Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

wewerehere.id - Kuningan memang sebuah daerah di Jawa Barat yang tidak begitu luas. Kuningan luasnya hanya mencapai 1200 meter persegi saja. Namun walau wilayah regional kawasan Kuningan tidak begitu besar, ada berbagai macam tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang bisa dikunjungi.

Memang tempat wisata di daerah Kuningan tidak sepopuler tempat wisata di daerah Bogor atau Sukabumi. Namun untuk mengurangi penat warga masyarakat Kuningan, recommended banget mengisi hari libur untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang lokasinya bisa ditempuh tidak jauh dari rumah.

Mengenai apa saja tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang direkomendasikan untuk menjadi tujuan wisata, berikut daftarnya untuk Anda!

rekomendasi-tempat-wisata-di-kuningan-jawa-barat

Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

 

1. Wisata Curug Putri


Curug Putri merupakan sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di Taman Nasional Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Curug Putri tidak terlalu tinggi, kurang lebih tingginya hanya sekitar 20 meter saja.

Terdapat tangga batu dan jalan setapak untuk memudahkan pengunjung menikmati segar dan dinginnya air curug. Jika Anda tertarik berwisata di Curug Putri, Anda bisa datang sejak pukul 07.00 pagi sampai pukul 05.00 sore dengan harga tiket masuk hanya 5 ribu rupiah saja.

Kemudian di sepanjang jalan, Anda akan ditemani dengan bukit serta hamparan hijau kebun buah dan sayur yang terbentang luas dan dipenuhi keindahan alam yang sangat mengesankan.

2. Desa Wisata Sitonjul


desa-wisata-sitonjul

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang pertama direkomendasikan untuk Anda adalah Desa Wisata Sitonjul. Desa Wisata Sitonjul merupakan gabungan dari dua nama desa yang mengapit yaitu Desa Simenyan Tonjong dan Desa Munjul.

Lokasi dari Desa Wisata Sitonjul ke kota Kuningan bisa ditempuh dalam kurun waktu 13 km dan 24 km dari kota Cirebon. Jika Anda ingin menikmati keasrian desa ini, Anda bisa menghubungi pengelola hotel yang ada di sekitar desa wisata ini.

3. Wisata Bukit Panembongan

wisata-bukit-panembongan 
Lokasi dari Wisata Bukit Panembongan berada di Desa Tembong, kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan. Wisata Bukit Panembongan merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan panorama alam sangat indah.

Tempat wisata ini merupakan sebuah tempat wisata yang dibuka secara resmi di tahun 2016 dan berhasil menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat serta wisatawan lokal. Di Wisata Bukit Panembongan, Anda tidak hanya akan dimanjakan dengan keindahan alam melainkan Anda juga bisa mencoba berbagai macam fasilitas lain yang ada di tempat wisata ini.

Fasilitas lain yang tersedia di Wisata Bukit Panembongan diantaranya seperti area untuk camping atau berkemah, area permainan flying fox, dan juga terdapat berbagai macam spot menarik lain yang bisa Anda gunakan melangsungkan foto prewedding.

Tempat wisata yang satu ini setiap hari buka sejak pukul 05.00 sore dengan harga tiket masuk seharga 5 ribu rupiah saja.

4. Situ Cicerem

Situ Cicerem merupakan sebuah telaga atau danau yang lokasinya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Di Situ Cicerem, Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan bermain bersama ikan.

Suasana pedesaan yang khas dan asri tentu akan membuat Anda bisa betah berlama – lama berada di tempat wisata ini. Terlebih dengan adanya pohon yang tumbuh di sekeliling situ, menjadikan suasana yang sangat asri dan sejuk akan Anda rasakan.

Mengenai harga tiket masuknya sendiri ke tempat wisata yang satu ini sangat murah. Anda hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga sebesar 2.500 rupiah saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat menikmati semua keindahan alam yang ditawarkan.

Anda akan menemukan telaga dengan air kebiruan yang sangat jernih dan sering disebut sebagai kembarannya Labuan Cermin yang ada di Kalimantan Timur. Bahkan saking jernihnya air yang ada di Situ Cicerem, sampai – sampai bagian dasar telaga hanya sedalam lima meter saja. Didalamnya ratusan ikan mas yang terus berkembang biak akan Anda temukan.

5. Situs Purbakala Cipari

situs-purbakala-cipari 

Di Kuningan tidak hanya wisata alam saja yang akan Anda temukan. Melainkan Anda yang suka menjelajah wisata sejarah juga bisa menemukan sebuah tempat wisata yaitu Situs Purbakala Cipari.

Tempat wisata ini merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan cerita masa lalu tepatnya berada di masa Megalitikum. Hal ini turut dibuktikan dengan ditemukannya kuburan batu di tahun 1972 silam.

Di Situs Purbakala Cipari beberapa peninggalan besar seperti halnya peti kubur dan dolmen juga turut dipamerkan di alam terbuka. Sementara berbagai benda kecil seperti kapak batu, kendi dan gelang disimpan didalam sebuah museum yang letaknya tidak jauh dari situs ini berada.

Itulah berbagai tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Dapatkan pengalaman wisata yang menarik dan mengesankan dengan berkunjung ke salah satu tempat wisata tersebut. Selamat berlibur!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel