Pesona Wisata Pulau Pari nan Elok

wewerehere.id - Weekend sudah hampir tiba, sudah ada rencana untuk liburan akhir pekan ini? Kalau masih bingung wisata Pulau Pari nan elok bisa menjadi opsi Anda. Pulau Pari merupakan sebuah pulau yang terletak di kepulauan seribu, Jakarta. Di Kepulauan Seribu, memang sudah terkenal dengan wisata baharinya yang menakjubkan.

Anda bisa menikmati serangkaian aktivitas seperti snorkling, berjemur atau bahkan sekedar bersantai. Salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang menjadi favorit wisatawan yakni Pulau Pari. Berikut ini pesona Pulau Pari yang bisa Anda jadikan referensi liburan selanjutnya.


Pesona Wisata Pulau Pari Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan

1. Berenang di pantai yang jernih
Ke pantai tidak asik kalau tidak berenang. Di Pulau Pari, Anda bisa berenang di pantai-pantai yang berada di sana. Airnya pun sangat jernih sehingga kegiatan berenang semakin bertambah menyenangkan. Anak-anak juga bisa menikmati area pantai yang dangkal untuk berenang. Jika Anda tidak memiliki pelampung atau ban karet, maka jangan khawatir karena di sana pasti juga disediakan penyewaan pelampung dan ban karet untuk wisatawan.

2. Bermain Pasir Putih
Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama anak dengan bermain pasir pantai, di Pulau Pari juga memiliki pasir pantai yang bersih. Di Pantai Pasir Perawan adalah salah satu lokasi favorit pelancong jika berkaitan dengan keindahan pasir pantai karena di sana pasirnya berwarna putih, suasananya pun sepoi-sepoi dan tenang. Bermain pasir pantai bersama keluarga atau sahabat akan mempererat tali kebersamaan.

3. Bersepeda menikmati indahnya pantai
Tidak puas hanya bermain pasir pantai? Jika Anda ingin menjelajah keindahan Pulau Pari lebih luas, maka Anda bisa menyewa sepeda di sana. Sangat cocok untuk mengajak jalan-jalan sang kekasih dan menghirup udara segar khas pantai. Bersepeda juga dinilai menambah romantisme. Para wisatawan biasanya menyewa sepeda di persewaan yang tersedia. Tarif yang dikenakan sesuai dengan lama waktu sepeda digunakan.

4. Melihat keindahan bawah air dengan snorkling
Bagi yang hobi menyelam atau snorkeling, jangan khawatir hobinya tidak tersalurkan. Pasalnya di Pulau Pari juga menyediakan alat-alat fasilitas snorkling. Anda bisa melihat dan mengagumi keindahan bawah laut seperti terumbu karang, ikan-ikan kecil berwarna-warni, bahkan biota laut lainnya. Jadikan pengalaman Anda di Pulau Pari sebagai pengalaman yang seru dengan mencoba menyelam ke bawah laut.

5. Dapatkan kulit coklat eksotis dengan berjemur
Untuk yang satu ini adalah favorit wisatawan mancanegara. Tak kalah dengan Pulau Dewata, di Pulau Pari juga banyak bule yang berusaha mencoklatkan kulit mereka agar terlihat eksotis. Berbeda dengan wisatawan Indonesia yang memang  sudah berkulit sawo matang, mereka biasa bersantai di saung-saung yang ada di pinggir pantai sambil menikmati suasana.

6. Ingin watersport? Bisa
Berlibur bersama rekan kerja atau sahabat dan pengen seru-seruan? Anda wajib mencoba watersport yang ada di pulau Pari. Watersport yang paling banyak digemari wisatawan khususnya anak-anak muda biasanya adalah banana boat. Banana boat menjadi wahana seru sekaligus menantang bagi jiwa-jiwa muda yang ada di sana. 

7. Mengambil foto yang instagramable
Saat liburan kemanapun itu, salah satu hal wajib yang harus dilakukan adalah mengambil foto. Tak hanya sebagai kenang-kenangan, foto juga biasa digunakan untuk memamerkan momen ke teman-teman sosial media. Di Pulau Pari banyak spot-spot indah yang sangat instagramable. Tak perlu jago foto karena walau kelihatan asal sekalipun tetap bagus saking tempatnya yang luar biasa indah.

8. Berwisata kuliner seafood di sepanjang Pulau Pari
Yang hobinya wisata kuliner pasti tidak menyesal jika berkunjung di Pulau Pari. Di  sepanjang pantai, banyak restoran-restoran yang menyediakan menu seafood maupun non seafood yang siap menggoyang lidah Anda. Bahan-bahannya pun masih segar dari laut karena baru ditangkap oleh nelayan. Di Pulau Pari juga ada beberapa makanan khas yang hanya ada di sana. Anda juga bisa mengadakan pesta barbeque kecil-kecil an bersama rekan kerja atau keluarga.

9. Belanja oleh-oleh untuk orang terkasih
Setelah berwisata kuliner, kini saatnya untuk berbelanja oleh-oleh untuk yang terkasih di rumah. Anda bisa memilih oleh-oleh dari baju sampai camilan khas makanan laut. Jika ingin berbelanja souvenir pun di sana juga menyediakan aneka souvenir kerang yang dibentuk menjadi barang-barang unik. Pulau Pari tak hanya untuk berwisata pantai saja namun juga wisata belanja.

10. Menangkap momen sunrise dan sunset
Pergi ke pantai tak lengkap jika tidak menyaksikan matahari terbit dan matahari tenggelam. Untuk yang ingin mengabadikan momen ini sebagai hari spesial, tenang saja karena di Pulau Pari bisa menyaksikan keduanya jika cuacanya sedang baik. Untuk sunrise atau matahari terbit, Anda bisa menyaksikannya di dermaga Pulau Pari. Untuk menikmati sunset, bisa ke ujung barat Pulau Pari yakni di Pantai Bintang atau Pantai Lipi.

11. Menanam bibit pohon Mangrove bersama volunter
Di sana ada juga komunitas yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan kawasan Pulau Pari. Biasanya mereka menanam bibit pohon Mangrove di sepanjang pantai. Jika Anda ingin membuat liburan memiliki nilai manfaat, maka Anda juga bisa ikut membantu para relawan dan pengelola setempat.

12. Menjelajah Mangrove dengan perahu
Tak hanya bermain di sekitaran pantai, Anda juga bisa menjelajah Mangrove menggunakan perahu yang di sewa di tempat persewaan. Menikmati semilir angin di  atas perahu dengan dikelilingi hutan mangrove pasti menaruh kesan tersendiri di hari wisatawan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa perahu berkisar Rp30.000 sampai Rp50.000.

Demikian beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat liburan di Pulau Pari. Lalu bagaimana cara menuju ke lokasi Pulau Pari?

Akses Lokasi ke Wisata Pulau Pari nan elok


Jika Anda dari arah Jakarta, maka Anda bisa melakukan perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke. Di sana akan ada kapal-kapal yang khusus mengantarkan wisatawan ke lokasi wisata yang dituju. Kapal-kapal tersebut biasanya hanya melakukan perjalan dua kali. Perjalanan akan dilakukan pukul 07.00 dan 14.00. Anda perlu memperhatikan jadwal keberangkatan ini agar mengantisipasi keterlambatan dan tidak terlalu menunggu lama.

Untuk biaya transportnya sendiri lumayan terjangkau yakni Rp40.000 per orang. Sekali perjalanan memerlukan waktu tempuh selama kurang lebih 2 jam. Itupun tergantung cuaca dan gelombangnya. Ada juga alternatif lain selain melalui Pelabuhan Muara Angke yakni melalui Pelabuhan Marina Ancol.

Namun kalau naik kapal melalui Pelabuhan Marina Ancol, siap-siap biaya yang dikeluarkan lebih mahal dari tiket kapal melalui Pelabuhan Muara Angke. Yaitu sebesar 150 ribu sampai 170 ribu per orang. Walaupun begitu, ada juga keuntungan membayar lebih mahal karena keamanan dan kenyamanannya lebih terjamin. Waktu tempuhnya pun hanya 1,5 jam saja.

Bagaimana? Apakah Anda penasaran dan ingin pergi wisata Pulau Pari nan elok akhir pekan ini? Objek wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengajak keluarga untuk bersantai sejenak dari tekanan ibu kota. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel