5 Wisata Kuliner Solo Ini Dijamin Recommended Banget

Tak hanya tempat wisata Kota Solo juga menyediakan berbagai macam wisata kuliner. Banyak wisata kuliner Solo yang sangat menggoda iman. Saking menggodanya bahkan walau antriannya panjang, Anda berpotensi rela antri demi mendapatkan kuliner tersebut.

Liburan di Kota Solo namun masih belum menentukan akan berwisata kuliner kemana? Anda yang berwisata di Solo harus tahu satu hal bahwa kota ini tidak hanya menyediakan berbagai macam tempat wisata yang menarik tapi juga kulinernya.

Mau tahu apa saja kuliner Solo yang direkomendasikan untuk menjadi tujuan wisata kuliner Anda di Solo? Berikut daftarnya!

wisata-kuliner-solo-ini-dijamin-recommended-banget

Daftar Wisata Kuliner Solo

1. Wisata kuliner timlo sastro

Bagi Anda yang liburan di Solo dan mencari wisata kuliner Solo, salah satu kuliner yang harus Anda coba adalah timlo sastro. Timlo merupakan kuliner yang bentuknya mirip sup dengan kuah kaldu bening. Timlo disajikan bersama daging ayam suwir, hati ampela dan sosis solo lengkap dengan potongan telur pindang.

Jika Anda suka dengan wisata kuliner yang satu ini, Anda bisa secara langsung menyantapnya atau bisa disantap dengan tambahan nasi. Cita rasa timlo akan semakin nikmat ketika Anda menyantap dengan tambahan jeruk nipis dan sambal.

wisata-kuliner-timlo-sastro

Jika Anda berwisata di Solo, tak akan kesulitan bagi Anda menemukan timlo karena cukup banyak orang yang menjual timlo. Salah satu timlo yang populer dan kualitasnya terjamin adalah timlo sastro yang alamatnya berada di Jalan Kapten Mulyadi nomor 8, belakang Pasar Gede, Solo.

Banderol harganya juga cukup murah. Anda bisa beli timlo sastro dengan harga mulai dari 20 ribu rupiah saja. Murah meriah dan cocok untuk kaum wisatawan bukan? Oh ya, timlo sastro buka sejak pukul 06.00 sampai pukul 15.30 sore hari.

2. Wisata kuliner Pecel Solo

Sesuai dengan namanya, Pecel Solo memang merupakan salah satu wisata kuliner Solo yang terbuat dari aneka sayur dan dipadu dengan nasi merah. Pecel disiram dengan bumbu kacang yang sangat menggugah selera dan memiliki cita rasa manis pedas yang sangat mengesankan di lidah.

Jika Anda tertarik untuk mencoba wisata kuliner yang satu ini, Anda bisa mencari wisata kuliner yang satu ini di berbagai tempat di Solo. Banyak warung yang menyediakan nasi pecel Solo. Salah satunya Anda bisa datang ke Jalan Dr. Soepomo nomor 55, Mangkubumen dimana setiap harinya pecel disini dibuka dua kali dalam satu hari yaitu pada pukul 08.00 – 16.00 dan pada pukul 18.00 – 22.00.

3. Wisata kuliner serabi notosuman

Serabi notosuman merupakan suatu wisata kuliner Solo yang berdiri sejak tahun 1923. Serabi notosuman dikenal sebagai salah satu wisata kuliner Solo yang sangat legendaris. Serabi notosuman bahkan sampai saat ini masih menjadi salah satu wisata kuliner yang banyak orang suka.

Banyak wisatawan yang ketika datang ke Solo pasti mencari serabi notosuman. Serabi notosuman dibuat dengan menggunakan adonan tepung beras dan juga santan. Serabi ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan pinggiran yang sangat renyah.

serabi-notosuman-solo

Serabi dimasak dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan tungku kecil. Serabi notosuman dulu dan sekarang sudah banyak berbeda. Jika dulu kuliner yang satu ini hanya punya satu varian saja, sekarang serabi notosuman hadir dalam berbagai varian warna. Kalau jalan – jalan di Solo, Anda akan jauh lebih mudah menemukan kuliner yang satu ini.

4. Wisata kuliner tahu kupat sari pak Brewok

Tahu kupat sari Pak Brewok merupakan salah satu kuliner khas Solo yang tak kalah terkenal dengan kuliner yang sebelum – sebelumnya. Kuliner ini bisa Anda temukan di kawasan Jalan RM SAID nomor 197, Mangkubumen.

Anda bisa menemukan kuliner tahu kupat ini setiap harinya di pukul 07.00 sampai pukul 17.00. Dalam satu porsi tahu kupat terdiri atas potongan ketupat, kol, taoge, tahu goreng dan juga mie kuning. Tak tertinggal, siraman air bawang dan kuah celup yang bertabur bawang goreng dan irisan daun seledri yang sangat lezat melengkapi tata cara saji kuliner yang satu ini.

5. Wisata kuliner cabuk rambak Solo

Tata cara saji cabuk rambak Solo sekilas memang mengingatkan Anda dengan pecel karena sama – sama menggunakan bumbu yang warnanya cokelat. Akan tetapi cabuk rambak terdiri atas irisan ketupat, sambal wijen, dan juga karak yang tersaji secara pincuk dengan dibungkus daun pisang.

kuliner-cabuk-rambak-solo

Jika Anda suka dengan cabuk rambak, Anda bisa temukan kuliner ini di sekitar wilayah Stadion Manahan Solo tepatnya di Jalan Adi Sucipto, Manahan. Jadi setelah Anda olahraga, Anda bisa langsung menyantap kuliner yang satu ini sebagai menu sarapan Anda.

Itulah salah satu wisata kuliner Solo yang dijamin bisa membuat Anda rela antri panjang. Rasakan cita rasa kuliner sempurna dengan mencicipi kuliner lezat tersebut.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 10 =