Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Menarik dan Wajib Anda Kunjungi

wewerehere.id - Berbicara tentang Yogyakarta, pastinya tidak akan pernah ada habisnya. Kota pelajar yang satu ini sering juga di sebut sebagai kota wisata. Tidak heran jika Yogyakarta di juluki sebagai kota wisata, karena Yogyakarta mempunyai banyak tempat wisata yang menarik dan beragam. Mulai dari wisata alam, wisata bersejarah, serta wisata kuliner.

Wisata alam yang dapat Anda coba yaitu pantai, air terjun, hutan, maupun perbukitan hijau. Sedangkan untuk wisata bersejarah adalah Candi Prambanan, Candi Borobudur, Keraton serta masih banyak tempat bersejarah lainnya. Tidak heran jika wisata sejarah di sana sangat terjaga, karena warga Yogyakarta sangat menjaga budaya-budanya mereka dengan baik.

Namun, disini kami tidak akan membasah mengenai tempat bersejarah yang ada di Yogyakarta. Karena pastinya sudah banyak orang yang mengetahui tentang beberapa tempat wisata yang ada di sana. Yang akan kami bahas dalam artikel ini adalah wisata kuliner yang ada di Yogyakarta. Beberapa kuliner yang kami ulas di artikel ini berupa kuliner khas Jogja maupun kuliner Jogja kekinian. Jadi  Anda  wajib menyimak artikel ini agar mengetahui beberapa wisata kuliner yang ada di Yogyakarta.


Tempat Wisata Kuliner di Jogja


Kuliner di Yogyakarta sangat beragam mulai dari yang tradisional maupun yang modern atau kekinian. Sehingga  Anda  tidak perlu bingung memilih kuliner saat berada di Yogyakarta, karena selain kuliner yang beragam di sini kami juga akan memberikan  Anda  referensi tempat kuliner yang tepat dan nikmat khas Yogyakarta yang perlu  Anda  coba. Beberapa wisata kuliner yang wajib  Anda  kunjungi  Anda lah sebagai berikut :

1. Banyu Mili Contry Club


Jika  Anda  menginginkan tempat kuliner serta rekreasi maka tempat ini cocok untuk  Anda  dan patut  Anda  kunjungi. Karena tempat lokasi ini berada di satu lokasi wisata air yang terdiri dari kolam renang, hutan, dan danau buatan. Sehingga wisata ini sangat cocok untuk  Anda  kunjungi bersama keluarga  Anda . Tempat wisata ini berlokasi di Perum Griya Mahkota, Jalan KM 4,5, Yogyakarta.

Setelah  Anda  selesai mencoba wahana wisata yang ada di sana,  Anda  dapat menikmati kuliner yang dapat  Anda  cicipin untuk menanjakan perut dan lidah  Anda . Menu andalan yang di jual di rumah makan ini adalah kepiting telur dan udang bakar madu. 

Kepiting maupun udang yang ada di sana merupakan hasil budidaya sendiri, sehingga bisa dipastikan bahwa kepiting dan udang tersebut masih sangat segar. Menu lainnya yang tidak kalah lezat adalah gurami bakar serta cumi bakar.

Fasilitas lainnya yang terdapat di Banyu Mili Contry Club adalah free Wifi, live musik yang didukung dengan LCD dan karaoke, dan permainan anak. Sehingga wisata ini sangat cocok  Anda  kunjungi bersama keluarga  Anda . Jam buka tempat ini adalah pukul 10.00 – 22.00 WIB untuk rumah makan, serta pukul 07.00 – 18.00 untuk wahana rekreasi.

2. Kuliner Khas Jogja, House of Raminten


Wisata kuliner yang satu ini merupakan wisata kuliner Jogja kekinian, karena menyuguhkan konsep modern dan minimalis. Meskipun suasana di tempat kuliner ini sangat modern namun tempat ini menyajikan kuliner tradisional khas Yogyakarta. Kuliner khas Jogja yang ada di sana diantara lain adalah tahu bola, cunduk, sate lilit, wedang serih, dan nasi kucing. Sehingga makanan tersebut terlihat lebih berkelas saat di sajikan di House Of Raminten.

Bentuk arsitektur rumah makan ini terbilang luar biasa, karena terdapat kereta kuda di luar rumah makan. Sedangkan di dalam rumah makan tersebut  Anda  dapat melihat arsitektur jawa dengan wangi dupa yang khas. Tidak hanya itu saja, iringan gending Jawa juga menjadi daya tarik di tempat makan ini. Selain itu gemerlap lampu juga menghiasi tempat ini, jadi perbaduan tradisional dan modern membuat tempat ini lebih menarik.

Tempat makan ini berlokasi di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Tempat makan ini sangat mudah dikenali karena adanya banner yang sangat besat dan unik di depan rumah makan tersebut. Yaitu gambar seorang ibu yang mengenakan pakaian dan d Anda nan tradisional khas Jawa. Sosok tersebut tidak lain adalah orang di balik suksesnya House of Raminten.

3. Manggar Manding, Kuliner Jogja Khas Jawa Tradisional

Manggar Manding merupakan wisata kuliner yang mempunyai konsep tradisional khas Jawa dengan menu lokal yang spesial. Lokasi kuliner yang satu ini berada di Jl. Parangtritis kilometer 11.5, Manding, Bantul Yogyakarta. Selain di tempat tersebut Manggar Manding juga mempunyai cabang di lokasi Jl. Wonosari Kilometer 9, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Jadi  Anda  dapat memilih tempat yang dekan dengan lokasi  Anda .

Menu spesial di tempat kuliner ini adalah gudeg manggar, jika biasanya gudeg terbuat dari daging nangka berbeda dengan gudeg yang ada di tempat ini. Karena gudegnya terbuat dari maggar atau bunga kelapa yang masih muda. Konon, gudeg manggar dahulu merupakan menu istimewa kerajaan yang di sajikan dengan tempe bacem dan sayur krecek.

Selain sebagai makanan istimewa di kerajaan, manggar memiliki khasiat yang baik untuk memancarkan kecantikan penikmatnya. Bahkan salah satu ahli kecantikan ternama turut serta mempopulerkan makanan yang terbuat dari manggar ke dunia internasional. Selain menu spesial gudeg manggar masih menu lainnya yang lezat dan menarik. Jam operasional tempat makan ini adalah pukul 9 pagi sampai 9 malam.

4. Bong Kopitown, Kuliner Jogja Kekinian

Bong Kapitown merupakan salah satu wisata kuliner Jogja kekinian, karena mengusung konsep yang menarik dan modern. Jika  Anda  berkunjung ke tempat makan yang satu ini,  Anda  akan disuguhkan dengan suasana yang berbeda yaitu suasana berada di dalam penjara. Maka tidak heran jika tempat ini menjadi kuliner kekinian di Yogyakarta, karena menarik perhatian anak muda zaman sekarang.

Bong Kopitown adalah restoran yang didirikan oleh Bong Candra, merupakan seorang motivator sekaligus pembisnis sukses di Indonesia. Sebelumnya restoran ini berada di Jakarta dan membuka cabang di Jogja.  Selain konsep bangunan yang menarik, tempat ini juga menyajikan menu kekinian yang lezat. Bahkan nama menu-menu tersebut di buat menarik seperti kongkow menu, menu buronan, hingga spesial menu.

Lokasi tempat makan ini berada di Jalan Saga No.4 Terban, Gondokusuman, Yogyakarta. Lokasi tersebut sangat mudah di jangkau karena berada di pusat kota.

Bangunannya pun sangat mencolok dan mudah di ingat karena memiliki eksterior ala penjara. Restoran ini buka mulai pukul 10.00 sampai 24.00. Jadi dapat  Anda  jadikan alternative untuk makan siang maupun makan malam.

5. Kuliner Jogja Malioboro yang Melegenda, Angkringan Lik Man

Wisata kuliner terakhir yang wajib  Anda  coba adalah Angkringan Lik Man, angkringan merupakan tempat makan khas di Yogyakarta. Namun, angkringan yang satu ini mempunyai daya tarik sendiri yang membuat  Anda  wajib berkunjung ke angkringan ini. Lokasi angkringan ini berada di Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta. Angkringan Lik Man merupakan kuliner Jogja Malioboro karena letaknya yang berada di kawasan Malioboro.

Tempatnya yang strategis yang berdekatan dengan Malioboro membuat tempat ini semakin ramai oleh pembeli. Hal yang menarik di angkringan ini adalah menu spesialnya yaitu kopi joss.  Cara penyajian kopi ini cukup menarik yaitu dengan cara memasukan bara arang yang masih membara ke dalam segelas kopi sehingga akan mengeluarkan bunyi ‘joosssss’ seperti namanya.

Konon dengan adanya arang yang dicelupkan di kopi akan menetralisir kafein yang ada di kopi sehingga aman untuk pencernaan  Anda . angkringan buka pada pukul 18.00, sehingga dinginnya angin malam Yogyakarta dapat terobati dengan hangatnya kopi joss. Hanya dengan harga Rp 10.000 – Rp 15.000  Anda  sudah dapat menikmati kopi joss beserta nasi kucing yang di jual disana.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner di Jogja yang kami rekomendasikan untuk  Anda , dengan adanya artikel ini semoga dapat menjadi referensi untuk  Anda  saat berkunjung di Yogyakarta. Mulai dari kuliner khas maupun kekinian dapat  Anda  coba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel