7 Rekomendasi Wisata di Klungkung Bali yang Antimainstream

Selain Ubud, ada satu daerah lain di Bali yang sangat cocok dijadikan tujuan wisata wisatawan ketika berlibur di Bali. Daerah tersebut adalah Klungkung. Klungkung merupakan suatu kotamadya yang kecil namun menyimpan berbagai pesona keindahan alam yang sangat memukau.

Akan Anda temukan banyak hal istimewa dan menarik di Klungkung, Bali. Perjalanan wisata Anda pastinya akan berbeda dengan perjalanan wisata lainnya karena di Klungkung, akan Anda temukan berbagai wisata antimainstream yang bahkan tidak bisa Anda temukan di daerah Bali yang lainnya.

Lantas, apa sajakah tempat wisata di Klungkung Bali yang cocok menjadi tujuan wisata antimainstream Anda? Berikut rekomendasinya! Dijamin pengalaman wisata yang tak ada duanya akan Anda dapatkan disana.

Rekomendasi Wisata di Klungkung Bali Antimainstream

1. Wisata Air Terjun Tukad Unda

2 Wisata Air Terjun Tukad Unda

Wisata Air Terjun Tukad Unda merupakan wisata di Klungkung Bali yang berupa air terjun. Namun Air Terjun Tukad Unda bukan air terjun sungguhan. Melainkan Air Terjun Tukad Unda merupakan suatu dam sungai buatan yang airnya berasal dari turunan air yang mengalir dari hulu ke hilir.

Dam sungai tersebut kemudian kini sudah menjadi sebuah tempat wisata air terjun yang banyak dikunjungi masyarakat. Banyak orang yang datang ke Air Terjun Tukad Unda untuk liburan bahkan sekedar menyaksikan eloknya terjunan air dari hulu ke hilir tersebut.

Awalnya dam sungai tersebut terkenal karena pasangan calon pengantin yang mengupload sesi foto preweddingnya di Air Terjun Tukad Unda. Kemudian setelah hal tersebut, Air Terjun Tukad Unda menjadi viral dan banyak orang datang berbondong – bondong ke Air Terjun Tukad Unda.

Suasana yang sangat asri di Air Terjun Tukad Unda juga bisa ditemukan. Pastinya Anda bisa menenangkan pikiran ketika berlibur di Air Terjun Tukad Unda ini. Namun ketika Anda datang ke Air Terjun Tukad Unda baiknya jangan di musim penghujan karena di musim penghujan air yang turun dari atas ke bawah di Air Terjun Tukad Unda tidak akan jernih.

Warnanya akan berubah menjadi kecoklatan dan pastinya debit air yang meningkat sangatlah berbahaya. Karena itu jangan datang ke Air Terjun Tukad Unda di musim penghujan. Air Terjun Tukad Unda merupakan sebuah air terjun yang lokasinya berada di Desa Lebah Banjar, kecamatan Klungkung, Bali.

Dari kota Denpasar, jarak yang harus ditempuh untuk menuju Air Terjun Tukad Unda kurang lebih sekitar 62 km dengan waktu tempuh yang dibutuhkan selama kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Anda bisa naik kendaraan pribadi jika ingin cepat sampai di Air Terjun Tukad Unda.

Di kawasan wisata Klungkung, selain wisata Air Terjun Tukad Unda yang Anda bisa kunjungi sebenarnya ada beberapa wisata lain yang juga bisa Anda sambangi.

Baca : Tempat Wisata di Bali Air Terjun Cocok Sebagai Pilihan Wisata Selain Pantai

2. Sungai Melangit Bakas Klungkung

Jika Anda mencari wisata di Klungkung Bali yang merupakan sebuah konsep tempat rafting, Anda bisa berwisata di Sungai Melangit. Sungai Melangit merupakan sungai yang terletak di Kabupaten Klungkung dan memiliki jarak tempuh dari kota Denpasar menuju ke lokasi rafting sekitar 1 jam dengan berkendara.

Sungai Melangit merupakan sungai yang punya aliran air cukup deras dan mengalir sepanjang musim. Tingkat kesulitannya sedang dan panjang treknya sebesar 7,5 km yang bisa ditempuh selama 2 jam. Ketika Anda berwisata ke Sungai Melangit, sepanjang perjalanan menggunakan perahu karet untuk menyusuri sungai Melangit.

Pada akhirnya ketika berwisata di Sungai Melangit, Anda akan disuguhi dengan suasana pemandangan alam sungai yang masih sangat asri dan alami. Airnya juga mengalir sangat jernih dan memberikan rasa kesegaran bagi setiap peserta yang mengarunginya.

3. Wisata Bukit Belong Gunaksa

3 Wisata Bukit Belong Gunaksa

Bukit Belong Gunaksa merupakan salah satu wisata di klungkung bali yang saat ini sedang hits di kalangan remaja Klungkung. Bahkan Bukit Belong Gunaksa juga sering menjadi salah satu lokasi prewedding dan wisata honeymoon para wisatawan.

Jika bicara mengenai wisata prewedding dan tujuan honeymoon di Bali, sebenarnya banyak tujuan wisata honeymoon dan prewedding yang bisa dikunjungi.

Baca : Pilihan Wisata Favorite Bali yang Cocok Untuk Tujuan Honeymoon

Untuk Bukit Belong Gunaksa, tempat wisata di klungkung bali ini menarik karena selain keindahan alam yang ditawarkan, tempat ini juga menjadi tempat nongkrongnya anak muda. Terdapat jalan lebar yang dapat dilewati mobil walau menanjak menjadikan banyak anak muda memutuskan nongkrong atau sekedar bersantai di akhir pekan di sekitar Bukit Belong Gunaksa ini.

Selain terdapat tempat nongkrong, selama berada di Bukit Belong Gunaksa Anda juga akan disuguhi dengan pesona pemandangan hamparan sawah luas yang bisa kita saksikan dari atas bukit.

4. Monumen Puputan Klungkung

Monumen Puputan Klungkung merupakan sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di seberang jalan dari objek wisata Kertha Gosa. Monumen ini merupakan salah satu monumen yang sangat tinggi di Bali. Tingginya mencapai kisaran 28 meter.

Monumen Puputan Klungkung merupakan sebuah monumen yang dibangun pada tahun 1992 dan jadi pada tanggal 28 April 1992. Tanggal jadinya dan sekaligus tanggal peresmian dari Monumen Puputan Klungkung ini sama dengan ketinggian monumen. Hal tersebut tentu merupakan sebuah hal yang sangat menarik tentang Monumen Puputan Klungkung.

Mengenai tiket masuknya sendiri ke Monumen Puputan Klungkung gratis. Anda bisa datang kapan saja ke Monumen Puputan Klungkung. Monumen Puputan Klungkung dibuka pada pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore.

5. Puri Klungkung

4 Puri Klungkung

Selain terdapat monument yang sangat hits di Klungkung, juga terdapat puri hits di Klungkung. Puri tersebut bernama Puri Agung Semarapura yang sekarang lebih dikenal sebagai Puri Klungkung.

Puri Klungkung ini merupakan peninggalan jaman kerajaan yang kini sudah ada bagian yang hancur. Namun puing – puing yang runtuh dari Puri Klungkung tetap menjadi pusat perhatian dan tak jarang banyak orang yang mampir ke Puri Klungkung ketika berwisata di Klungkung.

6. Museum Lukis Nyoman Gunarsa

Jika Anda ingin berlibur untuk berkunjung ke wisata budaya, Anda bisa datang ke Museum Lukis Nyoman Gunarsa. Museum ini memang berdiri karena digunakan untuk mengabadikan karya – karya I Nyoman Gunarsa yang merupakan salah satu pelukis daerah yang sangat kompeten di bidangnya.

Didalam museum lukis ini, berbagai lukisan yang sangat menarik akan Anda temukan. Kurang lebih terdapat sekitar 250 lukisan hasil karya Nyoman Gunarsa di Museum Lukis Nyoman Gunarsa ini. Selain koleksi lukisan, Museum Lukis Nyoman Gunarsa juga menyimpan koleksi wayang dan keris.

Seringkali Museum Lukis Nyoman Gunarsa menjadi tujuan wisata bagi tenaga pengajar dan perangkat pendidikan. Anda pun yang ingin mengenalkan tentang ilmu melukis kepada buah hati bisa datang ke Museum Lukis Nyoman Gunarsa. Museum Lukis Nyoman Gunarsa buka dari pagi sampai sore hari mulai pukul 08.00 pagi sampai 16.00 sore.

Selain di Klungkung, wisata yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata keluarga di Bali juga terdapat di daerah Kintamani Bali. Anda akan temukan berbagai wisata menarik disana sebagai tujuan wisata Anda beserta keluarga.

Baca : Rekomendasi Wisata di Kintamani Bali Untuk Liburan Bersama Keluarga

7. Desa Kamasan

Bagi Anda yang suka dengan lukisan tradisional khas Bali yang lebih dikenal dengan lukisan Wayang, maka Desa Kamasan wajib Anda kunjungi. Di Desa Kamasan juga terdapat sebuah komunitas warga yang menekuni seni lukis tradisional, khususnya lukisan Wayang yang khas.

Mengenai tiket masuknya sendiri, tiket masuk ke Desa Kamasan gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun.
Anda yang mencari wisata di Klungkung Bali, Anda bisa jadikan salah satu lokasi wisata menarik diatas sebagai tujuan wisata Anda.

Dapatkan berbagai pengalaman wisata menarik di Klungkung dengan berwisata ke salah satu tujuan wisata diatas. Selamat berlibur!