Eksotisnya Dusun Semilir Eco Park Semarang

wewerehere.id - Dusun Semilir Eco Park semarang, sudah pernah dengar tempat wisata yang satu ini? Tempat wisata yang terletak di Ngempe, Kecamatan Bawean, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini tergolong tempat wisata baru. Kendati demikian, Eco Park di Dusun Semilir ini langsung berhasil menarik puluhan ribu wisatawan dalam waktu sekejap.


Memadukan wisata edukasi, kuliner, pedesaan, dan konsep alam dalam satu tempat, Eco Park Dusun Semilir berhasil menjadi tempat wisata unik nan eksotis pertama di Semarang. Lokasi tempat wisata yang berada berdekatan dengan Gerbang Tol Bawean dan tepat berada di tepi jalan utama Solo-Semarang memberikan kemudahan akses dan membuat Eco Park Dusun Semilir dikenal dengan cepat.

Ciri Khas Unik


Bukan tanpa alasan wisata berkonsep alam ini berhasil menyedot puluhan ribu pengunjung dalam waktu singkat. Ciri khas bangunan yang mirip stupa mengundang minat siapapun orang yang memandang untuk mengunjunginya. Bangunan yang menyerupai stupa tersebut terbuat dari rangka besi yang kemudian ditutup menggunakan kaca.


Saat melihat stupa yang menjadi icon Dusun Semilir Eco Park Semarang, Anda akan langsung teringat dengan Candi Borobudur.Ya, ide dasar bangunan ini memang terinspirasi dari stupa Candi Borubudur yang sudah menjadi ikon wisata Jawa Tengah. Total ada 7 stupa kaca, 5 di antaranya nampak megah dari luar dan membentuk ruang utama.

Keberadaan stupa kaca ini bisa dibilang sebagai ide interior unik pertama di Indonesia. Tak ayal, potretnya langsung viral di media sosial dan langsung menjadi daya tarik bagi "penggila" spot foto.

 

Memiliki Spot Foto yang Instagramable


Bukan rahasia lagi jika spot foto merupakan nilai tambah bagi tempat wisata. Banyaknya kaum milenial yang ingin eksis di media sosial membuat tempat wisata yang memiliki spot foto instagramable menjadi buruan.

Eco Park Dusun Semilir memiliki banyak sekali spot foto yang unik. Anda bisa berfoto dengan latar belakang stupa kaca yang tentunya tak bisa ditemui di tempat lain. Belum lagi dengan keindahan desain interior yang dipadu antara sentuhan modern dan alami.

Spot foto lain yang juga menjadi incaran pengunjung ketika mengunjungi Eco Park Dusun Semilir adalah Jembatan Senggol. Jangan terkecoh mendengar namanya, meski dinamai dengan Jembatan Senggol, Anda tak perlu khawatir bersenggolan dengan pengunjung lain saat melewatinya karena akses jembatannya cukup lebar.


Jembatan Senggol dibangun dengan menggunakan pijakan kayu sehingga memberikan kesan natural. Jembatan ini didesain menyerupai lorong dengan atap terbuat dari bambu. Di sekelilingnya ditata lampu hias dengan apik sehingga suasana makin romantis dan cocok dijadikan tempat swafoto dengan pasangan.

Anda yang belum punya pasangan, tak perlu khawatir jika ingin menjajal eksotisme Jembatan Senggol. Di Jembatan berdesain unik ini, Anda tak hanya bisa merasakan suasana romantis, tapi juga melihat keindahan seluruh Dusun Sumilir.

Spot foto lain yang tak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi tempat wisata ini adalah pohon pule yang tumbuh tinggi hingga ke atas bangunan. Keberadaan pohon ini menambah kesan sejuk dan nampak unik ketika berpadu dengan lampu gantung serta ornamen yang terbuat dari akar.

Fasilitas Pendukung yang Lengkap


Tak hanya mengutamakan keindahan saja, Eco Park yang satu ini juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk pengunjung. Pengelola wisata telah membangun toilet yang memadai dan terjaga kebersihannya. Mushola juga telah disediakan, lengkap dengan peralatan sholatnya. Pun demikian dengan tempat sampah yang disebar merata untuk membantu menjaga kebersihan tempat wisata.

Soal urusan perut, Anda juga tak perlu khawatir saat berkunjung ke sini. Ada banyak gerobak yang dicat warna-warni menawarkan kudapan menggoyang lidah. Anda yang tak ingin makan di pinggir jalan, bisa juga mengunjungi Sepoi-sepoi Food Garden.

Anda bisa mengunjungi Sepoi-sepoi Food Garden usai menapaki Jembatan Senggol. Konsep rumah makannya back to nature dengan menu yang sangat beragam.


Meski berkonsep alam, cara pembayaran di Sepoi-sepoi Food Garden sangat modern karena harus dilakukan menggunakan kartu khusus. Anda bisa membuat kartu ini dengan biaya 50 ribu dengan rincian 10 ribu untuk biaya pembuatan dan 40 ribu untuk top up saldo awal. Anda bisa mengisi saldo kartu ini sesuai dengan kebutuhan.

Nah, untuk urusan oleh-oleh, sudah ada corner khusus yang menjual oleh-oleh khas Indonesia. Anda bisa menemukan souvenir, kerajinan tangan, hingga makanan khas. Salah satu produk unggulan yang disediakan adalah kerajinan batik yang memang sudah menjadi salah satu ciri khas budaya nusantara.

Di store terpisah, Anda bisa menemukan aneka kudapan khas semarang. Yang unik dari sudut yang menjual aneka macam oleh-oleh khas Semarang ini juga menyediakan pemandangan hutan tropis yang hijau. Ukuran hutan yang ditampilkan memang tak luas, namun cukup untuk memberikan kesan unik dan menyegarkan mata.

Menariknya, Eco Park yang sempat viral ini juga menyediakan fasilitas khusus bagi pengunjung berkebutuhan khusus dan lansia. Fasilitas tersebut berupa kursi roda yang disediakan di beberapa sudut tempat wisata.

Masih dalam Tahap Pembangunan


Berhasil menyita publik dan disebut-sebut memiliki fasilitas lengkap, sebenarnya Dusun Semilir Eco Park Semarang masih dalam tahap pembangunan. Tempat wisata ini pertama dibangun usai Hari Raya Idul Fitri 2018. Saat ini sebenarnya masih dalam tahap trial opening, terhitung sejak 28 Mei 2018 dan belum siap menjadi tempat wisata sesuai yang direncanakan.


Rencananya, pihak pengelola akan menambahkan beberapa fasilitas dan spot foto yang makin memanjakan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain, wahana permainan, sungai buatan, pusat oleh-oleh yang memadai, danau buatan, resort, dan  glamping. Seluruh fasilitas ini akan dibangun di lahan seluas total 14 hektar.

Dengan fasilitasnya yang sekarang saja, Eco Park Semarang sudah berhasil menyedot puluhan ribu wisatawan. Bisa dibayangkan jika nantinya seluruh wahana dan fasilitas selesai dibangun, bukan? Pastinya, Eco Park Dusun Semilir akan menjadi wisata terfavorit di Semarang dan bahkan mungkin di Jawa Tengah. Rencananya, grand opening tempat wisata ini baru akan dilaksanakan pada Desember mendatang.

Tiket Masuk Murah


Memiliki keunikan dan fasilitas mumpuni, jangan dianggap tempat wisata ini mematok harga tiket mahal. Anda hanya perlu membayar 5000 Rupiah untuk menikmati keindahan eksterior dan interior yang eksotis. Tentunya, biaya tersebut diluar biaya parkir kendaraan. Sementara untuk mencoba wahana dan spot foto yang digunakan, pengunjung tak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Tertarik mengunjungi Dusun Semilir Eco Park Semarang? Sebaiknya jadwalkan waktu liburan Anda dengan baik. Anda bisa menikmati keindahan tempat wisata baru di Semarang ini antara pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam. Sata akhir pekan, tempat wisata biasanya akan dibuka hingga pukul 10 malam.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, sangat disarankan berangkat lebih awal jika ingin menghabiskan weekend di tempat wisata ini. Pasalnya, saat akhir pekan, akses jalan ke Dusun Sumilir bisa sangat padat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel