 1942 silam, pada saat Jepang mengambil alih bangunan tersebut dari tangan Belanda, Lawang Sewu ini sempat dijadikan sebagai lokasi pengawasan tentara Jepang, tempat penyiksaan masyarakat Indonesia, dan ruang penjara. Tetapi setelah Indonesia mendapatkan kemerdekaannya, Lawang Sewu dijadikan sebagai bangunan kantor. 

Namun demikian, sebelum akhirnya dialih fungsikan lagi sebagai tempat wisata, tempat tersebut sama sekali tidak menerima pengunjung. Kondisi bangunannya yang tampak sangat tua meskipun konstruksinya sendiri masih kuat dan kokoh. Apalagi saat malam hari tiba, sama sekali tidak ada penerangan dari arah gedung Lawang Sewu. Sehingga tidak heran jika nuansa mistis dan menyeramkan pun akhirnya melekat kuat pada bangunan tersebut.

Baru di tahun 2009 bangunan tua ini dikelola dengan sangat baik dan dijadikan sebagai cagar budaya yang lebih terawat dan bisa pula dijadikan sebagai destinasi wisata andalan kota Semarang. Proses pengerjaannya sendiri tentu saja butuh waktu yang sangat lama sekali, sebab proses pemugaraannya mencakup banyak aspek tanpa harus menghilangkan karakter asli dari bangunan itu sendiri. Misalnya saja seperti mengecat dinding dan memperbaiki sudut gedung yang usang. 

Salah satu hal paling menarik, jadwal kunjungan ke tempat wisata ini tidak hanya dipatok di siang hari saja, tetapi bisa pula dilakukan saat malam hari, maksimal pukul 21 : 00. Anda pastinya tidak perlu lagi takut atau pun merasa khawatir, sebab bangunan tersebut sudah melalui proses pemugaran dan renovasi. Sehingga sekarang gedung tua ini sama sekali tidak terlihat menyeramkan seperti dulu. Yang ada malah sebaliknya, wajah baru dari Lawang Sewu tampak semakin cantik dan megah pada saat Anda datang di malam hari.

Bagaimana tidak, saat malam hari di Lawang Sewu ada puluhan atau bahkan ratusan lampu yang menyala terang, sehingga menjadikan tiap sudut bangunan jadi spot yang sangat menarik sekali untuk dipotret. Nuansa ini yang tidak bisa dinikmati saat siang hari. Lalu untuk tiket masuk ke Lawang Sewu ini tergolong sangat terjangkau sekali. Untuk dewasa tiket masuknya sebesar Rp 10 ribu rupiah, sementara itu untuk anak – anak atau pelajar Rp 5 ribu rupiah. Tetapi demikian, apabila Anda ingin lebih tahu tentang sejarahnya, maka Anda bisa sewa local guide dengan membayar tiket tambahan Rp 30 ribu rupiah.

Salah satu tempat menarik yang tidak boleh dilewatkan pada saat Anda berkunjung ke Lawang Sewu ini adalah vestibula di gedung A. Ini merupakan tempat yang salah satu sudutnya ada tangga utama dengan hamparan jendela berukuran besar dan berkaca patri tampak begitu indah. Bahkan saking indahnya, ketika ramai pengunjung Anda harus rela mengantri untuk berfoto selfie di tempat tersebut.
Nah, itulah tadi potret kemegahan Lawang Seru, destinasi wisata penuh sejarah terbaik di Semarang. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel