Menjelajah Wisata Bukit Kapur Arosbaya, Surga Tersembunyi yang Madura Punya!

wewerehere.id - Tak banyak orang yang tahu, Selain punya daya tarik jembatan Suramadu yang menjadi penghubung antara Surabaya dan Pulau Madura, sebenarnya Madura punya banyak tempat wisata menarik. Salah satunya adalah Bukit Kapur Arosbaya.

Wisata di Madura yang satu ini punya banyak sisi – sisi artistic khas alam yang sangat istimewa. Bukit Kapur Arosbaya sendiri merupakan sebuah bukit yang terbentuk sebagai akibat dari pernah adanya pertambangan kapur di Madura.

Memang bagi sebagian orang, tambang sangat merusak lingkungan. Akan tetapi di sisi lain, bekas artistic gunungnya memberikan sensasi panorama yang luar biasa indah. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menjelajah surga tersembunyi di Madura ini, berikut kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda!


Objek wisata Bukit Kapur Arosbaya dulunya merupakan suatu tambang batu kapur biasa yang memiliki bukit sisa pahatan. Akan tetapi sekarang bukit kapur tersebut sudah menjadi objek wisata menarik di Madura.

Bukit Kapur Arosbaya merupakan sebuah bukit bekas pahatan sisa penambangan kapur yang justru menghadirkan bentuk unik dan juga menjadi alasan orang – orang yang datang berkunjung kemari. Bukit Kapur Arosbaya tidak hanya memiliki bekas pahatan yang unik.

Akan tetapi warna dari Bukit Kapur Arosbaya yang merah dan sangat merona juga turut serta menambah keunikan dari Bukit Kapur Arosbaya. Bahkan warga sekitar mengenal bahwa daerah tambang ini disebut dengan Bedel.

Bukit Kapur Arosbaya juga biasa dikenal sebagai Bukit Pelalangan yang lokasinya berada di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura. Berdasarkan data yang telah dikutip dari Wikipedia, kabarnya Bukit Kapur Arosbaya berasal dari nama kecamatan di Kabupaten Bangkalan yaitu Arosbaya.

Wilayah Kecamatan Arosbaya sendiri secara administratif terbagi ke dalam 18 Desa atau Kelurahan dengan luas mencapai 42,45 km2 atau 4.245 Ha pada ketinggian 4 meter dari permukaan laut. Anda harus menuju ke Bukit Pelalangan. Nah, Untuk menuju ke Bukit Pelalangan, pertama – tama Anda bisa menuju ke Kota Bangkalan terlebih dahulu kemudian menuju langsung ke Kecamatan Arosbaya.

Kemudian ketika Anda tiba di kecamatan Arosbaya, Anda bisa mengikuti petunjuk jalan untuk menuju ke suatu situs religi makam para Raja Bangkalan yaitu Air Mata Ibu. Jika Anda sudah tiba di situs religi Air Mata Ibu, atau Pesarean Aermata, maka Anda bisa langsung masuk menuju ke dalam jalan kecil yang terdapat di bagian sebelah kanan Pesarean Aermata.


Jika Anda masuk terus menuju ke dalam, maka nantinya Anda akan menemukan sebuah bukit yang bernama Bukit Pelalangan. Nah, perjalanan Anda tidak boleh berhenti disini, karena Anda harus kembali naik angkutan umum untuk menuju ke Pesarean Rato Ebu.

Bagi Anda yang ingin berwisata kemari ketika berada di Madura, usahakan Anda datang di pagi hari. Tentu karena di waktu pagi hari Anda bisa melihat keindahan bentuk bukit kapur Arosbaya yang disorot indah oleh sinar terang matahari.

Mengenai biaya – biaya masuknya sangat murah. Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Kemudian jika Anda bawa kendaraan, harga biaya parkirnya berbeda. Untuk motor sebesar 3 ribu rupiah dan untuk mobil sebesar 20 ribu rupiah.

Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang wisata Bukit Kapur Arosbaya menjadi informasi yang menginspirasi Anda. Dapatkan pengalaman wisata yang menarik hanya dengan berkunjung ke Madura.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel