9 Destinasi Wisata di Pangandaran, Dari Pantai Hingga Gua-gua Eksotis

wewerehere.id - Destinasi wisata di Pangandaran, Jawa Barat sebenarnya bukan sekedar Pantai. Sejumlah pantai di Pangandaran memang menjanjikan keindahan. Namun, di luar pantainya, tempat wisata di Pangandaran lainnya ini layak untuk dikunjungi.

Kabupaten Pangandaran merupakan Daerah Otonomi Baru di Jawa Barat, sebelumnya Pangandaran termasuk dalam wilayah Kabupaten Ciamis. Lepas dari Ciamis, pembangunan Kabupaten Pangandaran semakin pesat. Terbukti dengan banyaknya lokasi wisata yang dibangun dan dikembangkan oleh Pemkab Pangandaran.

Maka tak heran jika destinasi wisata di Pangandaran kini tak melulu pantai. Misalnya, Anda bisa menelusuri gua-gua pra sejarah atau melakukan aktivitas yang menantang seperti body rafting di Sungai yang ada di Pangandaran.

destinasi-wisata-di-pangandaran-jawa-barat

Destinasi Wisata di Pangandaran


1. Pesona Pantai Barat dan Timur Pangandaran

Meskipun sudah banyak wisata lain selain Pantai di Pangandaran, namun sulit rasanya memisahkan Pangandaran dengan Pantai. Salah satunya adalah Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran yang menjadi destinasi utama para wisatawan jika berlibur ke Pangandaran.

Baik di Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran ini Anda bisa sepuasnya berenang ditemani ombak pantai yang cukup aman. Bersama keluarga atau teman, Anda bisa menikmati asyiknya berenang di pantai.

Lepas berenang, Anda bisa mencicipi makanan khas Pangandaran yang ada di Kampung Turis, lokasinya berada di Jalan Pamugaran yang masih masuk dalam kawasan objek wisata Pantai Pangandaran.

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh, mudah saja, lantaran ada pasar oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi untuk memborong buah tangan untuk orang-orang yang Anda sayangi.

2. Pasir Putih Pangandaran

Untuk sampai ke tempat ini, Anda bisa menyewa perahu dari Pantai Barat. Perjalanan menuju pasir Putih Pangandaran dijamin tidak akan Anda lupakan. Apalagi di Pasir Putih Anda bisa menikmati indahnya pantai dengan pasir putih yang indah.

Di kawasan Pasir Putih Pangandaran, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang bangkai kapal Viking yang diledakkan Menteri Susi Pudjiastuti.

3. Pantai Batu Hiu Pangandaran

Untuk Anda yang memimpikan pergi ke Bali tapi belum kesampaian, Batu Hiu memiliki pemandangan layaknya pantai Kuta Bali. Selain itu, pantai ini juga memiliki cerita rakyat yang terkenal.

Anda bisa menikmati sunset dengan latar batu karang yang indah. Destinasi wisata di Pangandaran yang ada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga tidak bisa dijadikan tempat berenang.

4. Pantai Batu Karas Pangandaran

Pantai Batu Karas dikenal sebagai surganya peselancar. Bukan hanya para peselancar professional, namun bagi Anda pemula yang juga ingin merasakan sensasi  ‘menunggangi’ ombak, Anda bisa memulainya di Pantai Batu Karas.

Pantai Batu Karas terletak di Kecamatan Cijulang, Pangandaran. Di sini sudah tersedia tempat penyewaan alat-alat surfing (selancar), selain itu ada juga pemandu professional yang akan membantu Anda melewati saat-saat pertama menaklukkan ombak.

5. Pantai Karapyak Pangandaran

Keistimewaan pantai yang satu ini adalah warna air lautnya yang memiliki dua warna.Hal ini terjadi lantaran Pantai Karapyak jadi salah satu pantai tempat bermuaranya Sungai Citanduy.

Sungai Citanduy yang berair tawar dan berwarna coklat akan bercampur dengan air laut di pinggir pantai, sehingga terlihat beda warnanya, bahkan terkadang terlihat berwarna merah.

Ciri khas lainnya dari Pantai yang ada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang ini adalah Anda bisa menikmati taman laut yang muncul ke permukaan saat air laut sedang surut. Selain itu nikmati juga pasir putih yang membentang sepanjang 5 Km di pantai Karapyak ini.

6. Pantai Madasari Pangandaran

Pantai ini berada di Kawasan Bulak Benda, Desa Mesawah, Kecamatan Cimerak. Ciri khas pantai ini adalah adanya batu karang yang membentuk pulau-pulau eksotis.

Di pantai ini Anda bisa mengajak keluarga ataupun kawan komunitas Anda untuk gathering dan tentu saja camping.

Pengelola Pantai Madasari menyediakan tenda-tenda untuk camping, selain itu fasilitasnya pun lengkap, seperti toilet, tempat parkir, juga warung-warung makan.

7. Sungai Citumang Pangandaran

Destinasi wisata di Pangandaran selanjutnya adalah Sungai Citumang Pangandaran yang berada di objek wisata Citumang Sukamanah, Desa Bojong, Kecamatan Parigi. Di sini Anda ditantang untuk melakukan aktivitas ekstrim, body rafting.

Body rafting adalah menelusuri sungai dengan hanya mengandalkan pelampung dan tubuh Anda, tentu saja tanpa perahu. Namun, jangan khawatir karena body rafting di Sungai Citumang cukup aman dilakukan, apalagi ada pemandu yang akan menjaga Anda.

8. Green Canyon Pangandaran

Seperti halnya Sungai Citumang, di Green Canyon Pangandaran Anda juga bisa body rafting. Namun, keistimewaan tempat wisata yang juga dikenal sebagai Cukang Taneuh atau jembatan tanah ini adalah pemandangan tebing di sepanjang Sungai Cijulang yang Anda lalui saat Anda menyebrang dari dermaga menuju jembatan tanah.

Konon nama Green Canyon disematkan di tempat ini lantaran keindahannya membuat turis yang pertama kali berpetualang menyusuri Sungai Cijulang hingga lokasi Cukang Taneuh terpesona.

Saking terpesonanya mereka menyamakan Cukang Taneuh yang berada di Kecamatan Cijulang, Pangandaran ini, dengan Green Canyon yang berada di Amerika Serikat.

9.  Kawasan Gua Sutrareregen Pangandaran

Penemuan jejak manusia purba di Pangandaran sempat membuat dunia arkelogi Indonesia geger. Jejak manusia purba ini ditemukan di kawasan Gua Sutrareregen yang berada di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Penemuan tersebut berupa fosil dan sejumlah batu yang diduga merupakan peralatan yang digunakan oleh manusia purba.

Uniknya, fosil ini tidak hanya ada satu gua saja, namun kawasan Gua Sutraregen ini juga berdekatan dengan gua-gua lain, yakni Gua Panggung dan Gua Peteng.

Itulah sejumlah destinasi wisata di Pangandaran. Anda mau memulainya dari mana dulu nih?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel