Keindahan Bukit Tetetana Tomohon Minahasa

wewerehere.id - Gemar menikmati pemandangan alam? Bukit Tetetana Tomohon menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Tak seperti bukt lainnya, di Bukit Tetetana, Anda bisa menikmati pemandangan yang tak biasa. Anda bisa menyaksikan kemegahan Kabupaten Tanawangko, Minahasa, Kota Manado, hingga Kota Bitung dari atas bukit ini.

Dari atas bukit, Anda bisa menikmati udara segar yang sesungguhnya. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan sudah pasti mampu mengusir rasa penat Anda dari kesibukan yang padat.

Bukit Tetetana dulunya adalah perkebunan cengkeh dan sebagian hutan. Namun, oleh pemiliknya, perkebunan tersebut diubah menjadi tempat wisata.

Nama tetetana sendiri berasal dari dua suku kata, yakni ‘teta’ yang berarti jembatan dan ‘tana’ yang berarti tanah. Jika digabungkan, tetetana memiliki arti jembatan tanah. Penamaan ini diambil karena Bukit Tetena berdekatan dengan tanah menghampar yang menyerupai jembatan.

Spot Foto di Bukit Tetetana Tomohon

Lokasi Bukit Tetetana Tomohon

Tempat wisata yang kembali viral beberapa waktu lalu ini terletak di Kelurahan Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon. Lokasinya sangat mudah diakses, yakni hanya perlu waktu tempuh 30 menit dari pusat Kota Tomohon.

Anda yang belum pernah mengunjungi Sulawesi Utara, tak perlu takut tersesat. Sudah ada papan arah yang menunjukkan lokasi Bukit Tetetana dengan jelas. Selain itu, masyarakat sekitar juga sangat ramah, mereka dengan sigap menunjukkan lokasi dan bersedia jika dimintai bantuan.

Sayangnya, belum ada angkutan umum yang menuju ke Bukit Tetetana. Jadi, Anda yang ingin mengunjunginya harus menggunakan kendaraan pribadi. Namun, jangan khawatir, cukup banyak kendaraan pribadi yang bisa Anda sewa begitu sampai di kota Tomohon.

Mengeksplore Keindahan Bukit Tetetana Tomohon

Begitu menginjakkan kaki di Bukit Tomohon, Anda akan dimanjakan dengan rumput hijau yang menjadi tempat kaki berpijak. Di atas bukit, Anda bisa melihat keindahan taman bunga yang tertata rapi. Ada pula pemandangan Gunung Klabat yang nampak indah dengan warna kebiruan dari kejauhan.

Bersebelahan dengan Bukit Tintingon juga menjadi keunikan tempat wisata yang satu ini. Pasalnya, Anda bisa menikmati keindahan beragam tempat wisata dari satu tempat sekaligus.
Hal paling unik yang bisa Anda rasakan saat menginjakkan kaki di Bukit Tetetana adalah keberadaan awan-awan putih yang nampak sangat dekat. Saking dekatnya, Anda serasa bisa menggapai awan.

Dari ketinggian Bukit Tetetana, Anda juga bisa menyaksikan view Kota Manado secara keseluruhan. Pemandangan kota berpadu dengan keasrian alam menjadi hal unik yang patut Anda abadikan.

Spot Foto Intagenic

Mencari spot foto yang instagramable sekaligus menenangkan pikiran? Semua bisa Anda dapatkan di Bukit Tetetana. Di bukit ini, cukup banyak spot foto yang bisa menghasilkan foto apik dan siap dipamerkan melalui media sosial.

Anda bisa  berfoto dengan latar belakang gumpalan awan yang indah, Gunung Klabat yang nampak kebiruan lengkap dengan kabut tipis, taman bunga yang indah nan rapi, serta hamparan rumput hijau yang luas.

Salah satu keunggulan lain yang ditawarkan oleh wisata Bukit Tetetana adalah bunga hortensia. Bunga jenis ini memiliki warna-warna cerah yang siap memanjakan mata. Uniknya, bunga ini hanya bisa ditemui di tempat-tempat tertentu sehingga keberadaannya tak boleh disia-siakan sebagai latar belakang foto.


Jika hamparan rumput, bunga, dan pemandangan gunung sudah Anda anggap sebagai hal mainstream, Anda tak perlu khawatir. Di Bukit Tetetana juga terdapat sebuah pohon yang menarik perhatian. Bukan pohon biasa, melainkan sebuah pohon yang tumbuh sangat tinggi. Pohon ini berada di padang rumput luas dan tumbuh sendirian sehingga memiliki kesan unik tersendiri.

Anda yang beruntung juga bisa melihat pesawat terbang dengan jarak sangat dekat. Anda bisa melihat pesawat lepas landas atau mendarat dari jarak dekat. Terbayang jika menjadi latar belakang foto pasti akan sangat menarik, bukan?

Menariknya, tak seperti kebanyakan tempat wisata yang kini mematok harga untuk menggunakan spot foto, Anda bisa berpose sepuasnya dan mengeksplor keindahan Bukit Tetetana secara gratis. Anda juga berpose sesuka hati tanpa malu karena tempat wisata ini sangat luas dan cenderung masih sepi pengunjung.

Fasilitas di Bukit Tetetana

Fasilitas yang disediakan di Bukit Tetetana sebenarnya bisa dibilang masih minim. Pasalnya, tempat wisata ini hanya menyediakan MCK dan aula besar yang bisa digunakan untuk berteduh dan bersantai. Aula besar yang ada di Bukit Tetetana juga diperuntukkan untuk pengunjung yang ingin menunggu kabut hilang. Pasalnya, di bukit ini seringkali muncul kabut yang cukup mengganggu pandangan wisatawan.

Soal urusan perut, pengunjung disarankan membawa makanan sendiri. Sementara ini, di Bukit Tetetana hanya ada penjual kopi dan pisang goreng. Makanan berat, seperti nasi belum dijual di tempat wisata ini.

Persiapan Wajib Sebelum Mengunjungi Bukit Tetetana

Persiapan sebelum mengunjungi tempat wisata adalah hal wajib, termasuk juga ketika hendak mengunjungi Bukit Tetetana. Jangan pernah mengunjungi Tetetana jika kondisi tubuh Anda tidak bugar. Di Bukit ini cuaca cenderung dingin sehingga Anda yang kurang sehat lebih baik menunda jadwal wisata. Jangan lupa pula membawa jaket atau pakaian hangat, minyak untuk menghangatkan tubuh, dan juga obat-obatan yang mungkin diperlukan sewaktu-waktu.

Anda juga wajib membawa bekal saat berkunjung ke Bukit Tetetana. Seperti yang dibahas sebelumnya, hanya ada penjual kopi dan pisang goreng di tempat wisata ini.Membawa bekal nasi dan tikar sebagai alas makan tidak hanya menjamin pasokan energi, namun juga bisa menjadi salah satu cara menikmati waktu bersama keluarga.

Harga tiket ke bukit tetetana tomohon

 

Harga Tiket Masuk Bukit Tetetana

Tak perlu khawatir menguras dompet jika ingin mengunjungi bukit yang satu ini. Anda hanya perlu membayar 5000 rupiah saja untuk tiket masuk. Selebihnya, Anda bisa menikmati spot foto dan keindahan Tetetana secara gratis.

Dipatok dengan harga murah, tentunya Tetetana perlu diperhitungkan sebagai destinasi wisata kala berkunjung ke Sulawesi Utara. Terlebih lagi, tempat wisata ini masih tergolong baru dna menyajikan keindahan alam yang masih ‘perawan’.

Tertarik mengunjungi Bukit Tetetana Tomohon? Atur jadwal wisata Anda sekarang juga, ya! Anda yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana sepi, baiknya menghindari hari libur sekolah. Pasalnya, Bukit Tetetana bisa menjadi serbuan wisatawan saat hari libur tiba.

Anda yang memiliki waktu luang juga bisa menjadwalkan waktu liburan yang bertepatan dengan Tomohon International Flower Festival. Festival ini merupakan festival kebudayaan yang melibatkan peserta domestik dan luar negeri. Saat festival ini tiba, hampir seluruh Tomohon ditutupi bunga.

Selain sebagai daya tarik wisatawan, festival yang diadakan setahun sekali ini juga digunakan untuk menunjukkan identitas Tomohon sebagai kota bunga.

Untuk Jika tak ingin menyaksikan keindahan Bukit Tetetana semata, Anda juga bisa menjadwalkan mengunjungi tempat wisata lainnya di Sulawesi Utara. Pasalnya, Sulawesi Utara juga punya destinasi wisata lain yang siap Anda kunjungi, misalnya saja Danau Tornado, Bukit Doa Tomohon, Pulau Bunaken, dan masih banyak lagi lainnya. Menariknya, hampir semua tempat wisata di Sulawesi Utara menonjolkan keindahan alam yang eksotis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel