6 Tempat Wisata Purwokerto Yang Pas Untuk Liburan

Harus kita akui bahwa pengenalan tempat wisata Purwokerto sampai detik ini masih belum menyeluruh. Karena itu jika berbicara mengenai wisata di Purwokerto masih banyak orang yang belum tahu apa saja tempat wisata yang tersedia disana.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan mengenal lebih dekat tentang tempat wisata Purwokerto yang bisa menjadi tujuan kunjungan wisata Anda. Berikut daftarnya untuk Anda. Dapatkan pengalaman liburan dengan berkunjung ke salah satu tempat wisata yang direkomendasikan tersebut!

tempat-wisata-purwokerto-yang-harus-dikunjungi

Tempat Wisata Purwokerto

1. Wisata Baturraden Adventure Forest (BAF)

wisata-baturraden-adventure-forest

Wisata Baturraden Adventure Forest merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan sebuah pengalaman berpetualang di alam terbuka yang sangat menarik. Di Wisata Baturraden Adventure Forest, terdapat beberapa program wisata juga yang ditawarkan misalkan seperti mountain adventure, water adventure, tree adventure dan eco adventure.

Dari masing – masing program tersebut, terbagi lagi menjadi dua pilihan paket wisata. Paket wisata satu hari dan ada paket wisata setengah hari yang tentu harganya atau tarif paket wisata tersebut memiliki perbedaan.

2. Wisata Pancuran Pitu Baturraden dan Goa Sarabadak

Pancuran Pitu Baturraden dan Goa Sarabadak berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Purwokerto yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Lokasinya terletak didalam kompleks wisata Baturraden. Anda pun bisa menempuh dengan berjalan kaki sejauh 2,5 km.

Pancuran Pitu Baturraden dan Goa Sarabadak merupakan sebuah tempat wisata yang hadir dengan sajian pemandangan alam yang sangat menawan. Ada juga sumber air panas yang terpancar dari tujuh pancuran dimana konon kandungan belerang dari sumber air panas di Pancuran Pitu Baturraden bisa menghilangkan segala macam penyakit khususnya penyakit kulit dan jerawat.

Kemudian tak jauh dari pusat wisata Pancuran Pitu Baturraden ada goa bernama Goa Sarabadak yang terkenal dengan keunikannya.

3. Wisata Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih merupakan sebuah tempat wisata terbaik untuk menikmati sunrise atau matahari terbit dan sunset atau matahari terbenam. Di Bukit Tranggulasih, akan Anda temukan sebanyak lima sisi dengan pemandangan yang berbeda – beda. Pada bagian utara, terdapat deretan lereng Pegunungan Slamet yang sangat indah.

Kemudian di bagian timur, Anda bisa menyaksikan pesona matahari terbit yang sangat mengagumkan. Di area timur laut, terdapat sebuah bukit bernama Bukit Cendana yang juga menjadi lokasi perkemahan yang terkenal.

Di sebelah barat, Anda bisa menyaksikan pesona mentari terbenam yang sangat romantis. Terakhir, di sebelah selatan Anda bisa menyaksikan panorama laut yang terbentang dengan keindahannya yang sangat lengkap dengan landscape alam yang mengesankan.

4. Wisata Curug Cipendok

wisata-curug-cipendok

Curug Cipendok merupakan sebuah tempat wisata yang membuat Anda dapat mendengar suara alunan burung dan elang Jawa yang berputar – putar mengelilingi curug. Selain Anda bisa melihat sebuah elang Jawa, Anda juga bisa menemukan spesies endemik khas Purwokerto yaitu suatu monyet abu – abu yang hanya terdapat di Purwokerto saja dan sangat jarang sekali mendiami kota atau daerah lain di Indonesia.

Hal menarik lain yang Anda bisa temukan di Curug Cipendok adalah hutan yang asri dengan udara sejuk khas pegunungan yang sangat mengesankan. Objek wisata ini memang berada di area kompleks wisata Baturaden.

Air yang ada di telaga sendiri sangat jernih. Anda bisa berenang dan bermain sampai puas di Curug Cipendok. Mengenai keamanannya sendiri, hindari untuk berenang di dekat air terjun karena arus airnya sangat deras. Jadi berhati – hatilah ketika bermain air di sekitar Curug Cipendok.

5. Wisata Telaga Sunyi

Tempat wisata yang bernama Telaga Sunyi merupakan sebuah tempat wisata dengan air yang sangat jernih karena airnya berasal dari mata air alami Gunung Slamet. Lokasinya dari Telaga Sunyi berada di kawasan tengah hutan. Udaranya sangat sejuk dan suasana yang Anda rasakan sangat tenang.

Di Telaga Sunyi, Anda bisa menyelam, berenang dan melakukan observasi atas bebatuan indah yang berada di area dasar telaga. Mengenai fasilitas yang diberikan di Telaga Sunyi cukup memadai.

Berlibur di Telaga Sunyi juga membuat Anda bisa berfoto underwater dengan hasil yang sangat indah.

6. Wisata Bukit Watu Meja

wisata-bukit-watu-meja

Tempat wisata yang bernama Bukit Watu Meja merupakan sebuah tempat wisata terbaik yang alamatnya berada di Kecamatan Kebasean, Purwokerto. Agar dapat menikmati keindahan panorama bukit, Anda harus mendaki bukit kurang lebih selama 20 menit. Jadi ada baiknya untuk Anda pastikan bahwa kondisi fisik Anda benar – benar mendukung jika ingin berwisata di Bukit Watu Meja.

Di awal pendakian menuju ke tempat wisata Bukit Watu Meja, jalan menuju bukit ini dikelilingi dengan pohon bambu yang cukup rindang. Akan tetapi setelah cukup tinggi, pemandangan akan digantikan dengan hutan pinus yang asri seperti hutan – hutan pinus yang ada di kawasan Bogor dan sekitarnya.

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata Purwokerto, Anda bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata diatas. Dapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan disana.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − four =